fbpx

Tawaran Beasiswa Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2023/2024

Beasiswa Stipendium Hungaricum Scholarship Programme

Bagi siapa saja yang tertarik menempuh pendidikan tinggi di Hungaria secara gratis, maka bisa mengecek tawaran beasiswa Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2023/2024. 

Pendaftaran program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Hungaria tersebut kembali dibuka sampai 16 Januari 2023 mendatang. Menariknya, program ini dibuka untuk semua jenjang dari S1, S2, sampai S3. Berikut informasi lengkapnya. 

Tawaran Beasiswa Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2023/2024

Program beasiswa Stipendium Hungaricum resmi dibuka pendaftarannya. Hal ini sejalan dengan surat Director for Internationalisation of Higher Education Stipendium Hungaricum Programme nomor: SH00989-001/2022 tanggal 19 Oktober 2022. 

Sehingga dari pihak Ditjen Dikti kemudian merilis surat pengumuman tertanggal 2 November 2022 mengenai tawaran Beasiswa Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2023/2024. 

Program beasiswa ini diketahui diselenggarakan atau disediakan oleh Pemerintah Hungaria kepada masyarakat Indonesia (WNI) yang memenuhi persyaratan. Beasiswa ini juga diketahui mencakup jenjang studi S1, S2, S3, dan studi non gelar di Hungaria. 

Program beasiswa satu ini dibuka pendaftarannya secara online melalui laman https://apply.stipendiumhungaricum.hu/. Pendaftaran maksimal dilakukan pada 16 Januari 2023 pukul 14.00 Waktu Eropa Tengah. 

Meskipun masih jauh, ada baiknya pra peminat tawaran beasiswa Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2023/2024 ini sudah mempersiapkan diri. Salah satunya melengkapi persyaratan administrasi, agar sebelum tanggal 16 Januari 2023 sudah selesai mendaftar. 

Informasi lebih mendalam mengenai detail program beasiswa, persyaratan, sampai tahapan dan jadwal seleksi. Bisa mengunjungi laman https://stipendiumhungaricum.hu/ yang menyediakan informasi lengkap. 

Baca Juga:

10 Tips Menulis Motivation Letter untuk Beasiswa Keluar Negeri

Contoh Esai Beasiswa Lengkap yang Bisa Dijadikan Acuan

Kiat Sukses Menembus Beasiswa Luar Negeri 

14+ Rekomendasi Progam Beasiswa Dosen S3 yang Bisa Diikuti 

Tentang Stipendium Hungaricum Scholarship Programme

Setelah mengetahui tawaran beasiswa Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2023/2024, maka silahkan mulai mempersiapkan diri. Program beasiswa ini sendiri adalah beasiswa dari pemerintah Hungaria untuk mahasiswa asing dari berbagai negara. 

Beasiswa ini sendiri sesuai penjelasan sebelumnya dibuka untuk masyarakat internasional di berbagai negara termasuk Indonesia. Selain itu dibuka untuk semua jenjang pendidikan mulai dari S1 sampai S3 dan bahkan pendidikan non gelar seperti pertukaran pelajar. 

Program beasiswa yang disediakan pemerintah Hungaria ini diketahui pertama kali dirilis di tahun 2013 lalu dan masih disediakan sampai sekarang. Setiap tahunnya, pemerintah Hungaria memberi fasilitas pendidikan tinggi gratis di negaranya kepada masyarakat dunia. 

Memasuki kuartal akhir di tahun 2022, Pemerintah Hungaria resmi mengumumkan pembukaan pendaftaran beasiswa tersebut untuk tahun ajaran 2023/2024. Tahun ini, Hungaria menyediakan kuota 110 mahasiswa untuk masyarakat di Indonesia. 

Adapun bidang studi yang bisa diambil para pelamar dalam program Beasiswa Stipendium Hungarcum Sholarschip Programme ini ada ebberapa. Dimulai dari Ilmu Pengetahuan Alam, Teknologi Informasi dan Ilmu Teknik, Ekonomi, Ilmu Seni, dan Keolahragaan. 

Kabar baiknya, program beasiswa yang dikelola langsung oleh pemerintah Hungaria ini memiliki cauan biaya penuh. Berikut detailnya: 

  • Biaya Pendidikan 

Beasiswa Stipendium Hungaricum mencakup biaya pendidikan sesuai jenjang pendidikan yang diambil dalam proses pendaftaran. Sehingga para peserta yang berhasil lolos seleksi akan dibebaskan dari biaya pendidikan sampai lulus. 

  • Biaya Kebutuhan Bulanan 

Peserta penerima program beasiswa Stipendium Hungaricum nantinya juga akan mendapatkan biaya hidup bulanan. Artinya per satu bulan sekali akan mendapatkan biaya hidup dan bisa disebut sebagai gaji selama kuliah. 

Adapun besaran biaya bulanan yang diterima adalah HUF 43,700 atau sekitar Rp 1.7 – Rp 2 jutaan per bulan. Namun, dilansir dari berbagai sumber, penerima beasiswa ii juga ada kemungkinan menerima uang bulanan mencapai Rp 6 jutaan per bulan. 

  • Biaya Akomodasi 

Program beasiswa Stipendium Hungaricum juga mencakup biaya akomodasi, dimana disediakan asrama gratis bagi para penerima beasiswa. Namun, bagi penerima yang tidak kebagian atau jarak tempuh kampus dengan asrama jauh. 

Maka dibebaskan untuk tinggal di luar asrama dan sebagai gantinya akan diberikan uang sebesar HUF 40.000 per bulan. Uang ini bisa digunakan penerima beasiswa untuk membayar sewa tempat tinggal selama kuliah gratis di Hungaria. 

  • Biaya Asuransi Kesehatan 

Beasiswa dari pemerintah Hungaria ini juga mencakup biaya asuransi kesehatan. Dimana per tahun mencapai HUF 63.000. Sehingga penerima beasiswa akan menerima kartu asuransi dan bisa mendapatkan layanan kesehatan secara gratis. 

Baca Juga:

Mengenal Semua Seluk-Beluk Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia 

Inilah 10 Beasiswa Selain LPDP Untuk Bisa Kuliah Keluar Negeri Gratis 

Yuk Ikuti Progam Beasiswa Kuliah S1 Sampai S3 di Jepang Dari Rotary Yoneyema

Ingin Lolos Beasiswa S3 Luar Negeri? Simak Ini

Persyaratan Program Beasiswa 

Merasa tertarik dengan tawaran beasiswa Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2023/2024? Jika iya, maka bisa mencoba memenuhi berbagai syarat yang ditetapkan. Berikut adalah syarat umum yang wajib dipenuhi: 

  1. Mahasiswa internasional serta mendapat rekomendasi dari lembaga pendidikan di negara asal (khusus mahasiswa Indonesia, harus mendapatkan rekomendasi Kemendikbud Ristek)
  2. Berusia minimal 18 tahun.
  3. Memenuhi syarat kemampuan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi di Hungaria.
  4. Mendaftar ke universitas dan jurusan yang ditawarkan oleh beasiswa. 

Selain syarat umum di atas, para peserta pendaftaran juga wajib memenuhi syarat administrasi dengan menyiapkan dokumen berikut: 

  1. Formulir pendaftaran online.
  2. Esai motivasi beasiswa.
  3. Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris (IELTS, TOEFL, atau sertifikat kemampuan berbahasa Inggris lainnya yang diakui) atau kemampuan berbahasa Hungaria (sesuai ketentuan program studi pilihan pendaftar).
  4. Ijazah terakhir dan terjemahannya dalam bahasa program studi pilihan atau bahasa Hungaria.
  5. Transkrip nilai dan terjemahannya dalam bahasa program studi pilihan atau bahasa Hungaria.
  6. Sertifikat prestasi akademik dan terjemahannya dalam bahasa program studi pilihan atau bahasa Hungaria.
  7. Surat keterangan sehat dan terjemahannya menggunakan format yang sudah ditentukan.
  8. Salinan Kartu Tanda Penduduk.
  9. Salinan paspor yang masih berlaku.
  10. Surat tanda terima pendaftaran.
  11. Portofolio atau Audio Portofolio untuk pendaftar program seni.
  12. Rencana penelitian dalam bahasa program studi pilihan (untuk pendaftar program S3).
  13. Dua surat rekomendasi dari pembimbing akademik atau supervisor dalam bahasa program studi pilihan (untuk pendaftar program S3).
  14. Statement of Supervisor (apabila diminta oleh universitas pilihan, untuk pendaftar program S3).
  15. Surat izin (Letter of Permission) dari universitas asal bagi pendaftar yang merupakan dosen tetap dan NIDN (untuk pelamar program S3). 

Jadi, bagi siapa saja yang tertarik untuk mengikuti seleksi beasiswa dari pemerintah Hungaria ini. Silahkan mengecek seluruh persyaratan yang disebutkan di atas, jika memang memenuhi silahkan dipersiapkan. 

Setelahnya bisa langsung mendaftar, tidak perlu menunggu waktu mepet di hari penutupan sebab rentan melakukan kesalahan karena gugup. Tak hanya itu saja, karena beasiswa satu ini pendaftarannya online. 

Maka praktis seluruh dokumen atau persyaratan administrasi perlu disiapkan dalam format digital. Cek situs pendaftaran beasiswa untuk mengetahui format seluruh dokumen yang akan dilampirkan agar bisa disiapkan jauh-jauh hari. 

Sesuai dengan apa yang disampaikan di dalam situs resmi STipendium Hungaricum Scholarship. Pendaftaran dibuka sejak 29 Oktober 2022 sampai 16 Januari 2023 mendatang. Seleksi administrasi rencananya dilakukan bulan Januari-Februari 2023. 

Tahap berikutnya adalah evaluasi dari institusi penerima di Hungaria yang direncanakan pada bulan Maret-Mei 2023. Sedangkan pengumuman aan dilakukan pada Mei-Juni 2023 mendatang. 

Artikel Terkait:

Kemenristekdikti Siapkan 1000 Beasiswa Untuk Dosen 

Sasaran Beasiswa Pendidikan Pasca Sarjana Dalam Negeri

Syarat Pengajuan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia 

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mendaftar Beasiswa Dikti!

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja