fbpx

Beasiswa S3 ke Rumania Tahun 2023 Ini Patut Kamu Coba!

Beasiswa S3 ke Rumania Tahun 2023 Ini Patut Kamu Coba

Kuliah di luar negeri menjadi semakin ekonomis dengan adanya program beasiswa, salah satunya beasiswa ke Rumania dengan Romanian Government Scholarship. Beasiswa ini sesuai namanya membantu mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi di negara Rumania. 

Jika selama ini mengincar negara satu ini sebagai destinasi menempuh pendidikan pascasarjana, seperti jenjang S3 (doktoral). Maka bisa mencoba mengikuti seleksinya, dimana pendaftaran akan dibuka sampai 1 Maret 2023 mendatang. 

Romanian Government Scholarship

Program beasiswa ke Rumania ini adalah program beasiswa yang diselenggarakan pemerintah Rumania melalui Kementerian Luar Negeri (Ministry of Foreign Affair atau MFA) untuk mahasiswa asing dari sejumlah negara di dunia, kecuali negara Uni Eropa. 

Program beasiswa ini juga terbuka untuk mahasiswa maupun calon mahasiswa (lulusan SMA sederajat untuk jenjang S1) di Indonesia. Jenjang pendidikan yang didanai oleh program beasiswa ini mencakup jenjang S1, S2, dan S3 (PhD). 

Siapa saja yang merasa sudah memenuhi persyaratan, baik umum maupun khusus serta syarat administrasi. Maka bisa mendaftarkan diri untuk kemudian bisa kuliah gratis ke negara Rumania. 

Beasiswa S3 ke Rumania ini sangat diminati karena menjadi salah satu beasiswa luar negeri yang tidak mensyaratkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris, seperti TOEFL maupun IELTS. 

Sebab bahasa pengantarnya adalah bahasa Rumania yang diajarkan 1 tahun penuh bagi mahasiswa asing sebelum memulai proses perkuliahan. Kursus bahasa Rumania ini sendiri diketahui gratis mencakup beasiswa dari pemerintah Rumania. 

Bidang Studi

Seperti penjelasan sebelumnya, Romanian Government Scholarship ini terbuka untuk berbagai jenjang pendidikan, termasuk jenjang S3. Sehingga beasiswa ini cocok bagi para dosen yang belum memiliki ijazah S3 agar bisa segera menjadi ahli di bidang keilmuan yang dipilih. 

Kabar baiknya, program beasiswa yang diselenggarakan pemerintah Rumania ini terbuka untuk semua bidang keilmuan kecuali tiga, yakni bidang studi kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi. 

Bagi dosen yang ingin menempuh pendidikan S3 gratis di luar negeri, khususnya di Eropa seperti di negara Rumania maka bisa ikut seleksi beasiswa ini. Selama memiliki bidang studi di luar tiga pengecualian tersebut maka tinggal fokus pada persyaratan yang ditetapkan. 

Persyaratan Beasiswa 

Sebagaimana program beasiswa pada umumnya, beasiswa di Rumania ini juga memiliki sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi para pelamar. Persyaratannya adalah: 

  • Semua warga negara asing dari berbagai negara kecuali negara di Uni Eropa, Indonesia kemudian termasuk di dalamnya. 
  • Memiliki ijazah pendidikan dari perguruan tinggi terakreditasi di negara yang mengeluarkan ijazah tersebut. 
  • Memiliki pendidikan yang baik dibuktikan dengan nilai akademik yang baik. 

Baca Juga :

Beasiswa Fully Funded China AUN 2023 Dibuka, Daftar Segera!

Beasiswa Fulbright 2023 – 2024 Telah Dibuka!

Promo HUT 13 Deepublish

Beasiswa Kemenag : Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB)

Persyaratan Administrasi 

Selain wajib memenuhi persyaratan di atas, para pelamar beasiswa S3 ke Rumania ini juga wajib mengirimkan berkas lamaran yang ditentukan. Adapun persyaratan administrasi yang dimaksud antara lain: 

  • Salinan ijazah pendidikan terakhir yang diterjemahkan secara resmi ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol atau Rumania. 
  • Salinan transkrip nilai dan diterjemahkan secara resmi ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania. 
  • Salinan akta kelahiran dan diterjemahkan secara resmi ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania. 
  • Salinan tiga halaman pertama paspor peserta atau kartu identitas peserta yang diterjemahkan secara resmi ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania. 
  • Curriculum Vitae dalam bahasa Inggris atau Prancis. 
  • Khusus untuk jenjang Doktoral (S3), kandidat perlu menyerahkan letter of intent yang berisi daftar karya ilmiah, publikasi khusus, uraian terperinci tentang proyek penelitian yang diusulkan, serta persetujuan tutor, yang harus menjadi anggota yang dipilih. Kedua dokumen harus ditulis dalam bahasa Inggris, Prancis, atau Rumania.

Semua persyaratan administrasi ini perlu dipindai atau di scan satu per satu kemudian diubah ke dalam format PDF. Sebab proses pendaftaran beasiswa dari pemerintah Rumania ini memang dilakukan secara online. 

Fasilitas atau Cakupan Beasiswa

Lalu, apa saja cakupan dari beasiswa satu ini? Beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Rumania ternyata bersifat penuh. Adapun cakupan beasiswa ini antara lain: 

1. Biaya Pendidikan 

Fasilitas atau cakupan beasiswa yang pertama adalah biaya pendidikan. Biaya pendidikan ini diperoleh penerima dari melakukan pendaftaran di universitas tujuan sampai lulus kuliah dan menjalani wisuda. 

2. Biaya Kursus Bahasa Rumania 

Bagi penerima beasiswa dan belum menguasai bahasa Rumania, maka akan mendapatkan fasilitas biaya kursus bahasa Rumania. Kursus ini diketahui berjalan selama satu tahun sebelum menjalani perkuliahan. 

3. Biaya Akomodasi 

Penerima beasiswa juga mendapatkan biaya akomodasi, baik biaya sewa asrama di universitas tujuan mahasiswa. Maupun subsidi biaya sewa di luar asrama. 

4. Biaya Bulanan 

Fasilitas berikutnya adalah biaya bulanan, yakni uang bulanan yang bisa dipergunakan penerima beasiswa di Rumania untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

5. Biaya Transportasi 

Selanjutnya adalah biaya transportasi lokal yang digunakan mahasiswa untuk menempuh perjalanan dari dan menuju kampus. Baik itu untuk moda transportasi bus, kereta, dan lain sebagainya. 

6. Asuransi Kesehatan 

Selama menempuh pendidikan di Rumania, para peserta juga akan mendapatkan asuransi kesehatan. Sehingga bisa mengakses layanan kesehatan secara gratis ketika diperlukan. 

7. Biaya Pengurusan Visa 

Penerima beasiswa juga berhak mendapatkan biaya untuk pengurusan visa ke Rumania. 

Semua fasilitas akan diberikan pemerintah Rumania selama masa studi. Jika masa studi penerima beasiswa lebih panjang dari perkiraan, maka selebihnya akan ditanggung sendiri oleh mahasiswa. 

Misalnya untuk pendidikan jenjang S3, rencana studi berkisar antara 3-5 tahun. Selama masa studi tersebut maka seluruh fasilitas yang sudah dijelaskan tetap akan diterima oleh penerima beasiswa di Rumania. Jika lebih, maka fasilitas tersebut tidak lagi diberikan. 

Alur Pendaftaran Beasiswa

Pendaftaran untuk program beasiswa dari pemerintah Rumania ini dilakukan secara online. Dimulai dengan membuat akun di laman Beasiswa Rumania.

Kemudian mendaftar program dengan mengisi formulir dan melampirkan seluruh berkas yang ditetapkan. Tahap berikutnya adalah menunggu pengumuman, jika hasil seleksi dinyatakan lolos maka bisa segera menempuh pendidikan di Rumania. 

Cara Daftar

Lalu, bagaimana cara mendaftar di program beasiswa yang diselenggarakan pemerintah Rumania ini? Pendaftaran sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya dilakukan secara online. 

Yakni di laman pembuatan akun beasiswa Rumania untuk pembuatan akun dan pengajuan aplikasi pendaftaran. Lampirkan semua dokumen yang diminta di kolom yang disediakan dan tunggu pengumuman hasil seleksinya. 

Pendaftaran yang dilakukan secara online membuat seluruh berkas persyaratan wajib dilampirkan dalam format PDF. Jadi, silahkan menyiapkan seluruh dokumen sesuai format agar bisa dilampirkan dan dinyatakan lulus tahap seleksi berkas atau administrasi. 

Pendaftaran program beasiswa S3 ke Rumania ini dibuka sejak 15 Desember 2022 dan ditutup pada 1 Maret 2023 mendatang. Sehingga masih ada waktu beberapa bulan lagi sebelum pendaftaran ditutup. 

Silahkan dimanfaatkan waktu yang tersisa tersebut untuk memenuhi atau menyiapkan seluruh berkas administrasi. Sehingga bisa lolos di tahap seleksi administrasi yang memperbesar peluang lulus menjadi penerima beasiswa di Rumania tersebut. 

Artikel Terkait :

8 Tips Mendapatkan Beasiswa Doktoral

Contoh Motivation Letter Beasiswa yang Baik dan Benar

Contoh Esai Beasiswa Lengkap yang Bisa Dijadikan Acuan

Di tag : ,

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja