fbpx

5-Minute Thesis, Jadi Platform Baru Dosen dan Peneliti Sharing Penelitiannya

dosen dan peneliti
Budi Setiawan S.E., M.M., dosen Ekonomi UIGM dan peneliti, sekaligus founder Victory Sriwijaya Education, Palembang tengah mempresentasikan hasil penelitiannya di 5-Minute Thesis. (Sumber Foto: Budi Setiawan)

Palembang – Acara 5-Minute Thesis menjadi platform bagi dosen dan peneliti untuk sharing hasil penelitian mereka pada masyarakat. Acara ini diinisiasi oleh Budi Setiawan S.E., M.M., yang merupakan seorang dosen dan peneliti Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri (UIGM), sekaligus founder Victory Sriwijaya Education, Palembang.

Sebagai inisiator, Budi Setiawan mengaku acara 5-Minute Thesis ini terinspirasi dari “The Three Minute Thesis Competition” yang sering diadakan di sejumlah universitas di luar negeri yang juga diikuti oleh dosen dan peneliti. Ia kemudian ingin menduplikasi kegiatan tersebut di Palembang dengan mengajak dosen dan peneliti untuk terlibat langsung.

Terinpsirasi dari The Three Minute Thesis Competion, kemudian Budi mengubah nama menjadi 5-Minute Thesis karena penyesuaian dari sisi waktu. Pada kompetisi yang sebenarnya, presenter hanya diberikan waktu 3 menit untuk melakukan presentasi tentang penelitian. Tetapi dengan mempertimbangkan beberapa aspek, maka Budi dan timnya menetapkan presentasi yang seharusnya 3 menit tersebut, diganti dengan 5 menit.

“Sehingga namanya menjadi 5-Minute Thesis, artinya presenter diberikan waktu 5 menit untuk melakukan presentasi tentang penelitian yang sudah dilakukan atau yang sedang dikerjakan. Setelah itu, akan dilakukan sesi tanya jawab,” jelas Budi kepada duniadosen.com.

Maksud dan Tujuan Acara 5-Minute Thesis

Event 5-Minute Thesis pertama diselenggarakan di Kafe Boss, Palembang 25 Mei 2019 lalu. Pada kegiatan tersebut, ada beberapa presenter yang mayoritas sebagai dosen dan peneliti yang berbagi hasil penelitian dari berbagai bidang.

Budi menjelaskan kegiatan ini bermaksud memberikan kesempatan kepada para akademisi, dosen dan peneliti, atau siapapun yang tertarik untuk berbagi tentang hasil penelitian. Dengan harapan hasil penelitian tersebut mendapat masukan atau feedback dari audience yang hadir. Sehingga akan menginspirasi untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Event ini juga bertujuan untuk menciptakan nuansa akademis di Kota Palembang dengan cara memberikan platform pada dosen dan peneliti untuk berbagi, di tempat-tempat yang biasa digunakan para milenial untuk hangout atau mengadakan kegiatan sosial.

Karena target dari kegiatan ini adalah selain dosen dan peneliti, yaitu para akademisi dan mahasiswa. Begitupun masyarakat umum yang tertarik dalam dunia penelitian diperbolehkan hadir mengikuti acara tersebut.

“Pada kegiatan ini juga panitia mendorong para presenter dan audience menggunakan komunikasi Bahasa Inggris. Hal ini dilakukan sebagai sarana pembelajaran sekaligus meningkatkan komunikasi dalam bahasa Internasional,” terang Budi.

dosen dan peneliti
Acara 5-Minute Thesis pertama yang banyak dihadiri kalangan akademisi ini diselenggarakan oleh Victory Sriwijaya Education, pada Mei 2019 lalu bertempat di Kafe Boss, Palembang. (Sumber Foto: Budi Setiawan)

Pengisi Acara Mayoritas Dosen Sekaligus Peneliti

  1. Budi Setiawan : Thesis: The impact of US Stock Market to ASEAN 5 Stock Market during Subprime Mortgage Crisis
  2. Rudi Hartono : Thesis: Culture Representation in English Textbooks
  3. Jerra : Thesis: Physical Properties of Vulcanized Rubber with Clay/Carbon Black & clay hybrid filler
  4. Anggi Trisna Risky : The Types of Lepidoptera (Rhopalocera) in Sriwijaya University Campus Area, Indralaya, Ogan Ilir Regency
  5. Lilas Coetard : Promotion Strategy: Indonesia x France
  6. Virwindica Bella Hinggis : Preliminary plant design of propylene production from natural gas with production capacity of 550.000 tons/year

Benefit Peserta

Bagi peserta yang mendaftar sebagai presenter akan mendapatkan keuntungan berupa meningkatkan kemampuan menjadi seorang peneliti, membantu membangun research culture, menciptakan jaringan, dan mendapat sertifikat.

Sedangkan untuk audience mendapatkan ilmu pengetahuan dan kesempatan untuk bisa mengetahui proses kerja seorang peneliti, serta meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan critical thinking.

Gelar Event ke-2

Sukses menyelenggarakan event pertama yang dihadiri 25 audiens, dan dukungan dari sejumlah pihak, diantaranya Victory Sriwijaya Education, Bantu Desainku, dan Kafe Boss, Palembang, kembali Budi menyelenggarakan 5-Minute Thesis kedua dengan lebih banyak presenter.

dosen dan peneliti
Poster acara 5-Minute Thesis kedua. (Sumber Foto: Budi Setiawan)

Kegiatan 5-Minute Thesis yang kedua rencananya dilaksanakan di Kantor Telkomsel Smart Office Palembang pada Sabtu, 29 Februari 2020 besok. Event ini akan menghadirkan 7 presenter 6 di antaranya berprofesi sebagai dosen dan dari berbagai background penelitian yang berbeda, ke 7 presenter itu antara lain:

  1. Risqo Wahid : When is the most effective posting timing on Instagram?
  2. Budi Setiawan : Descriptive Analysis of Financial Literacy among University Student
  3. Shafiera Lazuarni : Does Heuristic Behavior Leave Anomalies in the Capital Market?
  4. Bahrul Ulum : Macroeconomic Indicators and Commodity Prices on the Growth of Jakarta Islamic Index
  5. Try Wulandari : Factors affecting crowdfunding investment in Kuala Lumpur
  6. Sry Mulya Kurniati : Introducing Indonesian Cultures to Korean Students through Indonesian Folktale
  7. Mely Arisandi : The development of android-based SMS security software using ECDSA with boolean permutation

Harapan

“Harapan kami, kegiatan ini akan menambah aktivitas akademis di kota Palembang. Langkah pertama yang bisa kami lakukan adalah dengan memberikan platform bagi para peneliti untuk berbagi hasil penelitian sembari meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Kedepannya acara 5-Minute Thesis akan lebih sering dilakukan,” imbuh dosen yang kerap mengikuti Research Training di beberapa negara tersebut. (duniadosen.com/ta)

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja