fbpx

Anda Mahasiswa Tingkat Akhir atau Baru Saja Lulus? Ikuti Beasiswa Talenta Digital 2019 FT UGM Ini!

Yogyakarta – Jika Anda mahasiswa tingkat akhir atau baru saja lulus, silakan mengikuti program beasiswa talenta digital 2019 di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM). Program ini berbentuk kursus pengembangan bakat digital yang diselenggarakan oleh FT UGM. Tahun ini, FT UGM  kembali membuka kesempatan meraih beasiswa untuk mengikuti pelatihan program beasiswa talenta digital. Beasiswa pelatihan ini diberikan kepada 450 orang yang lolos seleksi dan berkesempatan  untuk memilih salah satu dari tiga bidang digital yang diminati, yakni kecerdasan buatan atau artificial intelligence, internet of things dan keamanan siber.

Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., PhD., mengatakan kegiatan pelatihan program beasiswa talenta digital ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM dalam bidang pembangunan revolusi industri 4.0. Pelatihan ini diselenggarakan selama dua bulan dimulai pada akhir Juni hingga pertengahan Agustus mendatang. Sedangkan pendafaran dimulai sejak 20 April hingga 19 Mei ini melalui website https://digitalent.kominfo.go.id

Menurut Nizam, kesempatan ini terbuka bagi seluruh mahasiwa tingkat akhir atau lulusan pendidikan D3, D4 atau S1 yang berasal dari jurusan TIK, MIPA dan seluruh jurusan teknik. “Selama mengikuti pelatihan akan mendapatkan beasiswa bantuan uang saku dan batuan biaya hidup sebesar Rp1,5 juta,” kata Nizam, Selasa (14/5) di Fakultas Teknik UGM.

Kepada wartawan, Nizam mengatakan program pemberian 450 beasiswa talenta digital ini dilaksanakan oleh Kominfo yang memberikan total 25 ribu beasiswa dengan melibatkan 30 mitra universitas, 23 politeknik dan 4 badan sertifikasi internasional. Sedangkan untuk UGM sendiri, Kominfo menunjuk Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik (DTETI) UGM, sebagai mitra untuk mengadakan pelatihan ketiga bidang digital khusus bagi lulusan perguruan tinggi dan mahasiswa tingkat akhir.

“Kita kebagian 450 beasiswa,” katanya. Melanjutkan seperti tahun sebelumnya, penyelenggaraan kegiatan ini dilaksanakan bersama Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika (DIKE), Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam.

Nizam mengapresiasi pelatihan semacam ini yang menurutnya mampu mendukung perkembangan revolusi industri 4.0 di tanah air yang kini semakin maju dan berkembang pesat. “Di Indonesia banyak muncul pelaku ekonomi baru dari bidang digital,” katanya dikutip dari ugm.ac.id.

Di era perkembangan teknologi digital sekarang ini, menurut Nizam, kemampuan beradaptasi dengan perubahan yang bisa keluar menjadi pemenang dalam kompetisi tingkat global. Oleh karena itu, penyiapan SDM berkualitas bidang digital sangat diperlukan. “Jangan sampai kita hanya menjadi konsumen dan penonton lalu industri digital kita merekrut talenta dari luar, lulusan baru kita harus memiliki kemampuan talenta digital yang kuat,” ujarnya.

Direktur PT Gamatechno Indonesia, Adityo Hidayat yang juga menjadi salah satu organizing committee kegiatan ini bersama DTETI dan DIKE, mengatakan ketiga bidang digital seperti kecerdasan buatan, IoT dan keamanan siber merupakan bidang yang paling banyak dibutuhkan oleh pelaku industri digital. “Ketiga bidang ini, permintaannya sangat tinggi,” katanya.

Direktur PT Gamatechno Indonesia, Adityo Hidayat yang juga menjadi salah satu organizing committee kegiatan ini bersama DTETI dan DIKE. (Foto: twitter)

Adityo menuturkan saat penyelengaraan beasiswa talenta digital tahun lalu lebih dari 45 ribu pendaftar, namun yang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan di UGM sebanyak 250 orang. Yang menarik setelah selesai mengikuti pelatihan banyak yang memilih beralih profesi di bidang tersebut. “Setelah lulus program beasiswa talenta digital langsung beralih profesi karena banyak permintaan, dihargai cukup tinggi di industri,” katanya.

Seperti diketahui, bagi peserta yang mengikuti program beasiswa talenta digital ini akan mendapat sertifikasi internasional dari AWS, Cisco, Google dan Microsoft. Menurut Adityo, semakin banyak anak muda berbakat memiliki talenta digital maka berpeluang juga direkrut oleh industri besar di negara maju. “Karena itu pengembangan talenta SDM digital ini difasilitasi pemerintah,” katanya.

Redaksi

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322