fbpx

Internasionalisasikan Universitas, Undiksha Undang Ilmuwan Diaspora

Undiksha
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali menggelar Focus Group Discussion Pemantapan dan Penguatan Publikasi Internasional dan Joint Research pada 11 Januari 2019 di Aula Undiksha sekaligus mengundang Dr. Bagus Putra Muljadi, ilmuwan diaspora yang juga menjabat Director of Indonesia Doctoral Training Partnership di Nottingham University. (Foto: Bagus Muljadi)

Bali – 2019 menjadi  tahun yang sibuk bagi civitas akademika Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali. Pasalnya kampus tersebut kini tengah melakukan sebuah lompatan. Tahun ini, Undiksha mencanangkan sebuah program jangka panjang yakni menginternasionalisasikan universitas yang terletak di utara Bali ini.

Dalam rangka mewujudkan misi internasional tersebut serta memantapkan visi menjadi universitas unggul yang berlandaskan falsafah Tri Hita Kirana di Asia pada 2045, Undiksha melakukan terobosan dengan menggelar Focus Group Discussion Pemantapan dan Penguatan Publikasi Internasional dan Joint Research pada 11 Januari 2019 di Aula Undiksha. Narasumber yang dihadirkan dalam acara ini adalah Dr. Bagus Putra Muljadi, ilmuwan diaspora yang saat ini menjabat sebagai Director of Indonesia Doctoral Training Partnership di Nottingham University.

Dalam kesempatan ini, Dr. Bagus mengungkapkan bahwa Nottingham University siap menjalin kerja sama dengan Undiksha tentang pengembangan SDM di bidang ilmu tertentu. Terutama ilmu tentang Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Dr. Bagus juga menyampaikan beberapa hal terkait pembangunan akan dengan sangat mudah dilakukan oleh kampus di Indonesia apabila bisa memanfaatkan pengalaman dan koneksi yang dimiliki diaspora di mana pun mereka berada. Diaspora harus menjadi hubungan atau jembatan penghubung antara ilmuwan dalam negeri ke luar negeri. Output dari jalinan hubungan ini sendiri diharapkan tidak hanya berhenti pada perkenalan, tetapi masuk ke kolaborasi untuk menghasilkan suatu publikasi.

”Melalui kolaborasi, kaca mata penelitian kita menjadi luas karena multidisiplin. Misalnya menggabungkan antara science dan engineering atau antara olahraga dan teknologi, dan masih banyak lagi bidang lainnya,” ujar Dr. Bagus dilansir sumberdaya.ristekdikti.go.id.

Publikasi bagi seorang dosen di Indonesia sendiri merupakan sebuah kewajiban yang sudah diatur dalam Permen 20 tahun 2017 Kemenristekdikti. Sebuah aturan yang sejak pertama kali diluncurkan, mungkin sampai hari ini banyak menuai kecaman dari dosen-dosen di berbagai universitas di Indonesia. Tidak banyak dosen Indonesia berhasil melihat Permen tersebut secara makro. Sehingga banyak universitas Indonesia belum bisa beranjak dari teaching university ke research university. Akan tetapi tidak semua universitas lantang menyuarakan penolakan, salah satunya adalah Undiksha.

Rektor Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., pada kesempatannya berbicara di hadapan audiensi yang hadir dengan proporsi dosen, peneliti, dan pejabat Undiksha, mengatakan sejak pertama kali pemerintah mengeluarkan Permen 20 tentang kewajiban menulis jurnal dan dihilangkannya tunjangan bagi dosen yang tidak produktif, Undiksha salah satu kampus yang sama sekali tidak terlibat dalam aksi penolakan tersebut. Bahkan menurut pengakuan Dr. Jampel, Undiksha sudah terlebih dahulu mengeluarkan aturan menulis jurnal bagi seluruh dosen dibandingkan Kemenristekdikti dengan Permen 20-nya.

Sebagai pemimpin di kampus pendidikan terbesar di Pulau Bali, Dr. Jampel merasa gelisah lantaran produktivitas publikasi dosen Undiksha tidak begitu banyak. Kampus yang ditetapkan pada tanggal 11 Mei 2006 berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2006 tentang Perubahan IKIP Singaraja menjadi Undiksha ini tercatat hanya baru menghasilkan publikasi tidak lebih dari 100 publikasi. Padahal potensi penelitian di alam tempat Undiksha berdiri sangatlah melimpah.

Demi mengubah citra Undiksha di mata publik, Dr. Jampel kemudian akhirnya membuat kampanye masif kepada pendidik dan tenaga pendidik untuk mendongkrak produktivitas publikasi karya. Bahkan di era kepemimpinannya, Undiksha telah membentuk tim pendamping khusus untuk mengontrol proses penelitian dan penulisan jurnal.

”Pengetahuan kita belum sampai ke sana. Kita masih perlu mengadopsi pengetahuan dan pembaharuan strategi dari luar yang salah satunya melalui Dr. Bagus. Kami ingin cepat mewujudkan visi itu. Paling tidak di tahun 2025, semuanya bisa tercapai,” ujarnya.

Alasan Dr. Jampel mendatangkan Dr. Bagus ke Undiksha bukan hanya berharap posisinya saat ini di Nottingham bisa membuka keran kerja sama, antara Undiskha dengan kampus tempat MRI dilahirkan. Selain itu, Dr. Jampel berharap sosok Dr. Bagus bisa menjadi inspirasi baru bagi seluruh civitas akademika Undiksha untuk menjadi ‘sosok ilmuwan muda berprestasi’.

Dr. Jampel berharap ke depannya Dr. Bagus tidak hanya datang ke Undiksha sebagai narasumber acara, tetapi jauh lebih dari itu. Bisa menjadi dosen tamu, reviewer, atau World Class Professor yang berguna mewujudkan misi menginternasionalisasikan Undiksha.

Redaksi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

DOWNLOAD EBOOK GRATIS
⚠️Hanya Bisa Didownload Selama Ramadan

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja