fbpx

Beasiswa Fully Funded China AUN 2023 Dibuka, Daftar Segera!

Beasiswa Fully Funded China AUN Dibuka, Daftar Segera

Ada banyak program beasiswa S3 bisa diikuti seleksinya, dan salah satunya adalah program beasiswa China AUN. Dilihat dari nama programnya tentu bisa ditebak jika beasiswa ini berasal dari pemerintah China atau Tiongkok. 

Para pelamar beasiswa yang dinyatakan lulus seleksi kemudian akan menempuh pendidikan tinggi di salah satu universitas di China. Beasiswa ini terbuka untuk jenjang S2 dan S3 sehingga cocok untuk umum dan para dosen muda yang ingin mengembangkan keilmuannya. 

Tentang Beasiswa China AUN 

Hal pertama yang akan dibahas adalah mengenai apa itu beasiswa China AUN. Jadi, beasiswa ini merupakan beasiswa penuh dari pemerintah China yang diberikan kepada mahasiswa di seluruh jaringan Universitas ASEAN (AUN). 

Sehingga program beasiswa ini bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa maupun masyarakat umum yang masuk ke dalam jaringan AUN tersebut. Indonesia tentu saja masuk ke dalam jaringan satu ini, sehingga masyarakat bisa ikut seleksinya. 

Sifatnya yang penuh membuat beasiswa ini banyak diminati dan beasiswa China AUN ini dibuka untuk dua jenjang pendidikan, yakni S2 dan S3. Oleh sebab itu, program ini sangat cocok diikuti oleh calon dosen yang belum kuliah S3. 

Beasiswa China AUN cocok untuk dosen muda yang ingin mengembangkan keilmuan maupun karir akademiknya. Sebab beasiswa ini memfasilitasi kuliah S3 gratis di China yang tentu membantu dosen mendapatkan fasilitas biaya dan pendidikan selama di negara tersebut. 

Jika ingin meraih beasiswa ini maka penting sekali untuk mengetahui apa saja persyaratan dan bagaimana prosedur pendaftarannya. Apalagi, pendaftaran beasiswa China AUN dijadwalkan akan ditutup pada 12 Februari 2023 mendatang. 

Bidang Studi

Beasiswa dari pemerintah China ini sendiri terbuka untuk beberapa bidang studi, khususnya di jenjang S3. Oleh pihak penyelenggara, yakni sekretariat AUN program atau bidang studi yang bisa dipilih para peserta terbagi menjadi tiga kategori. Berikut cakupannya: 

Bidang Studi I 

Bidang studi yang pertama atau di bagian I mencakup bidang studi ilmu filsafat, ekonomi, ilmu hukum,  sastra, sejarah, juga manajemen, dan juga pendidikan. Jika ingin menjadi guru dengan gelar Magister Pendidikan maka bisa masuk ke bidang studi I. 

Bidang Studi II 

Bidang studi II mencakup program studi sains, teknik, dan juga pertanian. Sehingga bidang studi satu ini mencakup seluruh ilmu eksak termasuk sains, teknik, dan juga bidang studi berkaitan dengan pertanian. 

Bidang Studi III 

Terakhir adalah bidang studi III yang cakupannya adalah seni rupa dan juga kedokteran. Jika selama ini kesulitan menemukan beasiswa S3 untuk program studi kedokteran, maka beasiswa dari negara China ini merupakan kabar baik. 

Baca Juga :

8 Tips Mendapatkan Beasiswa Doktoral

Contoh Motivation Letter Beasiswa yang Baik dan Benar

Promo HUT 13 Deepublish

Contoh Esai Beasiswa Lengkap yang Bisa Dijadikan Acuan

Persyaratan Beasiswa

Supaya bisa mengikuti seleksi beasiswa China AUN, maka selain wajib melakukan pendaftaran sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Para pelamar juga harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Berikut persyaratan yang dimaksud: 

  1. Merupakan warga negara dari negara anggota ASEAN (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam), dan dalam keadaan sehat.
  2. Maksimal berusia 35 tahun bagi pelamar di jenjang Magister dan sudah menyelesaikan pendidikan S1;
  3. Maksimal berusia 40 tahun untuk jenjang S3 bagi lulusan S2 saat melamar program beasiswa doktoral;
  4. Mahir atau menguasai bahasa Mandarin HSK Level 4 saat melamar untuk perkuliahan dengan bahasa pengantar bahasa Mandarin program magister maupun doktoral;
  5. Memperoleh IELTS atau TOEFL saat mendaftar untuk program magister atau doktoral untuk bahasa pengantar bahasa Inggris;
  6. Memenuhi persyaratan masuk perguruan tinggi terapan dalam hal kemampuan akademik, kemampuan bahasa dan kriteria lain yang relevan.

Persyaratan Administrasi 

Setelah merasa memenuhi persyaratan yang dijelaskan di atas, maka silahkan mulai mempersiapkan seluruh berkas aplikasi pendaftaran. Dalam pendaftaran, peserta diwajibkan untuk melampirkan beberapa dokumen berikut ini: 

  • Formulir aplikasi untuk beasiswa China AUN (dalam bahasa Cina atau Inggris).
  • Salinan halaman beranda paspor, paspor biasa dengan masa berlaku paling lambat 1 Maret 2024. 
  • Salinan ijazah pendidikan terakhir, dokumen dalam bahasa Cina atau Inggris. 
  • Transkrip nilai dan diterjemahkan ke dalam bahasa China atau Inggris.
  • Sertifikat kemampuan bahsa asing, yakni sertifikat HSK untuk bidang studi dengan bahasa pengantar bahasa mandarin dan sertifikat IELTS atau TOEFL untuk pengantar bahasa Inggris. 
  • Dokumen penerimaan atau LoA (Letter of Acceptance) dari universitas tujuan di China. 
  • Rencana Studi atau proposal penelitian dalam bahasa Cina atau Inggris (minimal 500 kata untuk mahasiswa non-gelar dan 800 kata untuk mahasiswa pascasarjana)
  • Surat rekomendasi. Pelamar untuk program pascasarjana harus menyerahkan dua surat rekomendasi dalam bahasa Cina atau Inggris dari profesor atau profesor rekanan.
  • Contoh seni. Khusus untuk melamar jurusan terkait seni atau desain, pelamar dapat mengajukan sendiri karya melalui “Contoh Karya Seni/Dokumen Pendukung Lainnya” dalam sistem. 
  • Pelamar berencana untuk tinggal di China selama lebih dari 6 bulan harus menyerahkan fotokopi dari formulir pemeriksaan fisik orang asing diisi dalam bahasa Inggris (salinan asli harus disimpan oleh pemohon) 
  • Laporan catatan non-kriminal atau bukti berkelakuan baik dan tidak pernah terlibat kasus hukum apapun.

Dari penjelasan di atas bisa diketahui bahwa seluruh dokumen perlu diterjemahkan ke bahasa China atau bahasa Inggris. Jadi, pastikan sudah menyiapkannya jauh-jauh hari agar tidak ada dokumen yang terlewat atau belum diterjemahkan. 

Cakupan Beasiswa

Beasiswa China AUN adalah beasiswa penuh (fully funded), sehingga penerima nantinya hanya perlu fokus untuk belajar. Mengenai biaya pendidikan, akomodasi, dan asuransi akan ditanggung pihak penyelenggara. Berikut cakupannya: 

  • Biaya pendidikan, selama menempuh pendidikan S3 maka penerima akan dibebaskan dari segala bentuk biaya pendidikan. 
  • Biaya akomodasi, bisa dalam bentuk asrama gratis di universitas yang menyediakan atau subsidi akomodasi untuk biaya sewa di luar asrama. 
  • Biaya bulanan, yakni biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti belanja bulanan. Khusus untuk mahasiswa S3 akan menerima biaya bulanan sebesar CNY 3.500 per bulan. 
  • Asuransi kesehatan, sehingga penerima beasiswa bisa mengakses layanan kesehatan secara gratis. 

Alur Pendaftaran Beasiswa

Calon pelamar program beasiswa China AUN terlebih dahulu perlu mendaftar program, yang dilakukan secara online. Pendaftaran maksimal dilakukan pada 12 Februari 2023. Selanjutnya akan dilakukan tahap seleksi dan diumumkan pada bulan Agustus 2023. 

Cara Daftar Beasiswa China AUN 

Bagaimana cara daftar ke program beasiswa satu ini? Pendaftaran bisa dilakukan dengan dua kondisi. Yaitu: 

  1. Pendaftaran tanpa LoA, maka bisa Mendaftar ke Sekretariat AUN untuk kesempatan Beasiswa Pemerintah China. 
  2. Jika ingin memakai LoA, maka dimulai dulu dengan mendaftar ke universitas tujuan di China. Setelah LoA didapatkan kemudian mendaftar ke Sekretariat AUN. 

Peserta kemudian melengkapi berkas aplikasi pendaftaran secara online di laman Campus China. Silakan mendaftar akun terlebih dahulu dan kemudian mengisi formulir pendaftaran lalu melampirkan seluruh syarat administrasi. 

Pendaftaran beasiswa China AUN ditutup pada 12 Februari 2023 dan hasil seleksi akan diumumkan pada bulan Agustus 2023 mendatang. Silahkan lengkapi berkas dan segera lakukan pendaftaran sebelum tenggat waktu yang ditetapkan. 

Artikel Terkait :

Beasiswa Fulbright 2023 – 2024 Telah Dibuka!

Beasiswa Kemenag : Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB)

Inilah 10 Beasiswa Selain LPDP untuk Bisa Kuliah Keluar Negeri Gratis

Di tag : ,

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja