fbpx

Simlibtabmas Infokan Call for Proposal Program Penelitian e-ASIA JRP 9th Call untuk Dosen

Simlibtabmas infokan e-ASIA JRP
The e-ASIA Joint Research Programe. (Sumber: google)

Kementerian Riset dan Teknolog/Badan Riset dan Teknologi dan Inovasi Nasional (Kemenritek/BRIN) Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan, melalui Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (Simlibtabmas) infokan tentang Penerimaan Proposal Penelitian e-ASIA Joint Researh Program (e-ASIA JRP) 9th Call, kepada ketua LP/LPM/LPPM PTN, PTS dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I s/d XIV.

Salah satu kewajiban dosen dan peneliti ialah mendiseminasikan hasil penelitiannya melalui berkala ilmiah dan temu ilmiah. Jati diri dosen yang juga sebagai peneliti akan meningkat, apabila hasil penelitiannya disampaikan pada forum ilmiah internasional yang bergengsi. Yaitu melalui seminar dan publikasi ilmiah pada jurnal ilmiah yang terindeks di pangkalan data bereputasi internasional.

Ketentuan publikasi dan seminar juga merupakan suatu usaha untuk mendorong peningkatan jumlah keluaran hasil penelitian yang berupa publikasi terutama publikasi internasional.

Terkait dengan adanya kerjasama e-ASIA Joint Research Program (e-ASIA JRP) tersebut, Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kemenristek/BRIN Ocky Karya Radjasa melalui laman simlitabmas.ristekdikti.go.id mengiformasikan, menyampaikan informasi terkait Call for Proposal bagi para dosen Perguruan Tinggi untuk mengusulkan proposal penelitian.

Bidang Fokus dan Topik Penelitian adalah sebagai berikut:

  • Bidang Fokus Agriculture, meliputi topik Functional Food and Native Chicken
  • Bidang Fokus Health Research, meliputi topik:
    1. Infectious Diseases (including AMR)
    2. Cancer
    3. Mental Health
  • Fokus Health Research, meliputi topik
  • Bidang Fokus Advanced Interdisciplinary Research Towards Innovation, meliputi topic:
  1. Water Resource Managemen
  • Bidang Fokus Environment, meliputi topik
  1. Climate Change Impact on Natural and Human Systems.

Dalam laman Simlibtabmas, bagi dosen yang mengikuti program ini, diharap untuk memperhatikan batas waktu pengusulan proposal, yaitu pada tanggal 23 April 2020.

Untuk mengetahui informasi lebih detail Anda dapat melihat dalam laman www.the-easia.org dan panduan terlampir. Atau dapat menghubungi Adhi Indra Hermanu ([email protected]) atau Anggun Amalia Fibriyanti ([email protected]).

Panduan masing-masing bidang fokus dan topik penelitian dapat di download dibawah ini:

  1. Bidang Fokus Advanced Interdisciplinary Research towards Innovation
  2. Bidang Fokus Agriculture
  3. Bidang Fokus Environment
  4. Bidang Fokus Health Research

The e-ASIA Joint Research Program  (e-ASIA JRP) bertujuan untuk mengembangkan komunitas penelitian yang bersemangat dan kolaboratif dalam Sains dan Teknologi, untuk mempromosikan inovasi di kawasan Asia Timur, dan untuk berkontribusi pada pengembangan ekonomi kawasan. Bidang yang ditawarkan pun di antaranya, Pertanian (Pangan), Kesehatan dan Material-Material Inovatif.

Tantangannya adalah proposal harus diajukan dari pimpinan dari institusi peneliti utama melalui surel ke Sekretariat JRP e-ASIA. Aplikasi harus ditulis dalam bahasa Inggris. Proposal penelitian tentunya harus disusun sesuai dengan tema konferensi. Jika proposal memenuhi persyaratan, kemudian dosen akan diundang untuk menjadi peserta bahkan pembicara dalam konferensi tersebut.

Konferensi di tingkat Internasioal merupakan peluang untuk para dosen yang ingin berkunjung ke luar negeri secara gratis. Namun, yang terpenting adalah dengan mengikuti konferensi tingkat internasional akan menambah wawasan dan nerworking yang semakin luas.

Agar proposal lolos untuk diikutkan dalam konferensi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Reviewer akan melihat masalah apa yang ingin diselesaikan, lalu apakah disampaikan dengan jelas dan apakah masalah tersebut penting.
  2. Apakah paper sesuai untuk konferensi tersebut. Pertimbangan berikutnya adalah kecocokan isi paper dengan tema konferensi tersebut. Jadi sangatlah penting bagi kita untuk mengecek apakah isi paper kita sesuai dengan tema konferensi yang kita inginkan.
  3. Apakah tujuan paper tersebut signifikan. Masalah yang diangkat haruslah nyata, penting dan baru.
  4. Apakah metodologi/pendekatan yang digunakan valid. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini harus disampaikan dengan jelas dan juga valid. Jika menggunakan metode baru, harus ada analisis terhadap metode baru tersebut.
  5. Apakah pelaksanaan penelitian tersebut tepat. Misalnya apakah penggunaan formulasi matematikanya tepat, lalu apakah data yang digunakan konsisten, dan apakah data yang dihasilkan mungkin terjadi.
  6. Apakah kesimpulan yang diambil tepat. Kesimpulan yang diambil harus sesuai dengan data dan analisis yang dilakukan. Juga penting untuk menyampaikan apa implikasi / dampak dari penelitian / kesimpulan yang kita ambil.
  7. Apakah materi di dalam paper tersebut disampaikan dengan jelas. Struktur penulisan sangatlah penting. Jika penelitian yang kita lakukan baik, namun penulisan kita tidak sesuai dengan struktur yang ditetukan, maka paper kita akan ditolak.
  8. Hal apa yang dapat dipelajari dari Paper yang kita tulis harus dapat menyampaikan sesuatu yang dapat dipelajari oleh pembaca, jika tidak, maka paper yang kita tulis tidak publishable.

Referensi:

http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/

http://www.berkuliah.com/

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja