fbpx

10 Tipe Dosen Yang Sering ditemui di Kampus, Kamu Termasuk yang Mana?

Tipe Dosen
Tipe Dosen

Dosen sama mahasiswa ngga bisa jauh-jauh kalo udah masuk ke dunia kampus. Hubungan mereka adalah pembelajar dan pendidik. Dosen di kampus manapun pasti macem-macem dong sifat dan kelakuannya, kadang ada yang bikin mahasiswa betah ngampus tiap hari. Tapi ngga jarang juga bakal ada dosen yang kalo bisa dia dipindah ke planet Mars aja deh. Berikut beberapa tipe dosen, Nah Kmau termasuk dosen yang mana?

Banyak hal yang bisa dibahas soal berbagai jenis dosen ditempat kamu ngampus, yuk ah kita liat tipe dosen dibawah ini ada di kamu atau engga. Let’s check this out.

1. Dosen Disiplin.

vdv-1550406_960_720

Mulai serem kalo udah ketemu sama tipe dosen disiplin, mahasiswanya diajakin disiplin juga. Kebiasaan hidup di negara maju yang disiplin terus kebawa sampe di kampus Indonesa.

Ngga ada toleransi buat urusan waktu. Dia akan menghargai waktu detik tiap detiknya. Jadi buat mahasiswa yang sukanya telat buat masuk kampus, jangan harap bisa langsung nyelonong masuk kelas. Paling mereka disuruh nutup pintu dari luar.

Apalagi kalau  jadi dosen pembimbing yang disiplin, mahsiswanya harus siap sama deadline skripsi. Ngga ada kata kompromi buat janji ketemuan, telat sedikit aja dia udah ngga bisa ditemuin.

Ada yang dosen model begini di kampusmu?

2. Dosen killer

angry-businessman-making-an-announcement-with-bullhorn_1154-251

Kuliah sama dosen ini, duduknya harus tegap, jangan ngobrol didalem kelas. Dosen killer jadi julukan dosen tipenya begini.

Bukan, kalian bukan lagi nonton film horor kok, tegang banget, haha. Saat dosen Submariner replica masuk ruang kelas, seketika kelas sunyi tanpa ada suara sama sekali. Posisi duduk leyeh-leyeh juga ngga ada tuh, semua harus duduk dengan rapi. Ketauan ngobrol sama temen sebelah?, langsung dikasih tugas spesial, dikeluarin dari kelas, atau langsung dipastikan dapet nilai D di mata kuliahnya. Serem kan?.

Apakah saat Kamu masuk kelas untuk ngajar, tiba-tiba suasana hening? ketika mengajukan pertanyaan tidak ada yang berani menjawab? suasana kelas tegang? mungkin kamu termasuk tipe dosen killer.

3. Dosen Kuis

Tebar poin buat tambahan nilai, kelas udah kaya acara kuis di televisi.

Mahasiswa banyak yang males-malesan mendengarkan mata kuliah didalam kelas, tapi seketika berubah kalap saat mendengar dosen bagi-bagi poin tambahan nilai. Mereka langsung berebutan aktif menanyakan apapun demi sebuah poin nilai.

“Ada pertanyaan”, hening, “Nanti saya kasih poin tambahan untuk yang mau bertanya”. Langsung berebut nanya ke dosen. Inget tanyanya seputar mata kuliah, jangan tanya soal kehidupan keluarga si dosen.

4.Dosen Humor

caricature-871669_960_720

Dosen ini punya bakat ngelawak. Apa aja dicritain apalagi yang lucu-lucu. Humor 90%, materi kuliah 10%.

Tujuannya mungkin biar mahasiswanya ngga pada ngantuk kalau ikut mata kuliahnya dia. Jadilah banyak cerita lucu didalem kelas ketimbang materi kuliahnya. Kalau sudah kehabisan bahan lelucon, bahan cerita garing juga dipake, hehe.

Banyak disukai mahasiswa nih, soalnya gaya ngajarnya santai dan ngga membosankan. Tapi balik lagi, inget kamu lagi menuntut ilmu kuliah, bukan lagi nonron stand up comedy.

5. Dosen Pelit

Orangnya ramah, gaul, asik deh pokoknya, tapi pelit sama nilai. Tau-tau di kartu hasil studi dapet C aja itu mata kuliahnya.

Mata kuliahnya terserap dengan baik, orangnya ramah banget, tapi urusan nilai pelit banget. Dapet C adalah anugerah terbesar saat ikut mata kuliahnya si bapak. Ini nih, diam-diam menghanyutkan, diam-diam ngasih nilai C.

Ngasih soal jawabannya ngga ada di buku, kudu punya otak yang ngga terduga buat jawab soal dari si bapak biar bisa dapet nilai bagusan dikit. C-lah paling enggak.

6. Dosen cantik/ganteng, modis, dan kekinian.

bezel-1560605_960_720x

Bikin betah seharian di kampus. Apa aja mata rolex replica watches for sale sports kuliahnya yang penting dosennya dia pasti bakal dimasukin.

Dosen ini sangat modis, menggunakan mode fashion terbaru. Selalu update masalah tren fashion. Bisa dibilang semua bajunya branded, kalopun terpaksa ya KW 1 lah. Paling disuka mahasiswa atau mahasiswi. Suka nongkrong di Cafe. akrab dengan mahasiswa karena menggunakan bahasa kekinian.

7. Dosen storyteller

storyteller

punya kemampuan menina bobokan para mahasiswanya.

Entah kekuatan apa yang dimiliki sama dosen yang satu ini. Layaknya kata-katanya mengandung ilmu sirep, baru beberapa menit dia ngomong, rasanya ngantuk ngga bisa ditahan lagi.

Dosen ini suka menjelaskan panjang lebar materi mata kuliahnya tanpa peduli akan mahasiswanya yang sudah tertidur pulas. Dia terus tancap gas bahas materi sampe slide materi itu habis. Kuliah 3 sks berasa kuliah 20 sks dijadiin satu.

8. Dosen Paperwork

files-1614223_960_720

Dosen yang jarang masuk pas jadwal ngajar, tapi tugas buat mahasiswanya ngga pernah terlewatkan.

Dosen tipe ini pasti mengandalkan asisten atau melalui mahasiswa kepercayaannya untuk ngasih mahasiswanya tugas ditiap minggunya. Orangnya sih ngga pernah keliatan pas jam kuliah, tapi tugasnya selalu setia hadir menemani akhir mahasiswanya.

9.Dosen Traveller

girl-571808_960_720

Dosen yang sering banget jalan-jalan, bikin iri mahasiswanya aja deh.

Dosen ini disebut dosen traveller. Kerjaannya sering banget jalan-jalan, Cuma bisa bikin iri mahasiswanya. Bukan jalan-jalan semata sih, biasanya si dosen ada seminar atau workshop di berbagai tempat diluar daerah. Jadilah disela-sela kegiatannya dia dateng ke tempat wisata buat sekedar foto-foto terus dipajang di instagram pribadinya.

Dari kegiatan yang tempatnya di Bali sampe acara seminar di Paris sering banget didatengin, jadilah kamu mahasiswanya Cuma bisa nangis-nangis pengin liburan liat foto-foto sang dosen yang bikin envy sejuta umat mahasiswanya.

10.Dosen Eksis

selfie-465563_960_720

Dosen kamu eksis abis, sering nongol di telivisi, ngga beda jauh sama artis.

Beberapa dosen sering dijadikan pembicara maupun narasumber dalam berbagai talkshow televisi ataupun hanya sekedar diwawancarai media untuk ditanyakan pendapatnya. Berbagai isu sosial yang ada di layar telivisi butuh pendapat dari sisi akademisi dan praktisi. Disinilah dosen ini dibutuhkan.

Dosen-dosen dari fakultas ekonomi, hukum, dan fisipol sering jadi langganan buat tampil di televisi alasannya karena topik permasalahan yang diperbincangkan banyak mengarah ke bidang tersebut seperti kasus korupsi, politik, pemerintahan, kondisi perekonomian, tindak kriminalitas, dan sebagainya.

Itu dia beberapa jenis tingkah laku dosen yang sering kita temui di kampus. Di kampusmu ada salah satu dosen yang berwatak seperti itu? Atau malah semuanya ada di kampusmu?.

Jadi tipe dosen seperti apakah kamu sekarang? dan Tipe dosen yang menjadi favoritmu?

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja