fbpx

4 Aplikasi LLDIKTI Terbaru yang Bisa Digunakan untuk Efisiensi Pelayanan

Aplikasi lldikti

 Aplikasi LLDIKTI. Penggunaan atau penerapan teknologi di dunia pendidikan adalah hal penting, terutama di tengah pandemi seperti sekarang. Adanya teknologi yang masuk ke ranah kegiatan pendidikan membuat kegiatan ini tetap berjalan lancar di tengah pembatasan kegiatan sosial. 

Memahami pentingnya melibatkan teknologi untuk pelaksanaan atau penyelenggaraan kegiatan pendidikan. LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) di berbagai wilayah saling mengedepankan inovasi dalam pemanfaatan teknologi. Salah satunya yang dilakukan oleh LLDIKTI Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau). 

4 Aplikasi LLDIKTI Terbaru 

Prof. Dr. Herri, MBA., selaku Kepala LLDIKTI Wilayah X kepada semua pimpinan PTS di Wilayahnya menyampaikan secara daring mengenai peluncuran 4 aplikasi baru. Disampaikan oleh Prof. Herri bahwa pihak LLDIKTI Wilayah X selalu berupaya untuk berinovasi. 

Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan layanan kepada seluruh pemangku kepentingan di wilayah kerjanya. Berbagai aplikasi kemudian dikembangkan untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah untuk diakses, cepat, efisien, dan juga efektif. 

Jika dulu proses mengakses layanan apapun dari LLDIKTI Wilayah X dilakukan dengan tatap muka langsung. Maka sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan kepada semua pemangku kepentingan di Wilayah X kini layanan bisa diakses secara online. 

Prof. Herri menyebutkan bahwa sejumlah layanan kini bisa diakses online. Seperti: 

  • Layanan untuk pengajuan usulan kenaikan pangkat atau inpassing
  • Proses untuk mengurus studi lanjut. 
  • Mengurus perpindahan homebase semua dosen di Wilayah X, dan juga 
  • Layanan rekomendasi beasiswa studi lanjut bagi di perguruan tinggi dalam negeri maupun di luar negeri. 

Aplikasi yang telah diluncurkan tersebut diharapkan oleh pihak LLDIKTI Wilayah X mampu memberi kemudahan bagi para pemangku kepentingan. Khususnya untuk PTS, sebab Prof. Herri sendiri menyampai kan pengumuman tersebut kepada seluruh pimpinan PTS di Wilayah X. 

Layanan yang berbasis aplikasi disampaikan pula akan terus dibuat dan dikembangkan. Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pemangku kepentingan tadi. 

Baca Juga: Bantuan Subsidi Upah Dikti: Syarat, Mekanisme, dan Alur Pencairannya

Sebelum resmi meluncurkan 4 aplikasi baru tersebut, inovasi lain sudah berhasil ditorehkan oleh LLDIKTI Wilayah X. Yakni meluncurkan aplikasi yang juga memberi kemudahan bagi pihaknya untuk meningkatkan kualitas pelayanan. 

Adapun layanan berbasis aplikasi yang sebelumnya sudah diluncurkan oleh LLDIKTI Wilayah X meliputi: 

  • Aplikasi Sistem Manajemen Dosen (Simdos). 
  • Aplikasi e-Office. 
  • Aplikasi Gugus Layanan Mutu (Gulamu). 
  • Aplikasi Sertifikat Online, dan juga 
  • Aplikasi Penilaian Angka Kredit Dosen. 

Aplikasi yang dibuat dan dikembangkan nantinya akan memudahkan para dosen di seluruh PTS dan PTN Wilayah X untuk mengakses layanan dari LLDIKTI Wilayah X. Sehingga bisa murni mengandalkan layanan online. 

Hal ini penting, karena selain praktis dan juga mudah adanya layanan berbasis aplikasi juga meminimalkan kontak langsung antara petugas di LLDIKTI Wilayah X dengan para pemangku kepentingan, sehingga tetap ikut andil bagian dalam memutus penyebaran Covid-19. 

Kedepannya, aplikasi tetap akan terus dikembangkan sebab sudah sangat wajar ketika layanan berbasis aplikasi ini tetap berjalan sekalipun pandemi telah usai. Sebab melibatkan teknologi memang perlu diakui mampu meningkatkan efisiensi dalam memberikan layanan. 

Begitu pula bagi para pemangku kepentingan, bisa tetap mengurus berbagai keperluan dengan pihak LLDIKTI Wilayah X tanpa perlu datang langsung ke lokasi kantor. Aplikasi yang dijalankan oleh sistem kemudian mampu meminimalkan kesalahan. 

Sehingga segala urusan yang diurus diharapkan nantinya bisa selesai lebih cepat dan tepat. Para dosen yang ingin mengurus keperluan apapun bisa mengurusnya di rumah maupun ketika berada di lingkungan kampus. 

Tak hanya sampai ke 4 aplikasi baru tersebut, pihak LLDIKTI Wilayah X juga menuturkan bahwa dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi lainnya. Sehingga semakin banyak aplikasi yang akan dimanfaatkan di Wilayah X.

Baca Juga: Mengenal Indikator Kinerja Utama IKU PTN dari Kemendikbud

Manfaat Lebih Layanan Aplikas LLDIKTI

Pengembangan layanan berbasis aplikasi memang tidak hanya dilakukan oleh LLDIKTI Wilayah X namun juga di wilayah lainnya. Hal ini tidak terlepas dari manfaat yang ditawarkan oleh layanan dengan media aplikasi tersebut. Seperti: 

1. Memberi Efisiensi 

Aplikasi yang disediakan oleh LLDIKTI Wilayah X tentunya ditunjang dengan fungsi atau tujuan spesifik. Sehingga di dalamnya sudah terdapat tombol-tombol khusus dengan fungsi berbeda-beda. 

Pengguna bisa mendapatkan efisiensi untuk melakukan tujuan dari penggunaan aplikasi tersebut. Sebab cukup menekan tombol yang sesuai maka tujuan akan tercapai. 

2. Fokus pada Keamanan dan Kenyamanan 

Keamanan dan kenyamanan memakai layanan LLDIKTI Wilayah X berbasis aplikasi tentu lebih meningkat. Sebab sistem keamanan di aplikasi biasanya sudah sesuai atau memenuhi standar. 

Selain itu penggunaan aplikasi baik oleh pengguna maupun pengelola juga akan lebih nyaman. Sebab sudah tersedia tombol-tombol dengan fungsi yang spesifik seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya. 

3. Mendukung Produktivitas 

Pengguna layanan LLDIKTI Wilayah X yang sudah berbasis aplikasi tetap terbantu untuk meningkatkan produktivitas. Sebab dengan fungsi yang spesifik di dalam aplikasi maka pengguna tidak perlu bersusah payah untuk mengakses layanan yang disediakan atau yang dibutuhkan. 

Bahkan pengguna bisa tetap mengakses layanan dari LLDIKTI Wilayah X tanpa harus meninggalkan pekerjaannya. Sehingga penyediaan layanan berbasis aplikasi memudahkan para pengguna untuk tetap produktif menjalankan tugasnya di perguruan tinggi. 

4. Media Akses Layanan Secara Instan 

Layanan berbasis aplikasi juga memberikan akses kepada para pemangku kepentingan di LLDIKTI Wilayah X untuk mengaksesnya secara instan. Sebab bisa membuka aplikasi cukup dengan sekali klik, dan mencari menu atau tombol jenis layanan yang dibutuhkan. 

Proses ini tentu memakan waktu sangat singkat, cukup sepersekian detik saja yang tentu memberi efisiensi waktu yang maksimal. Setiap pemangku kepentingan pun tidak perlu mencurahkan waktu terlalu banyak untuk mengurus keperluannya dengan pihak LLDIKTI Wilayah X. 

5. Meningkatkan Interaksi 

Layanan berbasis aplikasi yang dirilis oleh LLDIKTI Wilayah X tentunya akan memberikan respon lebih cepat. Terhadap semua pengajuan yang masuk, sebab pelayanan akan diberikan secara online juga. 

Hal ini memungkinkan proses pengajuan apapun bisa segera diproses oleh pihak LLDIKTI Wilayah X. Sehingga bisa cepat selesai dan para dosen bisa mengurus kegiatan atau tugas lainnya. 

Baca Juga: Ketahui 5 Kerugian Ini Jika Data Mahasiswa Tidak Terdaftar di PD Dikti

Layanan berbasis aplikasi memberi kemudahan ekstra, tidak hanya bagi para dosen namun juga dari petugas di LLDIKTI Wilayah X. Sebab dengan aplikasi inilah pihak LLDIKTI bisa memberikan respon cepat. 

Sebab dibantu oleh sistem di dalam aplikasi untuk bekerja secara efektif dan efisien. Sedangkan dari pihak pengguna, layanan berbasis aplikasi memberi kemudahan untuk mengurus berbagai keperluan. Sebab bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. 

Kedepannya akan ada lebih banyak aplikasi yang dirilis, dan tidak tertutup kemungkinan berbagai urusan di kantor LLDIKTI Wilayah X sudah bisa diakses seluruhnya secara online. Nantinya akan lebih mudah untuk mengurus keperluan apapun dengan pihak LLDIKTI Wilayah X tersebut. 

Sedangkan untuk aplikasi yang sudah ada tentunya akan terus dikembangkan agar bisa mengikuti perkembangan kebijakan dan aturan terkait beberapa urusan akademik dari tenaga pendidik di perguruan tinggi. 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132