fbpx

Beasiswa Fulbright 2023 – 2024 Telah Dibuka!

Beasiswa Fulbright 2023 - 2024 Telah Dibuka!

Memiliki rencana studi pascasarjana di luar negeri? Maka bisa mencoba mengikuti seleksi program Beasiswa  yang membantu kamu bisa kuliah ke negeri Paman Sam alias Amerika Serikat. 

Beasiswa satu ini termasuk ke dalam jajaran beasiswa bergengsi, karena sifatnya penuh dan bisa masuk ke perguruan tinggi bergengsi juga di Amerika Serikat. Tidak heran jika peminatnya cukup tinggi dan kamu bisa ikut andil bagian apabila memenuhi kualifikasi. 

Tentang Beasiswa Fulbright

Beasiswa Fulbright adalah program pendanaan pendidikan pascasarjana untuk jenjang S2 (Magister) dan S3 (Doktoral) yang diselenggarakan oleh pemerintah Amerika Serikat melalui yayasan Pertukaran Indonesia-Amerika atau AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). 

AMINEF diketahui merupakan yayasan pendanaan pendidikan yang didirikan pemerintah AS untuk pelajar dan mahasiswa internasional, terutama dari Indonesia. Lewat program beasiswa yang disediakan, pelajar dan mahasiswa di beberapa negara bisa menempuh pendidikan gratis. 

Program beasiswa ini kemudian bisa dimanfaatkan mahasiswa di Indonesia untuk bisa kuliah pascasarjana di Amerika Serikat dengan nyaman. Sebab sifatnya penuh, yakni mencakup biaya pendidikan dan non pendidikan (misalnya akomodasi, transportasi, asuransi, dan lain-lain). 

Persyaratan Umum dan Khusus

Beasiswa Fulbright ini sangat diminati karena memang memiliki sejumlah kelebihan. Selain sifatnya yang penuh, program ini dikenal tidak memiliki batas usia. Sehingga di usia berapapun selama memenuhi kualifikasi atau persyaratan maka bisa ikut seleksi. 

Sebagaimana program beasiswa pada umumnya, beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat ini juga menetapkan sejumlah persyaratan. Persyaratan terbagi menjadi dua, yakni persyaratan umum dan persyaratan khusus. Adapun persyaratan umumnya adalah: 

  • Merupakan warga negara Indonesia (WNI) dan bukan penduduk tetap AS, atau saat ini tinggal di AS. 
  • Memiliki kualitas kepemimpinan dan menunjukkan pengalaman dalam pengabdian masyarakat
  • Memiliki persiapan dan komitmen yang ditunjukkan untuk bidang studi pilihan. 
  • Mahir berbahasa Inggris.
  • Memiliki catatan akademik yang baik. 
  • Berkomitmen untuk menyelesaikan pendidikan pascasarjana dengan baik dan lulus tepat waktu sekaligus melakukan penelitian di AS. 
  • Memiliki dan mampu menunjukan komitmen yang kuat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program beasiswa Fulbright

Lewat persyaratan khusus tersebut bisa diketahui, jika beasiswa ini mewajibkan penerima untuk segera kembali ke tanah air pasca menyelesaikan pendidikan pascasarjana. Sehingga sangat cocok untuk pendidik di perguruan tinggi alias dosen. 

Sementara untuk persyaratan khusus di dalam program beasiswa bergengsi ini antara lain: 

  • Memegang gelar master (S2)
  • Memiliki IPK minimal 3.0 (skala 4.0)
  • Memiliki skor TOEFL ITP minimal 575, atau skor TOEFL iBT 90, atau skor IELTS 7.0, atau skor Duolingo 110
  • Berniat untuk mengambil atau kembali ke posisi akademis setelah menyelesaikan gelar. 

Persyaratan Berkas

Adapun untuk persyaratan administrasi saat melakukan pendaftaran program beasiswa Fulbright, adalah sebagai berikut: 

  1. Formulir aplikasi pendaftaran yang sudah diisi, termasuk tujuan studi satu halaman, pernyataan pribadi satu halaman, bibliografi karya tulis Anda yang diterbitkan, dan sampel tulisan akademik. 
  2. Salinan TOEFL ITP terbaru (kurang dari dua tahun) atau yang setara. 
  3. Dua surat referensi, baik dari pemberi kerja atau dosen di universitas. 
  4. Fotokopi transkrip nilai akademik dan ijazah (dalam bahasa asli dan terjemahan bahasa Inggris). 
  5. Salinan dokumen identitas yang masih berlaku (KTP atau paspor).
  6. Daftar Riwayat Hidup. 

Baca Juga :

Contoh Esai Beasiswa Lengkap yang Bisa Dijadikan Acuan

Contoh Motivation Letter Beasiswa yang Baik dan Benar

8 Tips Lolos Beasiswa Doktoral yang Harus Diketahui

Promo HUT 13 Deepublish

Fasilitas atau Cakupan Beasiswa

Beasiswa Fulbright yang disebut beasiswa penuh tentunya memiliki fasilitas atau cakupan yang sangat luas. Saat ini, cakupan program beasiswa ini meliputi beberapa poin berikut ini: 

1. Biaya Pendidikan di AS 

Cakupan beasiswa dari pemerintah AS ini dimulai dari biaya pendidikan. Sehingga selama kuliah pascasarjana di AS tidak akan dibebankan biaya kuliah sedikitpun. Penerima beasiswa bisa fokus belajar dan melaksanakan penelitian sesuai ketentuan. 

2. Biaya Hidup di AS 

Cakupan yang kedua adalah biaya hidup selama menempuh pendidikan pascasarjana di AS. Artinya para peserta akan diberikan biaya bulanan untuk memenuhi kebutuhan harian selama kuliah di AS lewat beasiswa dari AS ini. 

3. Pengurusan Visa 

Peserta yang lolos seleksi beasiswa Fulbright juga akan dibantu pengurusan visa. Sehingga biaya pengurusannya juga akan ditanggung pemerintah AS melalui AMINEF sesuai ketentuan. 

4. Biaya Transportasi Indonesia-AS 

Penerima beasiswa ini juga akan menerima biaya transportasi penerbangan dari Indonesia menuju ke AS untuk tujuan pendidikan. Sehingga tidak perlu risau mengenai biaya pembelian tiket pesawat karena ditanggung pemerintah AS. 

5. Asuransi 

Tak hanya itu saja, beasiswa satu ini diketahui juga mencakup biaya asuransi. Yakni asuransi kesehatan dan asuransi kecelakaan. Sehingga penerima secara otomatis mendapatkan asuransi tersebut selama menempuh pendidikan tinggi. 

Bidang Studi

Lalu, apa saja bidang studi yang bisa didaftarkan dalam program beasiswa Fulbright? Jadi, beasiswa ini diketahui bisa digunakan untuk pendidikan pascasarjana S2 dan S3 untuk semua bidang studi kecuali kedokteran. 

Selama tidak mengambil studi kedokteran, maka diperbolehkan untuk mengikuti pendaftaran atau seleksi beasiswa satu ini. Sehingga nantinya bisa melanjutkan pendidikan pascasarjana di salah satu perguruan tinggi di AS. 

Lebih lanjut, juga diinformasikan bahwa program beasiswa ini diprioritaskan untuk pendidik atau dosen. Sehingga bagi dosen yang belum menempuh pendidikan S3, bisa mencoba mengikuti seleksi program ini karena masuk kategori sasaran utama. 

Bisa juga bagi lulusan S1 di Indonesia yang memiliki rencana menjadi dosen. Maka bisa menempuh pendidikan S2 di AS secara gratis melalui program beasiswa ini. Silahkan melengkapi persyaratan untuk menunjukan rencana menjadi pendidik tersebut. 

Timeline Pendaftaran Beasiswa

Berikut jadwal pendaftaran beasiswa Fulbright tahun 2023 :

Batas Pendaftaran : 15 Februari 2023
Penyaringan Aplikasi : Maret
Seleksi Wawancara : April – Juni
Pengumuman Shortlist : Juni – Juli

Alur Pendaftaran Beasiswa

Lalu, bagaimana proses pendaftarannya? Oleh AMINEF, pendaftaran beasiswa Fulbright dilakukan secara konvensional bukan online. Secara singkat alurnya dimulai dengan mengunduh formulir pendaftaran Fulbright

Selanjutnya, semua formulir dan dokumen di dalamnya dicetak dan diisi sesuai ketentuan. Lengkapi dengan syarat administrasi lain yang sudah dijelaskan sebelumnya, kemudian dikirim ke kantor AMINEF yang berbasis di Indonesia, tepatnya di Jakarta. 

Alamat pengiriman dokumen beasiswa Fulbright :

Intiland Tower, Lantai 11 Jalan Jendral Sudirman Kav. 32

Jakarta 10220

Telp : (021) 579 39 085 ~ 9086

Oleh pihak AMINEF disampaikan sudah disediakan area dropbox untuk menerima aplikasi pendaftaran.

Selain dikirimkan melalui pos atau jasa ekspedisi. Pelamar beasiswa yang tinggal di sekitarnya bisa datang langsung untuk menyerahkan aplikasi ke area dropbox tersebut. 

Cara Daftar 

Cara pendaftaran beasiswa Fulbright dimulai dengan mengunduh dan mengisi form aplikasi pendaftaran. Kemudian dikirimkan melalui pos atau diantar langsung menuju ke alamat yang sudah dijelaskan. 

Pendaftaran maksimal dilakukan sampai 15 Februari 2023 mendatang, sehingga ada jeda waktu kurang dari sebulan untuk memenuhi seluruh persyaratan program. Selanjutnya seleksi akan mulai dilakukan pada bulan Maret. 

Disusul seleksi wawancara yang dijadwalkan akan dilakukan antara bulan April-Juni 2023 mendatang. Pengumuman diperkirakan sudah akan dilakukan pada bulan Juni-Juli 2023. Jadi, jika memang memenuhi kualifikasi silahkan mendaftar beasiswa Fulbright sebelum ditutup. 

Artikel Terkait :

8 Tips Mendapatkan Beasiswa Doktoral

Inilah 10 Beasiswa Selain LPDP untuk Bisa Kuliah Keluar Negeri Gratis

Tips Meraih Beasiswa Kemendikbud, Gampang Banget!

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja