fbpx

Beasiswa S3 Bagi Dosen yang Ingin Melanjutkan Studi Secara Gratis

beasiswa s3
Beasiswa Dosen

Beasiswa S3 diperlukan bagi Anda, seorang dosen yang ingin melanjutkan studi atau mengejar kenaikan pangkat.

Beasiswa S3? Anda punya kesempatan menerima beasiswa ini baik untuk kuliah di dalam atau luar negeri. Melanjutkan S3 secara gratis merupakan impian bagi beberapa orang khususnya mereka yang berasal dari kalangan yang menginginkan beasiswa dosen. Tidak sedikit mereka berlomba-lomba mendapatkan prestasi yang bagus agar memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi baik di dalam maupun di luar negeri. Nah, berikut ini ulasan beberapa beasiswa pendidikan untuk lanjut studi S3 yang bisa kamu coba!

 

  1. Beasiswa Dosen Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN)

Beasiswa S3 yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi ini merupakan salah satu dari beberapa beasiswa yang di sediakan oleh pemerintah Indonesia. Beasiswa S3 dosen ini untuk pengajar maupun tenaga kependidikan dari perguruan tinggi dibawah naungan DIKTI dan memiliki minat dan motivasi kuat untuk melanjutkan studi. Sesuai dengan namanya, ketika kamu mendaftar beasiswa ini, kamu bisa memilih institusi-insititusi pendidikan yang ada di Indonesia.

Beasiswa S3 ini merupakan salah satu beasiswa penuh, yang membiayai semua kebutuhan kamu selama melanjutkan studi. Nah, komponen pembiayaannya meliputi pembiayaan dana kuliah, biaya hidup atau biaya bulanan, akomodasi maupun transportasi.

Jika kamu tertarik mendaftar beasiswa ini, siapkan segala persyaratannya dan bersiaplah untuk proses seleksinya. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa mengunjungi laman beasiswa dikti ini ya. Good luck!

 

  1. Beasiswa Dosen Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN)

Sama halnya dengan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri, beasiswa S3 ini juga dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi. Nah, yang membedakan hanyalah dari segi institusi yang menjadi incaran untuk melanjutkan studi.

Jika, kamu mendapatkan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN) kamu bisa memilih institusi-institusi di luar negeri yang sesuai dengan latar belakang studi kamu. Pada proses seleksinya tentu saja tidak ada yang berbeda antara BPPDN dan BPPLN, yang membedakan hanyalah beberapa persyaratan yang disesuaikan dengan kebutuhan institusi luar negeri.

Perlu kamu ingat juga ya, bahwa semua beasiswa S3 yang ditawarkan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi ini diperuntukan bagi dosen dan tenaga kependidikan yang ingin melanjutkan studi. Jadi jika kamu bukan salah satu dari keduanya maka bisa dipastikan kamu tidak bisa mendaftar beasiswa S3 ini.

 

  1. Beasiswa Dosen Pendidikan Indonesia Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Di Indonesia, selain BPPDN maupun BPPLN, Beasiswa Pendidikan Indonesia Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang disingkat BPI LPDP merupakan salah satu beasiswa S3 yang saat ini banyak diminati. Beasiswa yang diberikan oleh LPDP ini dinaungi oleh beberapa kementerian di Indonesia, salah satunya Kementerian Keuangan.

Banyak program yang ditawarkan oleh BPI LPDP salah satunya adalah program beasiswa doktoral. Sama halnya dengan BPPDN dan BPPLN, BPI LPDP juga menyediakan program beasiswa untuk studi di dalam negeri maupun studi di luar negeri. Nah, untuk persyaratan nya akan ada sedikit perbedaan, salah satunya pada minimal skor bahasa asing yang diperlukan.

Selain itu, pada sesi seleksinya pun juga akan sedikit dibedakan antara yang ingin melanjutkan studi di dalam negeri dengan yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Apa yang membedakan? tentu saja saat wawancara dan sesi diskusi kamu akan diarahkan untuk menggunakan bahasa inggris.

Dari segi pembiayaan BPI LPDP juga hampir sama dengan beasiswa-beasiswa pada umumnya, misalnya memberikan pembiayaan dana kuliah, biaya hidup atau biaya bulanan, uang buku yang diberikan satu kali dalam setahun (diberikan /tahun sesuai masa studi), biaya penelitian, akomodasi maupun transportasi. Besarnya komponen pembiayaan yang diberikan ini membuat beasiswa S3 ini diincar oleh beberapa kalangan akademisi yang ingin melanjutkan studi.

Jadi, buat kamu yang tertarik dengan BPI LPDP siapkan diri dan mental kamu untuk bisa terpilih sebagai awardee beasiswa ini ya!

 

  1. Australian Awards

Australia Awards merupakan salah satu beasiswa studi S3 luar negeri yang diberikan oleh pemerintah Australia. Buat kamu yang tertarik melanjutkan studi S3 di Autralia, maka tidak ada salahnya untuk mencoba program beasiswa yang satu ini. Apalagi program beasiswa ini di buka setiap tahun nya, dengan demikian kesempatan kamu untuk mendaftar dan mendapatkan beasiswa ini tentu lebih besar.

Program yang ditawarkan Australia Awards ini meliputi pembiayaan untuk studi S2 dan S3, tapi biasanya beasiswa ini akan lebih memprioritaskan pada pendaftar yang ingin melanjutkan studi ke S3 lho!

Untuk pembiayaannya agak sedikit berbeda dengan beasiswa-beasiswa yang ada di Indonesia. Ada 3 macam jenis pembiayaan yang diberikan oleh Australia Awards ini diantaranya yaitu hanya membiayai hanya untuk biaya kuliah nya saja, membiayaai hanya untuk tempat tinggal dan biaya hidup selama mengikuti studi di Australia atau yang terakhir membiayai semua pengeluaran dan kebutuhan kuliah serta tempat tinggal termasuk biaya hidupnya.

Buat kamu yang ingin mendapatkan beasiswa ini maka disarankan untuk usaha lebih dan ekstra kerja keras ya. Mengapa ? karena peminat dari beasiswa ini tidaklah sedikit. Jadi mulai dari sekarang mulai di cicil ya syarat-syarat yang diperlukan.

Nah, adapun syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa S3 ini seperti nilai minimal IPK diatas 3, dan harus sudah bergelar S2 jika ingin melanjutkan ke jenjang studi S3, khusus untuk pendaftar S3 biasanya pendaftar yang merupakan dosen universitas (berasal dari lingkungan akademisi maupun peneliti) ataupun dari kalangan pembuat kebijakan pemerintah indonesia akan lebih dipertimbangkan.

Syarat lain yang tidak kalah penting dan merupakan syarat mutlak dalam pengajuan beasiswa adalah skor kemampuan bahasa asing (IELTS/TOEFL), biasanya standar skor untuk nilai IELTS yang diperlukan adalah 6. Untuk syarat lainnya seperti ijazah, KTP, transkrip nilai dan lainnya juga diperlukan, kamu hanya perlu mengupload dokumen tersebut pada saat pendaftaran online saja.

Jika kamu sudah memenuhi segala persyaratan yang diperlukan, maka siapkan diri kamu untuk proses seleksinya ya. Semoga berhasil!

 

  1.  New Zealand International Doctoral Research Scholarships ( NZIDRS)

Beasiswa dari pemerintah Selandia Baru ini diperuntukan bagi pendaftar yang ingin melanjutkan studi S3 dalam bidang atau program riset. Pembiayaan yang diberikan juga cukup besar lho yaitu sebesar

NZ$ 25.000  atau ± sekitar Rp. 221 juta bebas pajak per tahun nya, ditambah lagi dengan biaya asuransi kesehatan sebesar NZ$ 600 per tahun. Nah, buat kamu yang tertarik melanjutkan studi S3 berbasis riset maka sangat disarankan untuk mendaftar program beasiswa ini.

Syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini diataranya yaitu IPK jenjang terakhir 3.7 pada skala 4.0 atau setara dengan nilai A/A+, memperoleh LOA (Letter of Acceptance) unconditional, kamu harus menjalankan studi kuliah di New Zealand dan bukan warga asli New Zealand.

Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa membuka website resmi nya langsung ya. Jika ingin sukses maka jangan malas untuk mencari informasi ya!

 

  1. Fulbright Awards For Indonesian Lecturers

Kamu ingin berkuliah di Amerika Serikat, maka kamu harus mencoba untuk mendaftar beasiswa Fulbright. Banyak program beasiswa yang ditawarkan oleh beasiswa ini. Salah satunya adalah bagi kamu yang sudah menjadi dosen dari perguruan tinggi dibawah naungan dikti dan ingin melanjutkan studi. Kamu bisa mendaftar ke universitas-universitas yang ada di Amerika dan program studi nya disesuaikan dengan minat dan latar studi kamu.

Sangat terbuka peluang bagi kamu yang ingin mengambil bidang matematika, ilmu sosial atau sains, teknik, seni, humaniora, dan sebagaiannya. Nah, untuk persayaratannya hampir sama dengan persyaratan beasiswa lainnya, yang membedakan adalah kamu harus bersedia untuk bekerja di institusi asal kamu selama minimal 5 tahun sebelum masa pensiun, pada saat setelah kamu menyelesaikan program beasiswa untuk dosen indonesia.

Nah, itu dia beberapa program beasiswa S3 yang bisa di coba bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke S3. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

 

Share ke sosial media

RELATED POST

2 replies on “Beasiswa S3 Bagi Dosen yang Ingin Melanjutkan Studi Secara Gratis”

Saya memiliki hasrat yang besar untuk memiliki gelar S3, tetapi keadaan ekonomi yang tdk memungkinkan untuk mewujudkannya. Kuliah S3 akan memerlukan biaya yang tak terhingga besarnya, andaikan ada akademik yang membuka kuliah S3 gratis, Saya siap daftar dan menjadi bagian dari Kampus tersebut.

Natur manusia yang berakal adalah keingintahuannya. Talenta dan kemampuan kognitif adalah anugerah Sang Pencipta yang diberikan kepada manusia untuk dikembangkan itu sebabnya saya secara khusus rindu untuk mengembangkan kemampuan itu namun terbatas pada kemampuan pendanaan. Saya berharap ada orang atau lembaga yang mendukung mengembangkan kemampuan kami. Terima kasih dan berikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322