fbpx

Cara Mendukung Perkembangan Karir Sesama Dosen

Cara mendukung pengembangan karir sesama dosen

Ingin rekan sesama dosen sukses dalam karirnya? Maka Anda perlu memahami bagaimana cara mendukung perkembangan karir sesama dosen. Hal ini tentu penting untuk diketahui, karena sebagai dosen tentu menyadari betul efek positif dari support system

Jika Anda mulai dulu membangun support system di lingkungan kerja ke sesama dosen, maka manfaatnya juga akan sampai ke diri sendiri. Teknik ini membantu membangun lingkungan kerja yang sehat sehingga beban Tri Dharma terasa ringan untuk dijalankan. 

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan agar bisa membangun support system untuk rekan sesama dosen? Berikut informasi detail mengenai daftar cara terbaiknya. 

Kenapa Harus Saling Mendukung? 

Sebelum mengetahui apa saja daftar cara mendukung perkembangan karir sesama dosen, maka pahami dulu alasan kenapa hal ini perlu dilakukan. Jadi, tidak semua lingkungan perguruan tinggi memiliki support system yang baik. 

Tidak sedikit dosen yang harus jeli memilih mana teman dan mana lawan, baik itu sesama dosen di satu fakultas maupun lintas fakultas. Sebab banyak juga dosen yang memilih bekerja sendiri-sendiri dan mengabaikan pentingnya punya support system

Namun, dibanding harus bingung menentukan mana rekan sesama dosen yang bisa menjadi teman dan mana yang menjadi lawan. Kenapa tidak membuat semua dosen ini menjadi teman? Alasannya antara lain: 

1. Membangun Lingkungan Kerja yang Sehat 

Alasan pertama kenapa cara mendukung perkembangan karir sesama dosen perlu dipelajari dan diterapkan adalah untuk membangun lingkungan kerja yang sehat. Sebab sebagai sesama dosen tentu tahu betul apa saja kesulitan dan tekanan yang dihadapi. 

Sehingga tidak perlu memperparah tekanan dan kesulitan dosen lain, karena diri sendiri tentu tidak menginginkannya juga. Jadi perlu memperbanyak teman sesama dosen yang kemudian menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan nyaman. Dosen pun bisa semakin produktif berkarya. 

2. Menghindari Rival di Tempat Kerja 

Jika bisa memiliki teman, kenapa harus memiliki musuh? Apalagi di satu tempat kerja. Oleh sebab itu, selalu dukung teman sesama dosen untuk mencegah adanya rival atau musuh dari sesama dosen juga. 

3. Sukses Meniti Karir Akademik Sendiri 

Tidak dapat dipungkiri jika kita baik kepada orang sekitar maka orang sekitar akan melakukan hal yang sama. Jika kita permudah urusan orang maka urusan kita juga akan menjadi mudah. 

Prinsip ini yang membuat seorang dosen perlu mendukung karir rekan sesama dosen lainnya. Supaya mereka sukses berkarir dan kemudian diri sendiri juga bisa sukses berkarir dengan usaha sendiri. 

Rezeki sudah ada yang mengatur, siapapun yang lebih dulu menjadi Guru Besar tentu bukan persoalan penting. Sebab, semua dosen bisa menjadi Guru Besar jika sudah tiba waktunya tanpa perlu saling sikut dan saling tendang. 

Baca Juga:

Linieritas Pendidikan Dosen 

Syarat Dosen Pembimbing Skripsi

Anggaran Penelitian Dosen 

Jenjang Karir Dosen PNS

Cara Mendukung Pengembangan Karir Sesama Dosen

Jika sudah memahami kenapa perlu menerapkan cara mendukung perkembangan karir sesama dosen sesuai penjelasan di atas. Maka kini bisa mulai mengetahui apa saja yang perlu dilakukan, diantaranya adalah: 

1. Saling Memberi Masukan yang Membangun 

Cara pertama yang bisa dilakukan agar karir rekan sesama dosen bisa cemerlang adalah selalu memberi masukan yang membangun. Menjadi seorang dosen yang dikenal sebagai sumber ilmu dan pengalaman. 

Tentu tidak menjamin setiap dosen memiliki ilmu dan pengalaman yang luas, sehingga tidak semua hal bisa diketahuinya. Tetap saja dosen akan merasakan berbagai pengalaman perdana, baik dalam kehidupan pribadinya maupun dalam karir profesionalnya. 

Sebagai rekan sejawat yang baik sudah sangat lumrah untuk selalu memberi masukan yang membangun. Saat rekan sejawat punya proyek yang berpotensi melakukan kesalahan dan menelan kerugian besar. 

Usahakan tidak diam saja, melainkan menyampaikan apa yang dipikirkan dan diperhitungkan. Sehingga bisa dipertimbangkan rekan dosen tersebut dan membantunya melakukan proyek yang lebih baik. 

2. Saling Sharing Info Terupdate 

Sebagai dosen tentu sangat paham betapa fleksibelnya aturan yang menyertai profesi yang dimiliki. Berbagai aturan dan kebijakan dari Kemendikbud Ristek dan Dikti terus mengalami perubahan. Bahkan dalam setahun bisa terjadi perubahan paling tidak sekali. 

Perubahan ini tentu penting untuk segera diketahui agar bisa mempersiapkan diri mengikuti aturan yang baru. Salah satu cara mendukung perkembangan karir sesama dosen adalah dengan berbagi informasi terupdate seperti ini. 

Jika Anda menemukan informasi terkini terlebih dahulu segera sampaikan ke rekan sejawat. Bisa jadi perubahan informasi ini mempengaruhi proyek dan tujuan yang sedang mereka kerjakan. 

Sehingga di lain waktu, saat rekan sejawat lebih dulu update info maka Anda bisa langsung mengetahui info terupdate tersebut. Nantinya bisa saling sharing dan saling memberi manfaat. 

Baca Juga:

Cara Mengetahui NIDN Dosen 

Tips Sertifikasi Dosen 

Cara Menghitung Beban Kerja Dosen 

Dosen Pengampu dan Kategori Dosen Lainnya

3. Berkolaborasi dalam Penelitian dan Publikasi 

Dosen tentu akrab dengan kegiatan penelitian dan publikasi hasil penelitian maupun publikasi jenis lainnya. Kedua kegiatan ini masuk ke dalam daftar tugas pokok dan utama yang wajib dijalankan oleh dosen. 

Menariknya, baik penelitian maupun publikasi tidak harus dikerjakan sendiri namun bisa dikerjakan bersama tim. Sebagai salah satu cara mendukung perkembangan karir sesama dosen maka bisa mencoba berkolaborasi dalam dua kegiatan tersebut. 

Sehingga ikut memperkuat tim penelitian yang dibentuk oleh rekan sejawat. Sekaligus ikut menjadi kontributor dalam tulisan yang hendak dipublikasikan oleh rekan sejawat tadi. 

4. Memberi Apresiasi Jika Teman Mengadakan Kegiatan 

Cara berikutnya yang bisa membantu mengembangkan karir rekan sesama dosen adalah selalu memberi apresiasi. Dosen tentu punya segunung kesibukan yang menyita waktu yang dimiliki. 

Kesibukan yang padat membuat banyak kegiatan dilakukan dan menciptakan rasa lelah di penghujung hari. Rasa lelah ini bisa terobati dengan adanya apresiasi dari orang sekitar. 

Maka untuk mendukung karir rekan sesama dosen, pertimbangkan untuk selalu mengapresiasi kegiatan yang diadakan olehnya. Misalnya dosen akan melakukan pengambilan data penelitian di daerah X, dan hasilnya ternyata sedikit. 

Maka sebagai teman yang baik, tetap apresiasi usaha dan hasil minim tersebut. Sebab dengan apresiasi yang diberikan maka teman akan kembali bersemangat dan kembali fokus pada penelitian yang dilakukan. 

5. Mengajak untuk Follow Instagram @duniadosencom

Berikutnya dalam daftar cara mendukung perkembangan karir sesama dosen yang bisa dilakukan adalah mengajak mereka untuk mengikuti akun Instagram Dunia Dosen, yakni di @duniadosen.com. 

Kenapa? Sebab di akun Instagram Dunia Dosen inilah informasi terkini sampai tips dan trik seputar profesi dosen bisa didapatkan. Semua kontennya bermanfaat dan ada banyak ilmu maupun hikmah bisa dipetik. 

Sehingga dengan update semua informasi dunia profesi dosen dan segala tips maupun triknya. Teman sesama dosen bisa terus semangat dan termotivasi untuk mengembangkan karir akademiknya. 

Memberikan dukungan pada rekan sejawat yang sama-sama menekuni profesi sebagai dosen adalah langkah yang tepat. Sebab dukungan yang diberikan akan memberi dampak positif dan menjadi sumber motivasi teman tersebut. 

Dampak positif ini kemudian akan ikut berimbas pada diri sendiri. Sehingga menerapkan cara mendukung perkembangan karir sesama dosen yang dijelaskan di atas sejatinya ikut memberi manfaat pada diri sendiri. Jadi, silahkan dilakukan.

Artikel Terkait:

11 Cara Mengajar Dosen yang Baik 

Kekayaan Intelektual Dosen

Beda Jabatan Struktural dan Fungsional Dosen

Dosen Luar Biasa

Dosen Kontrak

Tips Menjadi Asisten Dosen

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja