fbpx

Apa Tugas Asisten Dosen? Berikut 7 Bentuk Tugas Umum Asisten Dosen

apa tugas asisten dosen

Mempelajari apa tugas asisten dosen tentu penting bagi para mahasiswa yang ingin menjadi salah satu asisten dosen atau asdos. Asisten dosen sebagaimana dengan namanya merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekan ilmunya dengan mengajar, mengurus administrasi, dan lain-lain. 

Tidak semua dosen memiliki asisten dosen, namun kebanyakan dosen dengan jabatan Guru Besar yang sudah memiliki banyak tugas tambahan dari kampus memiliki asdos. Asdos ini kemudian akan membantu dosen melaksanakan beberapa tugas yang bisa digantikan sementara waktu oleh asdos mereka. 

Supaya tugas-tugas asdos ini bisa dilaksanakan dengan baik, maka bisa mempelajarinya sejak dini. Apalagi menjadi asdos prinsipnya tidak berbeda jauh dengan proses melamar pekerjaan seperti pada umumnya. 

Apa Tugas Asisten Dosen? 

Tugas utama dari asisten dosen adalah membantu tugas-tugas dari dosen. Berhubung tugas dosen pada dasarnya sangat banyak dan tidak hanya mengajar. Kemudian juga asisten dosen merupakan mahasiswa juga, maka tidak semua tugas dosen diberikan kepada asdos. 

Tugas tertentu saja yang sekiranya memang bisa dilakukan dengan mudah. Namun dosen sendiri yang bisa menentukan tugas apa saja yang akan diberikan kepada asistennya. Sebagai gambaran, berikut adalah sejumlah tugas yang umum dijalankan oleh seorang asisten dosen: 

1. Mengajar Mahasiswa di Kelas 

Setiap mahasiswa tentu langsung tahu bahwa tugas seorang asisten dosen salah satunya adalah mengajar. Sebab beberapa asisten dosen memang terlihat aktif mengajar di kelas menggantikan dosen yang berhalangan untuk hadir. 

Inilah alasan kenapa asisten dosen selalu diambil dari mahasiswa yang prestasi akademiknya bagus. Tujuannya agar bisa punya pemahaman materi yang bagus dan kemudian bisa menyampaikannya dengan mudah ke mahasiswa. 

Asisten dosen kemudian bisa menjadi pekerjaan sampingan mahasiswa tanpa perlu keluar dari lingkungan kampus. Selain itu dijamin cocok untuk mahasiswa yang memang suka mengajar atau mungkin punya cita-cita menjadi dosen setelah lulus kuliah. 

Baca Juga:

Linieritas Pendidikan Dosen 

Syarat Dosen Pembimbing Skripsi

Anggaran Penelitian Dosen 

Jenjang Karir Dosen PNS

2. Membantu Dosen Menyusun Silabus 

Jawaban berikutnya dari pertanyaan apa tugas asisten dosen? Adalah membantu menyusun silabus. Silabus merupakan penjabaran dari sebuah mata kuliah yang berisi sinopsis mata kuliah, kompetensi mata kuliah, dan sejenisnya. 

Silabus ini umumnya disusun oleh dosen di awal semester atau menjelang akhir semester, isinya adalah rencana pembelajaran di semester berikutnya. Dosen yang memiliki asisten dosen kemudian bisa menyusun silabus tersebut bersama-sama. 

Sebab asisten dosen nantinya juga akan mengajar meskipun tidak sering, tergantung pada jadwal kegiatan dosen yang didampinginya. Maka memahami isi silabus sangat penting agar bisa mengisi kelas dengan baik dan berusaha untuk melakukan pencapaian pembelajaran seperti rencana yang tersusun di dalam silabus. 

3. Mendampingi Kegiatan Penelitian Mahasiswa 

Asisten dosen juga bertugas untuk menjadi pendamping dari kegiatan penelitian yang dilakukan mahasiswa. Mulai dari penyusunan proposal penelitian sampai penelitian tersebut memberikan hasil yang memang menjadi tujuan penelitian. 

Dalam hal ini, asisten dosen yang juga berstatus sebagai mahasiswa bisa ikut terjun langsung dalam melaksanakan penelitian. Sehingga mereka juga paham bagaimana prosedur melaksanakan kegiatan penelitian di lingkungan kampus. 

Asisten dosen bisa mendampingi penelitian mahasiswa di tingkat manapun, bisa mahasiswa adik tingkat maupun kakak tingkat. Hal ini tentu memberi pengalaman lebih karena kegiatan penelitian umumnya menjadi puncak dari menyelesaikan studi. Yakni menyusun skripsi bagi jenjang S1 untuk memenuhi syarat kelulusan. 

4. Membantu Kegiatan Penelitian Dosen 

Tak hanya mendampingi kegiatan penelitian mahasiswa, jawaban lain dari pertanyaan apa tugas asisten dosen adalah membantu penelitian dosen. Jadi, mahasiswa yang juga menjadi asisten dosen kemudian berkesempatan untuk ikut membantu penelitian dosen. 

Dalam Tri Dharma, dosen disebutkan memiliki tugas pokok melaksanakan kegiatan penelitian. Maka sepanjang karirnya dosen akan rutin melaksanakan penelitian dengan topik beragam sesuai bidang keilmuan yang dikuasai. 

Dalam prakteknya, penelitian tidak bisa dilakukan sendiri oleh dosen. Dosen kemudian membentuk tim yang terdiri dari rekan sesama dosen dan mahasiswa. Mahasiswa yang direkrut sebagai anggota tim besar kemungkinan adalah asisten dosen. 

Tidak semua mahasiswa selama masa kuliah mendapatkan kesempatan emas mengikuti penelitian dosen. Jadi, tidak akan rugi sudah berusaha lolos seleksi asisten dosen agar punya pengalaman menarik satu ini. 

Sehingga bisa membantu menyusun skripsi dengan baik karena sudah tahu bagaimana melakukan penelitian yang baik dan benar. Bisa juga menjadi bekal bagi asisten dosen yang setelah lulus memutuskan untuk menekuni profesi dosen. 

Baca Juga:

Cara Mengetahui NIDN Dosen 

Tips Sertifikasi Dosen 

Cara Menghitung Beban Kerja Dosen 

Dosen Pengampu dan Kategori Dosen Lainnya

5. Melakukan Pekerjaan Administrasi 

Dosen tentunya memiliki sejumlah tugas administrasi, dan beberapa kemudian diberikan kepada asisten dosen. Jadi, apa tugas asisten dosen? Salah satu jawabannya adalah melakukan kegiatan administrasi terkait tugas-tugas dosen. 

Tugas administrasi yang sering diberikan atau diserahkan ke asisten dosen adalah tugas memeriksa lembar jawaban ujian mahasiswa, memeriksa dan menilai tugas yang dikumpulkan mahasiswa, dan lain sebagainya. 

Bagi dosen yang super sibuk, biasanya membutuhkan waktu lama untuk melakukan koreksi pada lembar ujian dan tugas kuliah yang diberikan kepada mahasiswa. Memiliki asisten dosen membantu para dosen untuk menyelesaikan tugas administrasi seperti ini dengan lebih cepat. 

6. Menyusun Soal Lengkap dengan Jawabannya 

Tugas lain yang dimiliki seorang asisten dosen adalah menyusun soal ujian, baik ujian tengah semester maupun ujian semesteran. Jadi, asisten dosen bertanggung jawab untuk menyusun soal-soal kemudian diketik lalu dicetak. 

Lembar soal ini kemudian diberikan kepada mahasiswa di hari H ujian. Tak hanya menyusun soal-soal, asisten dosen juga wajib menyusun jawaban dari semua soal yang disusunnya. Umumnya tugas ini termasuk tugas dosen, dan ketika mereka sibuk maka biasanya akan diberikan kepada asisten dosen. 

Namun, sekali lagi tugas ini sifatnya tidak wajib dan cenderung fleksibel yang artinya tidak semua asisten dosen diberi tugas seperti ini. Hanya saja banyak yang kemudian diminta membuat soal dan jawabannya. 

7. Merancang Kegiatan Non Lecturer

Asisten dosen juga banyak yang diberi tugas untuk merancang kegiatan non lecturer bersama dosen. Tugas ini mencakup melakukan diskusi di kelas, membuat topik diskusi untuk diterapkan di kelas, dan bisa juga tugas untuk merancang proyek akhir. 

Tugas jenis ini akan dikerjakan bersama dosen, sehingga asisten dosen tidak dilepas begitu saja. Dosen pun biasanya akan memberi dampingan, bimbingan, dan arahan. Jadi, asisten dosen tinggal mengikuti instruksi yang diberikan oleh dosen. 

Penjelasan di atas tentu sudah bisa memberi gambaran mengenai apa tugas asisten dosen secara umum. Tugasnya memang banyak dan beragam, namun tetap akan didampingi oleh dosen yang bersangkutan. 

Sehingga tidak perlu takut atau ragu untuk mencoba peruntungan menjadi asisten dosen. Khususnya untuk mahasiswa yang memang suka mengajar sekaligus punya impian menjadi dosen. 

Umumnya, kampus akan menerima alumni yang pernah menjadi asisten dosen sebagai dosen di dalamnya. Jadi, kamu bisa segera mengajar dan melaksanakan Tri Dharma yang berisi seluruh tugas pokok profesi dosen. 

Artikel Terkait:

11 Cara Mengajar Dosen yang Baik 

Kekayaan Intelektual Dosen

Beda Jabatan Struktural dan Fungsional Dosen

Dosen Luar Biasa

Dosen Kontrak

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja