fbpx

Solusi Bisnis Online Dimasa Pandemic Pada Rumah Tahsin Al Hikam

Solusi Bisnis Online Dimasa Pandemic Pada Rumah Tahsin Al Hikam
sumber foto : shutterstock.com

Saat ini belajar pemasaran melalui media online (bisnis online) atau sering disebut digital marketing merupakan salah satu cara yang wajib dicoba dan dilakukan oleh setiap orang yang usahanya atau ekonominya tidak ingin tergerus oleh perkembangan zaman.

Belajar pemasaran online bisa dilakukan oleh siapa saja, tua muda, wanita karier, Ibu Rumah tangga, guru dan termasuk para santri sekalipun, Pasalnya, saat ini sudah banyak lulusan pesantren yang juga mengikuti arus perkembangan teknologi dengan mempelajari digital marketing. Rasanya kurang tepat, jika anda berpikir bahwa lulusan pesantren hanya mempelajari ilmu-ilmu agama dan mengaji saja. Karena di samping itu, lulusan santri juga harus bisa mengikuti arus perkembangan teknologi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Baca juga : Kegiatan PKM Dosen Universitas Pamulang

Alasan itulah yang mendorong para dosen dari Prodi Manajemen S1 dan mahasiswa Universitas Pamulang untuk mengadakan kegiatan berupa Pengabdian kepada Masyarakat disalah satu Rumah Tahsin di Tangerang Selatan, yaitu tepatnya di rumah Tahsin dan Tahfidz Al-Hikam, Pondok Kacang Kacang Timur.

Sumber foto : Agus sudarsono, S.E., M.M

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi dan memberikan penyuluhan dalam mengelola dan memikirkan tata kelola yang efektif tentang solusi mengembangkan potensi para santri maupun para guru santri untuk belajar bisnis online sebagai upaya pencapaian tujuan membangun perekonomian untuk rumah Tahsin dan Tahfidz Al – Hikam. Program yang diusulkan diberi tema ”Solusi Bisnis Online Dimasa Pandemic Pada Rumah Tahsin Al Hikam, Pondok Kacang Timur, Tangerang Selatan”.

Bentuk dari program ini adalah pengembangan para santri dan guru serta masyarakat dalam memanfaatkan teknologi dan internet marketing yang dampak positifnya bagi para santri maupun tenaga pengajar para rumah tahfidz dan tahsin Al-Hikam yaitu mampu membuka usaha sendiri dan peningkatan pendapatan ekonomi. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan menggunakan berbagai metode, seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta pendampingan bagi masyarakat secara rutin.

Sumber foto : Agus sudarsono, S.E., M.M

Program ini mempunyai hasil dan tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan sebuah usaha dan kemampuan untuk berdagang secara online untuk perbekalan di masa yang akan datang. Inilah yang dilakukan oleh para dosen Universitas Pamulang prodi manajemen S1 ditengah – tengah kondisi pandemi covid-19 tetap melaksanakan kegiatan pengabdian wujud dari pelaksanaan Tri Dharma perguruan Tinggi.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 03 – 04 Oktober 2020. Acara pengabdian masyarakat tersebut berjalan lancar meski ditengah-tengah pandemi covid 19 dengan tetap melaksanakan protokol yang dianjurkan pemerintah yaitu dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Sumber foto : Agus sudarsono, S.E., M.M

Acara dibuka oleh MC yaitu Ibu Purwanti, S.E., M.M, sambutan ketua Pengabdi oleh Mada Faisal Akbar, S.E., M.M dan diteruskan sambutan dari Ketua Yayasan Rumah tahsin Al Hikam yaitu bapak Abdul Majid, ST., M.Si. Peserta terlihat antusias ketika Aris Ariyanto, S.E., M.M. memberikan materi tentang bagaimana cara memulai sebuah bisnis online dan bagaimana cara menjalankannya. Acara semakin meriah ketika Ivantan S.E., M.M. memberikan kuis dan doorprize pada season ice breaking. Acara berjalan dengan lancar dan tertib sesuai yang diharapan panitia. Kemudian acara ditutup dengan doa oleh Agus Sudarsono, S.E., M.M.

Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk para santri dan maupun tenaga pengajar rumah Tahsin Al Hikam guna pembekalan dan pengembangan potensi di masa yang akan datang dan belajar berdagang dimana berdagang ini merupakan salah satu yang dilakukan baginda Nabi Muhammad SAW, sedangkan pada zaman kita sekarang salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi, usaha secara online dimasa sekarang ujar Ketua Yayasan Al Hikam.

Harapan kedepannya kegiatan seperti ini semoga dapat membantu pengembangan potensi diri para santri, tenaga pengajar dan masyarakat setempat untuk mensejahterakan perekonomian para santri serta para pengajar dimasa mendatang.

Ditulis oleh: Agus sudarsono, S.E., M.M
Editor : Pujiati

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132