9 Syarat Jadi Dosen yang Harus Kamu Penuhi untuk Mencapai Cita-Citamu Sebagai Pengajar!

Saat Masih di Jenjang S1, Kuliahlah dengan Benar Agar Bisa Lulus Cepat

Salah satu tenaga pengajar yang bisa kamu pilih selain guru adalah menjadi seorang dosen. Kamu bisa mengajar di berbagai universitas yang ada di Indonesia dan mengajar jurusan sesuai dengan minatmu. Profesi yang satu ini pastinya menjadi salah satu profesi mengajar yang bisa kamu pilih dan ada beberapa syarat jadi dosen yang harus kamu persiapkan.

Untuk mewujudkan impianmu menjadi seorang dosen bisa kamu dapatkan dengan cara yang mudah saat ini. Selain tekad yang kuat, kamu juga harus melengkapi beberapa persyaratan agar bisa lebih cepat menjadi dosen. Syarat yang diajukan pun juga bukan syarat yang susah, pastinya kamu bisa melengkapinya. Apa saja syaratnya? Berikut ulasannya.

 

1. Saat Masih di Jenjang S1, Kuliahlah dengan Benar Agar Bisa Lulus Cepat

Lulus dengan cepat memang bukan syarat utama. Tetapi jika kamu bisa segera lulus dari jenjang strata satu maka akan semakin cepat pula kamu untuk meneruskan jenjang pendidikan yang berikutnya. Karena memang, untuk menjadi seorang dosen minimal harus bergelar master.

Semakin cepat kamu lulus juga akan lebih membuat kamu menjadi dosen muda dengan cepat. Lulus dengan cepat juga akan memberikan nilai IPK yang lebih bagus lagi. Sehingga pastinya juga akan menjadi satu pertimbangan tersendiri dengan predikat lulus cepat.

Apalagi syarat menjadi seorang dosen juga memiliki syarat minimal umur. Paling tidak maksimal berusia 35 tahun saat mendaftar. Dengan lulus cepat maka kamu bisa segera mendaftarkan diri lebih cepat lagi.

 

2. Coba Kesempatan Menjadi Asisten Dosen Untuk Membiasakan Diri Mengajar

Jika ada kesempatan yang diberikan oleh dosen kamu untuk menjadi asisten dosen jangan pikir-pikir lagi, langsung ambil saja kesempatan tersebut. Dengan menjadi asisten dosen kamu pun bisa tahu apa saja tugas dosen itu. Tahu sedikit tentang dunia dosen pastinya akan membuatmu terbiasa saat benar-benar terjun menjadi dosen sungguhan.

Menjadi asisten dosen juga bisa menjadi salah satu portofolio kamu saat melamar menjadi dosen. Selain itu, saat mencoba menjadi asisten dosen kamu juga akan terbiasa dengan suasana mengajar di depan mahasiswa. Dengan cara ini mental kamu pun akan lebih terbiasa dan saat mengajar sungguhan kamu pun akan terbiasa.

 

3. Jika Tidak Menjadi Asisten Dosen, Coba Saja Menjadi Guru Les

Dosen pasti berkaitan juga dengan dunia ajar. Malah jika menjadi dosen yang akan kamu hadapi adalah mahasiswa yang pasti berpikir lebih kritis. Selain itu, menjadi dosen juga menghadapi anak didik yang sudah berumur yang pastinya akan lebih menguras mental jika dibandingkan mengajar anak didik dari SD hingga SMA.

Oleh karena itu, mental merupakan satu hal yang harus kamu persiapkan. Dengan mencoba menjadi guru les akan membantu kamu agar terbiasa dengan dunia ajar sehingga kamu tidak akan kaget lagi saat mengajar. Kamu pun juga bisa menemukan metode-metode ajar yang paling tepat dan sesuai dengan yang gaya kamu.

 

4. Bersiap Untuk Kuliah S2, sebab Minimal Menjadi Dosen Harus Bergelar Magister

Saat ini syarat utama jika kamu ingin menjadi seorang dosen adalah harus bergelar Magister di bidang yang akan kamu dalami. Oleh karena itu, jika kamu ingin menjadi seorang dosen pasti harus meneruskan kuliah S2 terlebih dahulu untuk mendapatkan gelar Magister. Dengan modal ijazah magister pastinya akan membuat jalanmu menjadi dosen lebih mulus lagi.

Namun untuk beberapa perguruan tinggi ada yang bisa menerima dosen dengan gelar S1. Tetapi setelah itu kamu harus tetap melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar magister. Syarat ini bertujuan agar kwalitas dari pendidikan Perguruan Tinggi Indonesia lebih bagus lagi.

Jika kamu ingin mendapatkan gelar magister kamu juga bisa mencari beasiswa dari beberapa universitas. Bahkan, pada saat kamu sudah mulai mengajar atau masih menjadi calon dosen pun kamu bisa mendaftarkan beasiswa untuk melanjutkan gelar magister. Dengan cara ini kamu pun bisa mendapatkan profesi impianmu lebih cepat.

 

5. Skor TOEFL Harus di Atas 500 untuk Menjadi Dosen

Salah satu syarat lain yang harus kamu penuhi jika ingin menjadi seorang dosen lainnya adalah skor TOEFL dan juga skor ELTS. Untuk skor TOEFL sebagai syarat Dosen Perguruan Tinggi Negeri minimal harus 500 sementara untuk ELTS harus minimal 5.5. Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Swasta untuk skor TOEFL minimal 500 tanpa minimal skor ELTS.

Dengan minimal skor tersebut ada baiknya untuk kamu segera melakukan tes TOEFL secepat mungkin. Kamu harus bisa di atas 500 untuk bisa mengajukan lamaran menjadi dosen. Syarat yang satu ini pastinya juga sangat membantu untuk meningkatkan kwalitas ajar dan tenaga didik di Indonesia.

 

6. Sehat Jasmani dan Rohani juga Menjadi Syarat Umum untuk Menjadi Dosen

Salah satu syarat umum yang dikeluarkan oleh pemerintah yang harus kamu lengkapi jika ingin menjadi seorang dosen adalah sehat jasmani dan rohani. Sehingga, jika kamu ingin menjadi seorang dosen kamu harus mempersiapkan salah satu syarat ini juga. Biasanya kamu akan diminta menunjukkan Surat dari Dokter untuk menunjukkan jika memang kamu sehat Jasmani dan Rohani.

 

7. Syarat Umum menjadi Dosen Juga Mengharuskan Kamu Bebas Dari Tindak Pidana

Pasti syarat ini menjadi salah satu syarat yang sangat wajar. Saat kamu akan mendaftar sebagai seorang dosen biasanya juga akan diminta surat keterangan bebas dari tindak pidana berdasarkan putusan pengadilan. Syarat ini pastinya bertujuan untuk menghindarkan dosen dari berbagai tindakan kriminal yang bisa mencoreng nama baik universitas dan dunia pendidikan.

 

8. Jika Kamu Ingin Mengajar di PTN Paling Tidak Harus Memiliki Satu Artikel Jurnal

Nah, jika kamu ingin mengajar di Perguruan Tinggi Negeri, salah satu syarat yang diberikan adalah kamu harus memiliki satu buah artikel yang sudah dimuat di jurnal ilmiah. Jadi, kamu sudah bisa bersiap-siap untuk membuat artikel jurnalmu. Sehingga pada saat dibutuhkan kamu sudah memiliki bekal yang pas.

 

9. Niat Harus Datang Dari Dalam Hati dan Jangan Terpaksa

Syarat yang terakhir ini merupakan syarat mutlak yang harus kamu miliki. Niat yang bulat dan datang benar-benar dari hati. Tanpa niat dari hati kemungkinan kamu bisa tidak nyaman dengan profesi yang satu ini dan bisa lebih cepat bosan.

Menjadi seorang dosen ada yang mengatakan jika gaji yang didapat tidaklah tinggi. Akan tetapi beban yang diberikan memang besar. Oleh karena itu, tanpa ada niat dari dalam diri akan sulit untuk menjalani profesi yang satu ini.

Nah, dari beberapa syarat di atas memang bisa saja tidak semua diberikan untuk semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Syarat lebih lengkap biasanya tergantung dari masing-masing universitas. Apalagi untuk perguruan tinggi negeri dan perguruan swasta pun sudah berbeda.

Akan tetapi, dengan melengkapi beberapa syarat di atas kamu sudah memiliki bekal yang cukup untuk menjadi seorang dosen. Sehingga, jika memang ada syarat yang belum kamu lengkapi kamu tinggal melengkapinya sedikit lagi. Nah, jadi tunggu apalagi? Segera siapkan syarat di atas untuk mendapatkan profesi doktor lebih cepat.

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 58

Upvotes: 30

Upvotes percentage: 51.724138%

Downvotes: 28

Downvotes percentage: 48.275862%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *