fbpx

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi DKV UNIKU Secara Daring

Universitas Kuningan

Akreditasi Prodi DKV UNIKU. Di Awal Juni 2020 Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengeluarkan Panduan Asesmen Lapangan (AL) secara Daring untuk Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi.
Langkah ini ditempuh, dikarenakan kunjungan Asesor BAN-PT ke Perguruan Tinggi tidak dapat dilakukan selama masa pandemi Corona Virus Disease – 2019 (COVID-19).

Program Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan telah melaksanakan proses Assesmen Lapangan APS Sarjana (S1) yang diselenggarakan 2 hari berturut-turut sejak 29 Maret 2021-30 Maret 2021 bertempat di Fakultas Ilmu Komputer.

Akreditasi Prodi DKV Uniku

Assesmen Lapangan Akreditasi Prodi DKV UNIKU yang dilakukan secara daring dengan menghadirkan Tim Asesor BAN-PT yaitu Bapak Pujiyanto, Dr. M.Sn., Drs dari Universitas Negeri Malang serta Bapak Bing Bedjo Tanudjaja, Dr., Drs., M.Si. dari Universitas Kristen Petra. Hadir dalam pelaksanaan Pimpinan InstitusiUniversitas Kuningan, Pimpinan UPPS dan Ketua/Koordinator Program StudiRektor: Dr. H. Dikdik Harjadi, S.E., M.Si. Warek-1: Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si. Warek-2: Dr. Ilham Adhya, S.Hut., M.Si. Warek-3: Dr. Haris Budiman, SH., M.M Warek-4: Dr. Novi Satria Praja, M.Pd Kasubag AAKK/BAAK: Iim Abdul Karim, S.P. Kasubag UK/BAKKUP: Soni Nuralam, S.E Kaprodi DF/DKV: Jerry Dounald Rahajaan, M.Sn. serta SPM/LPM: Rio Priantama, MTi.

Selain itu hadir pula Pimpinan Fakultas Ilmu Komputer. Tito Sugiharto, M.Eng (Dekan FKOM) , Rio Andriyat, M.Kom (Wakil Dek 1 FKOM), Erik Kurniadi, M.Kom (Wakil Dekan 2 FKOM) beserta Tim Akreditasi, para dosen dan Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Komputer beserta undangan.

Pelaksanaan Assesmen Lapangan ini sebagai tindak lanjut dari Program Studi Desain Komunikasi Visual sebagai kepercayaan masyarakat dan pengakuan dari pemerintah agar terwujud konsistensi Universitas Kuningan dalam menyelenggarakan pendidikan yang bermutu.

Pengakuan terhadap Perguruan Tinggi atau Program Studi yang berhasil melaksanakan program pendidikan dan mutu lulusan yang memenuhi standar BAN-PT. BAN-PT menetapkan fokus penilaian ke dalam kriteria yang mencakup komitmen perguruan tinggi terhadap kapasitas institusi dan keefektifan pendidikan yang terdiri atas 9 (sembilan) kriteria.

Akreditasi Prodi DKV Uniku

Keputusan mengenai kelayakan dan mutu didasarkan pada penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para pakar sejawat (judgements of informed experts). Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh perguruan tinggi yang akan diakreditasi yang diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan para pakar sejawat ke tempat kedudukan perguruan tinggi. 

Assesmen Lapangan Akreditasi Prodi DKV UNIKU ini dibuka terlebih dahulu  dengan  acara Pembukaan asesmen dilanjutkan  Sesi dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi , Konfirmasi Data LKPS / Excel Data PS , Sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal , Sesi dengan Tim Akreditasi , Sesi dengan (middle) Manajemen di UPPS , sesi dengan dosen , Sesi dengan Tenaga Kependidikan.

Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan  berdiri sejak 2017 dengan mengemban Visi dan Misi “Menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual  Yang Unggul Dalam Bidang Industri Multimedia, Periklanan dan Grafis Yang Berbasis Teknologi Informasi Dan Memiliki Komitmen Yang Tinggi Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2032”.  Dan misi (1)“Mengembangkan dan mengimplementasikan pendidikan Desain Komunikasi Visual berbasis teknologi informasi di bidang industri multimedia, periklanan dan desain grafis yang kreatif serta dapat terintegrasi dengan disiplin ilmu lainnya. (2)Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat, sebagai bagian dari pengembangan keilmuan yang mempunyai nilai kebaruan yang bermanfaat bagi kebutuhan industri dan masyarakat.  

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi DKV Uniku secara Daring

Program Studi Desain Komunikasi Visual  Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan saat ini telah mempunyai jumlah mahasiswa sebanyak 134 mahasiswa aktif yang berasal dari wilayah Kuningan, Majalengka, Cirebon serta Brebes. Pada tahun 2021 ini angkatan pertama 2017 sedang menjalani skripsi.

Sehingga proses assesmen lapangan ini , selain para mahasiswa baik itu Pimpinan UPPS Universitas Kuningan berharap hasil akhir atau nilai akhir mendapatkan yang terbaik sehingga menghasilkan lulusan Desain Komunikasi Visual ter akreditasi Ban-PT.

Adapun Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jerry Dounald Rahajaan, M.Sn berharap dengan telah dilaluinya assesmen lapangan dan mendapatkan hasil yang terbaik membuktikan bahwa di wilayah Ciayumajakuning, Cirebon Indramayu ,Majalengka, Kuningan Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan adalah salah satu Program Studi Desain Komunikasi Visual yang mampu bersaing dan menghasilkan lulusan terbaik dari Universitas Kuningan, dan berkontribusi langsung di masyarakat Kuningan khususnya.

Dengan terlaksananya assesmen lapangan yang berakhir pada 30 Maret 2021, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Tito Sugiharto, M.Eng mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan, pelaksanaan proses assesmen lapangan ini.Keterlibatan Tim Asesor, unsur pimpinan UPPS, Pimpinan Fakultas Ilmu Komputer, Dosen serta Tenaga Kependidikan adalah bertujuan mewujudkan Universitas Kuningan dari idealisme dan komitmen Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan untuk terus menerus berkarya khususnya dalam bidang peningkatan sumber daya manusia menuju peningkatan mutu kehidupan masyarakat pada umumnya.

Program Desain Komunikasi Visual tidak terlepas dari sejarah Pendirian Universitas di Kuningan sebetulnya telah ada sejak tahun 1979 ketika Yayasan ini didirikan. Namun keterbatasan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya keuangan, maka niat itu tidak dapat langsung diwujudkan sekaligus. Karena keterbatasan itu Yayasan menggunakan strategi bertahap untuk mendirikan sekolah tinggi – sekolah tinggi sebagai cikal bakal berdirinya universitas.

Sekolah tinggi pertama lahir tahun 1985 yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kuningan. STKIP ini memiliki tiga Jurusan/Program Studi yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Ekonomi. Sekolah tinggi kedua lahir tahun 1995 yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi memiliki dua Jurusan/Prodiyaitu Akuntansi dan Manajemen. Sekolah tinggi ketiga yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan (STIKU) dan keempat Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Kuningan lahir hampir bersamaan pada tahun 2001. STIKU Kuningan memiliki dua Jurusan/Prodiyaitu Budidaya Hutan dan Konservasi Hutan. Sedangkan STMIK memiliki empat Jurusan/Program Studi yaitu Teknik Informatika (S-1), Teknik Informatika (D-III), Sistem Informasi (S-1), dan Sistem Informasi (D-III). Setelah memiliki empat sekolah tinggi, Yayasan telah merasa cukup pengalaman untuk mendirikan universitas. Oleh karena itu pengembangan keempat sekolah tinggi dilaksanakan.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 62/D/O/2003 tanggal 6 Juni 2003, berdirilah Universitas Kuningan yang merupakan penggabungan keempat sekolah tinggi yang ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan. Berdirinya Universitas Kuningan diharapkan menjadi kebanggaan masyarakat Kuningan. Universitas ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Prof. A. Malik Fajar, M.Sc. pada tanggal 17 Juni 2003.

Tahun 2006 Universitas Kuningan membuka dua program studi baru, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jenjang S1 dan Program Studi Pendidikan Ekonomi Jenjang S2 (Magister). Pada tahun 2011 Program Magister menambah satu prodi baru yaitu dibukanya Program Studi Pendidikan Biologi jenjang S2, tahun 2012 dibuka Program Studi Ilmu Hukum jenjang S1 dan pada tahun 2013 dibuka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang S1 dan Program Studi Pendidikan Matematika jenjang S1. Pada tahun 2017 membuka Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) (S1) dan Program Studi Magister Manajemen (S2).

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132