fbpx

Call For Paper: Galang Kekuatan Lewat Konferensi Internasional bersama EECSI

Inilah syarat Call for Paper dalam rangka Konferensi Internasional Electrical Engineering, Computer Science and Informatics (EECSI) 2017 pada 19-21 September di Yogyakarta.

Call for paper merupakan artikel ilmiah yang dirancang berdasarkan dengan penelitian, kajian ataupun observasi. Hasil Call for paper dikemas lebih ringkas, padat dan jelas. Esensi dari karya ilmiah ini adalah memberikan solusi dan alternatif terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menyelenggarakan konferensi Electrical Enggineering, Computer Science and Informatics (EECSI). Konferensi kali ini juga melibatkan Perguruan Tinggi ternama dari beberapa Perguruan Tinggi (PT) di luar Yogyakarta. Seperti Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sriwijaya, Universitas Budi Luhur, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Sultan Agung, dan IAES Indonesia.

Sebagai negara berkembang, memaksimalkan sumber intelektual dan peneliti menjadi hal penting. Sama halnya dengan konferensi yang dikhususkan untuk para peneliti, ilmuan, mahasiswa, praktisi, insiyur, dan akademisi. Acara yang diselenggarakan Grand Mercure, Jalan Laksda Adi Sucipto No. 80 Yogyakarta, akan diisi dengan diskusi.

Diskusi yang diangkat berkenaan dengan hasil temuan penelitian terbaru, yang dikemas dan dibentuk dalam bentuk call for paper. Informasi lebih lanjut terkait konferensi, bisa menghubungi ke Fakultas engineering, UGM, atas nama Balza Achmad. Bisa juga menghubungi ke 081227692491 atau ke emal [email protected]

Bentuk call for paper tersebut bervariasi. Berikut beberapa bidang yang terkait, seperti temuan tentang instrumentasi, robotika, kontrol, sinyal, soft computing, gambar/pemprosesan video, elektronika daya.  Konferensi internasional EECSI tahun 2017 kali ke empat. Rencana, acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 19 September hingga 21 September 2017.

Konferensi ini disponsori oleh Organisasi Internasional yang disebut dengan IEEE, sebagai organisasi nirlaba. IEEE merupakan kepanjangan dari Institute of Electrical and Eletranics Engineers. Sesuai namannya, organisasi ini beranggotakan para ahli di bidang teknik.

Tugas anggota-anggota IEEE yaitu mengembangkan teknologi dan meningkatkan harkat kemanusiaan. IEEE saat ini sudah memiliki 415.000 anggota yang tersebar di 150 negara. Setiap negara memiliki koordinator masing-masing yang ditunjuk.

Aktivitas utama anggota IEEE adalah membuat standarisasi, publikasi terhadap standard teknik, dan pengadaan konferensi yang telah disebutkan di atas. Saat ini, IEEE bermarkas di New York.

 

Syarat dan ketentuan Call for Paper EECSI

Syarat dan ketentuan call for paper ada beberapa poin penting seperti yang tertera di bawah ini.

  • Mengumpulkan abstrak, yang belum pernah di publikasikan. Panjang paper maksimal 2 halaman. Batas maksimal paper tidak lebih dari 6 halaman.
  • Peserta melakukan pendaftaran online ke EDAS, atau masuk ke link ini selanjutnya, mengirimkan paper. Di tahap ini, peserta mengikuti empat langkah. Pertama, membuat akun. Kedua, Ketiga, mengisi profil penulis dan terakhir mengirimkan paper yang sudah disiapkan sebelumnya. Berkaitan dengan paper, berikut format template paper dari IEEE di link ini
  • Paper yang masuk, akan diseleksi oleh tiga juri khusus. Adapun kriteria penilaian call for paper, yang meliputi penilian perihal orisinalitas tulisan, menilai relevansi hasil penelitian, signifikansi dan kejelasan presentasi.
  • Penilaian call for paper yang masuk akan diumumkan kepada penulis. Waktu penilaian umumnya memakan waktu 4-8 minggu.
  • Berikut adalah waktu penting yang diperhatikan calon peserta.
  1. Pendaftaran 15 April 2017
  2. Batas waktu penyerahan akhir call for paper 30 Juli 2017
  3. Pengumuman peserta yang lolos seleksi 15 Juni 2017

 (Baca juga: Pensiun Dosen Swasta Tetap Bisa Mengajar Menggunakan NIDN)

Pedoman Umum Penyusunan Call for Paper

Secara umum, paper yang dikumpulkan harus sesuai standard IEEE. Format file sesuai dengan template yang sudah terstandar menurut IEEE, baca di sini. Abstrak panjang (extended abstract) ditulis dalam Ms Word sepanjang 4-6 halaman, sudah termasuk gambar, tabel, teks dan referensi. Tidak disarankan lebih dari 6 halaman.

Penulisan Call for Paper menggunakan bahasa Inggris resmi. Disarankan menggunakan checker bahasa Inggris untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Penggunaan bahasa Inggris yang kacau, akan ditolak. Jangan lupa, sertakan data penting dari penulis. Misalnya mencantumkan nama penulis, afiliasi, dan alamat email yang dapat dihubungi.

Di dalam diskusi Call for Paper akan mendatangkan tiga pakar ahli di bidangnya. Ketiga pembicara ada Dr. Ir. Suhono H. Supangkat, Profesor Teknologi Informasi, dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Mendatangkan pula pakar dari Malaysia, Dr. Nik Rumzi Nik Idris. Ia dari Associate Professor of Power Electronics & Drives, dari Universitas Teknologi Malaysia. Pembicara terakhir, professor di bidang Robotics & Automation, dari Agni College of Technology, Chennai, India Dr. Srinivasan Alavandar.

Kedatangan para professor dan peneliti dari beberapa negara ini menjadi daya tarik. Secara tidak langsung, mendorong para calon peneliti muda lebih bersemangat dalam menulis Call for Paper untuk kemajuan dan kesejahteraan Indonesia. Semoga, postingan ini bisa menjadi jalan untuk Indonesia lebih baik, dan melahirkan peneliti terus aktif meneliti dan menuliskannya.

Referensi:

  1. EECSI 2017 Conference, <http://eecsi.org/2017/>
  2. Wikipedia, “Institute Electrical and Engineers <https://id.wikipedia.org/wiki/Institute_of_Electrical_and_Electronics_Engineers

Foto: EECSI 2017

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja