fbpx

Sekilas Tentang Beasiswa Unggulan Masyarakat Beprestasi

beasiswa unggulan
beasiswa unggulan masyarakat berprestasi via beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali memberikan beasiswa kepada putra-putri bangsa yang memiliki prestasi. Dimana prioritas utama program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi diperuntukan bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi ke S1, S2, dan S3.

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa baru maupun bagi mahasiswa yang sedang menempuh masa studi pada masing-masing jenjang S1, S2, dan S3 (on going).

tes banner iklan

Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang mendukung percepatan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Program ini terdiri dari Beasiswa Degree dan Beasiswa Non-Degree.

Beasiswa Degree dikhususkan untuk peraih medali Olimpiade Sains Internasional (OSI) atau kejuaraan Internasional bidang lainnya yang dilaksanakan oleh Kemendikbu dan masyarakat berprestasi tingkat nasional atau internasional disegala bidang dan umum (kecuali dosen).

Sementara untuk Beasiswa Bantuan Non-Degree diperuntukkan bagi masyarakat berpretas (guru, tenaga kependidikan pada tingkat PAUD sampai dengan SMA/SMK, pegiat budaya, seniman dan pegiat sosial kecuali Dosen) untuk mengikuti program residensi, menjadi pembicara dalam workshop atau konferensi, utamanya bidang pendidikan dan kebudayaan.

Besaran anggaran untuk Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi menurut Buku Panduan Program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi (Petunjuk Teknis Pelaksaanaan Tahun 2016), disesuaikan  dengan peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 95 tahun 2013, diatur dan ditetapkan melalui surat keputusan Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri selaku Kuasa Pengguna Anggaran.

Lebih lanjut, untuk penyaluran Beasiswa Unggulan melalui mekanisme pembayaran secara langsung (LS) dari Kantor Perbendaharaan Negara berdasarkan usulan pembayaran dari Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri kepada rekening penerima (Perguruan Tinggi atau perorangan).

Adapun komponen maksimal beasiswa berupa biaya pendidikan (tuition fee), biaya hidup, dan biaya buku. Terlepas dari pemberian hak dan kewajiban yang harus dipenuhi, terdapat pula sanksi berupa  pemberhentian pemberian beasiswa kepada penerima apabila melakukan hal-hal seperti berikut:

  1. Melebihi batas masa belajar yang ditetapkan;
  2. Tidak menepati perjanjian beasiswa;
  3. Menerima beasiswa lain yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat dalam komponen yang sama;
  4. Terlibat tindak pidana;
  5. Terlibat penyalahgunaan narkotika, obat terlarang, dan zat adiktif.

Pelaksanaan pendaftaran untuk Beasiswa Unggulan dalam negeri dan beasiswa dalam negeri berlangsung selama 2 bulan, dimana pendaftaran dibagi menjadi 2 batch.  Batch 1 pendaftaran dibuka pada tanggal 15 Februari  sampai dengan pertengahan April 2017.

Baca juga: 6 Poin Penting Pada Menu Website Silemkerma

Sementara untuk Batch 2 pendaftaran dapat dilakukan mulai bulan  Juni  dan ditutup pada 31 Juli 2017. Pendaftaran Beasiswa Degree dilakukan secara online melalui website ini dan Beasiswa Non-Degree tidak dilakukan pendaftaran secara online.

Proses seleksi Program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dilakukan secara administrasi dan wawancara. Seleksi administrasi dilakukan setelah pendaftar telah mengajukan usulan beasiswa baik secara online maupun mengirim berkas secara langsung.

Pada tahap ini hanya pendaftar yang berkasnya telah dinyatakan lengkap sesuai dengan ketentuan pendaftaran Beasiswa Unggulan yang dinyatakan lolos untuk selanjutnya melakukan seleksi wawancara.

Setelah pendaftar beasiwa lolos seleksi administrasi, selanjutnya akan dilakukan wawancara dan diwajibkan membawa seluruh data asli sesuai dengan data yang digunakan saat pendaftaran.

Pelaksanaan seleksi administrasi dan wawancara dilakukan selama satu bulan pada masing-masing batch, dimana Batch 1 dilakukan pada pertengahan April sampai Mei 2017 dan Batch 2 pada Agustus 2017. Informasi lebih lanjut silakan klik website ini. Selamat Mencoba!

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322