fbpx

Info Beasiswa Turkiye Burslari 2023 [Terbaru!]

Info Beasiswa Turkiye Burslari 2023 [Terbaru!]

Kuliah di luar negeri terasa semakin mudah berkat adanya program-program beasiswa, dan salah satunya adalah Beasiswa Turkiye Burslari 2023. Dilihat dari namanya tentu bisa ditebak jika program ini untuk beasiswa kuliah di negara Turki. 

Jika selama ini memiliki impian bisa kuliah di negara tersebut, maka bisa mencoba ikut peruntungan dalam seleksi program beasiswanya. Supaya memiliki kesempatan besar untuk lulus seleksi, maka pelajari lebih dalam mengenai program beasiswa satu ini. 

Sekilas Tentang Beasiswa Turkiye Burslari 

Program Beasiswa Turkiye Burslari 2023 merupakan program pendanaan untuk pendidikan tinggi baik program bergelar (jenjang S-1, S-2, dan S-3) maupun program tanpa gelar seperti program bahasa Turki yang diberikan kepada mahasiswa internasional. 

Program beasiswa ini sendiri diketahui diselenggarakan dan didanai oleh pemerintah Turki untuk mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia. Lebih lanjut, program ini terselenggara di bawah naungan Presidency for Turks Abroad and Related Communities (YTB). 

Lewat program beasiswa ini, mahasiswa dan calon mahasiswa di Indonesia bisa kuliah di Turki secara gratis. Sifatnya sendiri penuh, sehingga cakupan beasiswanya tak hanya biaya pendidikan akan tetapi juga biaya hidup dan fasilitas tambahan lainnya. 

Jenis program Beasiswa Turkiye Burslari 2023 beragam, mulai dari Undergraduate Scholarship Program (jenjang S-1), Graduate Scholarship Program (jenjang S-2 dan S-3), sampai Art Scholarship Program (jenjang S-1, S-2, dan S-3 untuk jurusan seni – seni musik, seni rupa, dan lain-lain). 

Program beasiswa satu ini kemudian cocok dipertimbangkan oleh calon maupun para dosen di Indonesia yang ingin menempuh pendidikan S-2 maupun S-3 dari Turki. Beasiswanya yang bersifat penuh membuat peminatnya selalu tinggi, maka perlu persiapan agar lulus seleksi. 

Kriteria

Meskipun bukan satu-satunya program beasiswa yang bisa mengantarkan mahasiswa di Indonesia untuk kuliah gratis di Turki. Ternyata, jumlah mahasiswa internasional di Turki sebagian besar didanai oleh program ini. 

Hal ini menunjukan jika program beasiswa Turkiye Burslari 2023 memang bergengsi. Jika tertarik, maka penuh dulu beberapa kriteria berikut yang berkaitan dengan prestasi akademik (nilai akademik) dan usia. 

Prestasi Akademik Minimal 

Kriteria pertama adalah terkait prestasi akademik minimal yang harus dimiliki calon penerima program beasiswa. Berikut detailnya: 

  • Beasiswa Undergraduate Scholarship Program (jenjang S-1) minimal prestasi akademik 70%. 
  • Beasiswa Graduate Scholarship Program (jenjang S-2 dan S-3) minimal prestasi akademik 75%. 
  • Beasiswa untuk Health Science (Ilmu Kesehatan – jurusan kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi) minimal prestasi akademik 90%. 

Usia Penerima 

Kriteria kedua di dalam program Beasiswa Turkiye Burslari 2023 adalah berkaitan dengan usia. Jadi, di jenjang tertentu usia penerima dibatas dan berikut adalah detailnya: 

  1. Program Sarjana usia peserta di bawah 21 tahun. 
  2. Program Master (S-2) usia peserta di bawah 30 tahun. 
  3. Program PhD (S-3) usia peserta di bawah 35 tahun. 
  4. Beasiswa penelitian usia peserta di bawah 40 tahun. 

Baca Juga :

Beasiswa Fully Funded China AUN 2023 Dibuka, Daftar Segera!

Beasiswa S3 ke Rumania Tahun 2023 Ini Patut Kamu Coba!

Promo HUT 13 Deepublish

Beasiswa Kemenag : Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB)

Persyaratan Beasiswa 

Calon penerima beasiswa selain harus memenuhi kriteria dari segi prestasi akademik dan usia tersebut. Juga wajib memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan, yaitu: 

  1. Warga negara dari semua negara, kecuali dari Turki. 
  2. Lulusan atau yang akan lulus pada akhir tahun akademik berjalan (sebelum Agustus 2022).
  3. Merupakan peneliti dan akademisi.

Program beasiswa ini dijelaskan tidak untuk warga negara Turki maupun masyarakat yang sudah kehilangan status kewarganegaraan Turki. Sehingga murni ditujukan untuk mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia. 

Persyaratan Berkas

Calon peserta beasiswa Turkiye Burslari 2023 yang akan mendaftar, maka perlu menyiapkan beberapa berkas administrasi. Semua berkas ini nantinya akan dilampirkan saat melakukan pendaftaran online melalui Türkiye Scholarships Application System (TBBS).

Adapun syarat administrasi atau berkas-berkas yang wajib dilampirkan saat melakukan pendaftaran antara lain: 

  • Kartu identitas yang masih berlaku, KTP atau paspor
  • Foto kandidat yang diambil dalam 1 tahun terakhir
  • Hasil ujian nasional (bila ada)
  • Diploma atau sertifikat kelulusan sementara
  • Transkrip nilai. 
  • Hasil ujian internasional (GRE, GMAT, SAT, dll.) jika diminta oleh universitas atau program yang dipilih
  • Hasil tes bahasa internasional seperti TOEFL, DELF jika diperlukan oleh universitas atau program yang dipilih
  • Proposal untuk topik penelitian dan contoh tertulis dari penelitian yang telah Anda lakukan (hanya untuk aplikasi PhD). 

Cakupan Beasiswa

Program Beasiswa Turkiye Burslari 2023 merupakan beasiswa penuh, cakupan beasiswanya pun luas dan berikut beberapa diantaranya: 

1. Biaya Pendidikan 

Cakupan yang pertama adalah biaya pendidikan, yaitu pendanaan untuk menanggung biaya selama kuliah di kampus tujuan. Selain itu, juga menyediakan dana khusus untuk membeli kebutuhan kuliah seperti buku-buku. 

2. Biaya Akomodasi 

Penerima beasiswa dari pemerintah Turki ini juga berhak mendapatkan biaya akomodasi. Artinya, para peserta akan mendapat fasilitas tempat tinggal gratis selama menempuh pendidikan sesuai ketentuan program. 

3. Biaya Transportasi 

Pemerintah Turki juga menyediakan fasilitas biaya transportasi. Yakni untuk biaya pembelian tiket pesawat dari negara asal menuju ke Turki. Sekaligus dari Turki ke negara asal penerima saat sudah menyelesaikan pendidikannya. 

4. Uang Saku Bulanan 

Penerima beasiswa Turkiye Burslari 2023 juga berhak mendapatkan uang saku bulanan. Besarannya adalah 1000 TL di tingkat sarjana, 1.400 TL di tingkat Master dan 1.800 TL di tingkat PhD per bulan. 

5. Asuransi Kesehatan 

Penerima beasiswa juga berhak mendapatkan asuransi kesehatan. Sehingga selama menempuh pendidikan lewat program ini, penerima bisa mengakses layanan kesehatan dengan mudah dan gratis. 

6. Kursus Bahasa Turki 

Sebagian besar perkuliahan di Turki menggunakan bahasa Turki, meskipun ada beberapa yang memakai bahasa pengantar bahasa Inggris. Bagi pemilih jurusan dengan bahasa pengantar Turki akan disediakan kursus bahasa Turki gratis selama 1 tahun. 

Tahapan Pendaftaran

Proses seleksi penerima beasiswa pendidikan tinggi dari Turki ini diketahui memiliki lima tahapan seleksi. Yaitu: 

  • Seleksi administrasi, merupakan seleksi secara administrasi dan kelayakan dari pemenuhan kriteria dan persyaratan lainnya. 
  • Seleksi dari tenaga ahli, merupakan tahap seleksi yang dilakukan oleh tenaga ahli berdasarkan hasil seleksi administrasi. 
  • Tes tertulis, merupakan tes tertulis untuk mengetahui kemampuan akademik kandidat lewat tes matematika, geometri, dan lain-lain. 
  • Tes wawancara, merupakan proses wawancara kepada kandidat atau calon penerima beasiswa untuk mendapatkan penjelasan dari beberapa pertanyaan yang diajukan selama 15-30 menit. 
  • Seleksi tahap akhir, yaitu seleksi kelayakan apakah calon peserta layak mendapatkan program beasiswa atau tidak untuk kemudian akan diumumkan oleh pihak panitia. 

Cara Daftar

Bagaimana cara mendaftar ke program Beasiswa Turkiye Burslari 2023? Pendaftaran dilakukan secara online, dan berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka situs Türkiye Scholarships Application System (TBBS), yakni di laman Beasiswa Turkiye Burslari.
  • Silahkan registrasi akun dengan mengisi form pendaftaran yang disediakan. 
  • Lampirkan seluruh dokumen persyaratan yang sudah dijelaskan sebelumnya. 
  • Memilih universitas dan program studi tujuan di negara Turki. 
  • Membuat esai yang menjabarkan kelebihan diri, harapan, dan tujuan-tujuan di masa mendatang berkaitan dengan program beasiswa yang disediakan. 
  • Lakukan pendaftaran dan menunggu hasil seleksi diumumkan. 

Artikel Terkait :

Beasiswa Fulbright 2023 – 2024 Telah Dibuka!

8 Tips Lolos Beasiswa Doktoral yang Harus Diketahui

14+ Rekomendasi Program Beasiswa Dosen S3 yang Bisa Diikuti

Di tag : ,

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja