fbpx

Rekomendasi Akun TikTok untuk Pengembangan Diri di Dunia Perkuliahan

Rekomendasi Akun TikTok untuk Pengembangan Diri di Dunia Perkuliahan

Menerapkan kuliah daring interaktif ternyata tidak hanya bisa mengandalkan fitur-fitur dari aplikasi kuliah online seperti Zoom, Hangout, Skype, dan sejenisnya. Namun bisa pula dengan mengecek rutin beberapa akun berbau edukasi di TikTok. 

Aplikasi TikTok memang mengalami perkembangan sangat pesat. Jika awalnya hanya digunakan untuk kebutuhan hiburan seperti membuat video-video lucu. Maka saat ini pemanfaatannya semakin kompleks. 

Salah satunya ditujukan untuk pembuatan konten edukasi dan beberapa pebisnis memanfaatkannya untuk keperluan digital marketing. Khusus untuk para mahasiswa atau mungkin dosen, bisa mengecek beberapa akun TikTok bertema edukasi berikut ini. 

Baca juga : Penerimaan Proposal Untuk Bantuan Program Fasilitasi Akreditasi Internasional Program Studi 2021

Perkembangan TikTok untuk Edukasi 

Aplikasi TikTok kini tidak hanya menyajikan konten-konten hiburan namun juga sangat bersahabat bagi para mahasiswa yang ingin belajar menghadapi dunia perkuliahan maupun mengatur keuangan. 

Donny Eryastha selaku Head of Public Policy TikTok di Malaysia dan juga Filipina menyampaikan. Aplikasi TikTok kini sudah berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memperbanyak konten edukasi. 

Donny menjelaskan bahwa pihaknya melihat video dengan durasi pendek atau singkat bisa menjadi media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Apalagi generasi anak didik atau anak sekolah dan mahasiswa saat ini termasuk ke dalam generasi Z. 

Dimana konsumsi internet harian di kalangan ini dihabiskan untuk menonton video secara online. Nyaris 100 persen bahkan waktu untuk online digunakan untuk menonton video, sebab menjadi jenis konten yang lebih menarik sekaligus interaktif. 

Alhasil banyak pengguna aplikasi TikTok kemudian memberikan edukasi di berbagai bidang. Sebut saja seperti kesehatan fisik, kesehatan mental, finansial, dan juga di bidang pendidikan. 

Rekomendasi Akun TikTok untuk Para Mahasiswa 

Bagi mahasiswa yang ingin memanfaatkan aplikasi TikTok untuk tujuan mengembangkan diri di dunia perkuliahan dan juga mengatur keuangan. Maka bisa menengok sejumlah akun yang sesuai berikut ini: 

1. Putrabrams

Apabila ingin mencari informasi mengenai beasiswa melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Maka sangat cocok jika mencari akun Putrabrams di aplikasi TikTok. 

Akun ini dimiliki dan dikelola oleh Putra Brahmana yang tercatat sebagai salah satu mahasiswa dari Universitas Pelita Harapan. Awal ketika akun ini dibuat Putra mencoba menyediakan video terkait tips menggunakan teknologi untuk mencari lowongan pekerjaan. 

Namun sejak September 2020 kemarin, Putra kemudian fokus menyediakan konten edukasi. Yakni giat memberi informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa, informasi program beasiswa terbaru, dan juga berbagai jurusan lengkap dengan prospek karirnya. 

2. Buiramira 

Tidak semua pemilik akun edukasi di TikTok berasal dari kalangan mahasiswa, ada pula yang dari kalangan dosen. Salah satunya adalah akun bernama Buiramira yang dikelola dan dimiliki oleh Ira Mirawati. Diketahui sosoknya merupakan salah satu dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Padjadjaran, Bandung. 

Akun yang dimiliki dosen ini sempat viral di bulan Agustus 2020 kemarin. Sebab membahas mengenai berbagai persoalan yang dihadapi kalangan remaja, terutama saat berkuliah namun dengan sentuhan komedi. 

Konten menarik lainnya yang pernah dibuat adalah mengenai tips untuk bisa menjawab pertanyaan dosen. Ada pula cara mengontak dosen dan juga fakta-fakta terkait dosen pembimbing skripsi. 

3. Rimauthari 

Ingin belajar bahasa Jepang secara daring? Mungkin bisa belajar dari konten-konten yang dipublikasikan oleh akun Rimaauthari di aplikasi TikTok. Pemilik akun ini bernama asli Rima Hayati Authari. 

Lewat akun TikTok yang dimiliki, Rima sepertinya rutin menyediakan atau memberikan pembelajaran terkait bahasa Jepang. Rupanya Rima mendirikan “Kelas Jepang” sejak April 2019 lalu. Sedangkan untuk background pendidikan, sosoknya merupakan lulusan dari Universitas Lambung Mangkurat dengan jurusan Komunikasi Jurnalistik. 

Tidak tertutup kemungkinan semakin kesini akan semakin banyak video edukasi di TikTok. Akun rekomendasi pun akan terus bertambah, jadi silahkan aktif menggunakan aplikasi satu ini untuk tujuan pengembangan diri agar lebih bermanfaat. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Sumber : https://edukasi.kompas.com/

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322