fbpx

Cek Plagiarisme Online? Pakai Cara Ini!

cek plagiarisme
ilustrasi. (Sumber: kuliahkomputer.com)

Cek Plagiarisme Online? Pakai Cara Ini! – Tak hanya dosen, bahkan mahasiswa pun membutuhkan pengecekan pada hasil karya tulisannya sendiri apakah benar orisinil atau mengandung plagiarisme. Karena sungguh memalukan ketika karya tulis ilmiah dari kalangan akademisi terdeteksi plagiarisme. Sehingga dibutuhkan cara untuk mengecek hasil tulisan sendiri apakah mengandung plagiarisme atau tidak, sebelum dipublikasikan secara luas. Dan berikut duniadosen.com memberikan cara cek plagiarisme online.

Terkadang baik mahasiswa maupun dosen tidak ingin repot, dan mengambil cara mudah dengan menjiplak kalimat dari sebuah website, artikel berita, atau bahkan karya tulis orang lain tanpa merubahnya sedikitpun  serta mencantumkan sumbernya. Tentunya hal itu dapat diartikan sebagai tindakan plagiarisme. Karena sebuah karya tulis, baik itu skripsi atau sejenisnya merupakan karya tulis ilmiah yang ditinjau dari keabsahan dari penulisnya.

Teknis pemeriksaan plagiariasme dalam bentuk karya tulis memang cukup sulit dilakukan. Karena acuannya yang memang sulit diperoleh. Bahkan waktu untuk melakukan pemeriksaan pun cukup lama, karena harus memastikan terlebih dulu sumber mana yang diambil. Belum lagi ditambah apakah sumbernya yang diambil tersebut bisa dipertanggungjawabkan atau tidak.

Belum lagi ditambah dengan semakin berkembangnya teknologi, membuat kasus plagiarisme karya tulis semakin mudah dilakukan karena ragam bahan tulisan  mudah diperoleh di internet. Hal tersebut memang menguntungkan karena baik dosen atau mahasiswa dapat memperoleh informasi yang berlimpah dan beragam. Namun di sisi lain justru merugikan karena makin maraknya plagiarisme tersebut.

Dan bagi anda yang berprofesi sebagai pengajar, dosen, peneliti, maupun mahasiswa tentunya wajib mengetaui apa saja website untuk cek plagiarisme yang bisa digunakan. Hal tersebut menjadi wajib karena memudahkan anda menjaga orisinalitas dan kualitas karya tulisan ilmiah dari para akademisi. Anda bisa langsung cek plagiarisme dengan lebih mudah menggunakan sistem online.

Tetapi dengan catatan, tulisan yang diplagiasi juga harus tersedia di dunia maya. Kini pun semakin banyak jurnal bereputasi dan terakreditasi yang mudah diakses. Jadi, aplikasi cek plagiarisme ini tentunya sangat bermanfaat untuk tulisan karya ilmiah anda agar terhindar dari plagiarisme.

Melihat hal tersebut, para pengembang aplikasi pun menciptakan ragam aplikasi untuk melawan plagiarisme. Untuk mengetahui cara kerjanya berikut cara cek plagiarisme online gratis pada beberapa aplikasi.

Baca juga : Memahami Pentingnya Cek Plagiarisme Dalam Penyusunan Karya Ilmiah

4 Aplikasi Cek Plagiarisme Online

Berikut beberapa aplikasi untuk cek plagiarisme online:

1. SmallSEOtools

Aplikasi ini kerap digunakan oleh para blogger untuk mengetahui tingkat plagiarisme dalam suatu karya tulis. Aplikasi SmallSEOtools ini masih bisa digunakan dalam bentuk website dan belum dibuat versi desktop maupun mobile. Aplikasi ini juga sering digunakan oleh para blogger karena kemudahannya dan tentunya juga gratis dengan fitur yang cukup lengkap.

Berikut cara menggunakannya:

  1. Kunjungi website SmallSEOtools
  2. Lalu, pilih bagian plagiarisme checker
  3. Nanti akan muncul halaman untuk mengecek tingkat plagiarism. Batas kata yang bisa dimasukkan dalam kotak ceknya adalah 1000 kata. Jika mempunyai jumlah tulisan lebih dari 1000, maka harus dimasukkan bertahap.
  4. Copy dan paste karya tulis ke dalam kotak cek yang sudah disediakan atau cara yang kedua yakni import karya tulisan yang dalam bentuk word.
  5. Setelah itu klik “Check Plagiarisme”
  6. Nanti muncul indikator warna berapa persen tingkat plagiatnya. Jika warna hijau, berari tulisan tersebut bebas plagiat. Sedangkan jika muncul warna merah, pertanda tulisan itu mengandung plagiat. Pada aplikasi ini, akan ditunjukan tulisan mana yang mengandung plagiat dan jika meng-klik tulisan itu, akan diarahkan langsung pada sumber plagiat.
cek plagiarisme
Tampilan website SmallSEOtools. (Sumber: SmallSEOtools)

2. Copyscape

Aplikasi ini juga merupaka aplikasi dalam bentuk website yang dapat kami gunakan sebagai aplikasi untuk cek plagiarisme. Selain keunggulannya dalam mendeteksi plagiat pada tulisan, Copyscape juga dapat digunakan sebagai alat mendeteksi situs yang terindikasi plagiat. Hanya saja, untuk dapat menikmati fitur itu harus menggunakan versi berbayar, sedangkan untuk versi gratis hanya dapat menggunakan fitur cek plagiarisme karya tulis.

Berikut cara menggunakannya:

Jika anda memiliki tulisan yang dimuat di sebuah website, copy alamat websitenya dan paste pada kotak “search” yang ada. Lalu klik “Go”. Kemudian muncul halaman yang berisi link mana saja yang menjadi sumber plagiatnya. Jika kamu menginginkan fitur yang lebih kompleks, bisa menggunakan versi premiumnya.

3. Plagscan

Hampir sama dengan situs-situs untuk cek plagiarisme lainnya, situs ini juga digunakan untuk mengecek tingkat plagiat sebuah karya tulis di internet.

Dan begini cara menggunakannya:

  1. Buka website Plagscan
  2. Kemudian Anda harus membuat akun terlebih dahulu
  3. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman yang nantinya digunakan untuk mengecek karya tulis.
  4. Cara mengeceknya dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, import file. Kedua, copy-paste dan yang ketiga dari link web. Pilih salah satu dari ketiga cara tersebut.
  5. Setelah itu klik “Check” dan sistem akan memproses tulisannya.
  6. Kemudian akan muncul hasil laporannya klik “report”. Di sana ditunjukkan tulisan mana saja yang terindikasi plagiat atau tidak. Jika tulisan berwarna merah, maka tulisan tersebut adalah plagiat. Jika diklik tulisan tersebut, maka akan diarahkan ke link website asal plagiat.
  7. Tetapi untuk versi gratisnya hanya memiliki keterbatasan kredit sebanyak 20 kredit. Jika kreditnya habis, maka harus menggunakan versi premium untuk bisa menggunakan fitunya.

4. Unicheck

Merupakan aplikasi yang cukup banyak digunakan, terutama pada akademisi, penulis, dosen, bahkan sampai editor. Kelebihan aplikasi ini terletak pada sisi detail pengecekan kata-katanya. Aplikasi ini dapat mencari sumber di internet hingga mencapai 16 miliar halaman. Hanya saja untuk versi gratisya pengguna dapat menggunakan aplikasi ini selama 14 hari saja. Selain itu jumlah kata yang bisa dicek pada aplikasi ini sebanyak 275 kata.

Baca juga : Cara Cek Plagiarisme Untuk Jurnal Dan Skripsi Secara Online
Baca juga : Memahami Self Plagiarism Setelah Isu Yang Menimpa Rektor Terpilih USU

Tips Memilih Situs untuk Mengecek Plagiat 

Cara termudah untuk mengecek plagiat adalah melalui situs atau platform yang sudah disebutkan sebelumnya. Setiap situs memiliki ketentuan dan fitur tersendiri untuk mengecek plagiat dari suatu karya tulis. 

Pilihannya yang beragam, kadang membuat pengguna layanannya bingung harus memakai yang mana. Pernahkah mempertanyakan, situs mana yang hasil pengecekannya lebih akurat? 

Membantu memilih situs yang tepat dan juga mudah untuk digunakan dalam mengecek plagiat. Maka bisa menyimak dan menerapkan beberapa tips di bawah ini: 

1. Memilih Situs yang Dikenal Kredibel 

Tips pertama dalam memilih situs cek plagiarisme online adalah mencari situs yang dikenal dan diketahui sudah kredibel. Bagaimana mengetahuinya? Yakni dilihat dari alamat situsnya, sudah berapa lama tersedia, penilaian pengguna, hasil pengecekan, dan lain-lain. 

Hal ini penting untuk memastikan bahwa situs tersebut memang memaparkan hasil pengecekan yang juga kredibel. Sebab jika asal-asalan dalam memilih situs, tentu ada kemungkinan hasil pengecekannya kurang akurat. 

Efeknya, ada kemungkinan masih ada unsur plagiat namun tidak terdeteksi oleh sistem di situs tersebut. Jadi, usahakan mencari yang sudah terpercaya agar hasil tulisan yang dicek benar-benar bebas plagiat. 

2. Mudah untuk Diakses 

Pernah menjumpai situs cek plagiarisme online yang proses loadingnya sangat lama? Beberapa situs memang cukup berat, sehingga perlu kesabaran ekstra untuk menunggu semua halaman tampil sempurna di desktop maupun layar smartphone. 

Namun, masih banyak lagi situs cek plagiat yang sebenarnya ringan. Situs seperti ini bisa dijadikan prioritas, supaya proses pengecekan lebih efisien. Sekaligus tidak perlu menguji kesabaran dan tetap bisa diakses sekalipun jaringan internet sedang tidak sehat. 

3. Tidak Masalah Memilih yang Gratisan 

Situs untuk mengecek plagiat pada karya tulis ada dalam dua versi, yakni yang gratisan dan ada yang berbayar. Bagus yang mana? Jika diminta memilih, memang lebih bagus yang berbayar. Kabarnya pengecekan melibatkan lebih banyak artikel dan situs, sehingga hasilnya lebih akurat. 

Namun, bukan berarti situs yang layanan cek plagiatnya gratis itu jelek. Ada banyak yang bagus, dan jika memang tidak mengecek setiap hari maka versi gratis ini bisa tetap digunakan. Oleh sebab itu, tidak masalah memakai situs cek plagiat yang gratis selama kredibilitasnya terjamin. 

4. Banyak Direkomendasikan 

Jika kesulitan dan masih ragu untuk memakai salah satu situs cek plagiarisme online. Maka bisa mempertimbangkan rekomendasi dari orang sekitar, utamakan yang paling banyak direkomendasikan. 

Mengapa? Sebab pilihan situs dengan layanan semacam ini sangat banyak, dan jika salah satu atau beberapa banyak dipakai. Maka menunjukan kredibilitasnya sekaligus ada keunggulan lain yang ditawarkan. 

Situs seperti inilah yang memang tepat untuk dipilih agar bisa mengecek plagiat dengan akurat. Selain itu bisa lebih mudah melakukan pengecekan, misalnya karena satu kali pengecekan bisa lebih dari 1.000 kata, loadingnya cepat, dan lain-lain. 

5. Proses Pengecekan Mudah 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa proses pengecekan di setiap situs pengecekan plagiat berbeda-beda. Ada yang tinggal copy paste naskah di situs tersebut, ada yang harus mengunggah dokumen secara langsung, dan lain-lain. 

Setelah dokumen yang di cek sudah diunggah atau di copy, maka ada yang perlu memasukan kode dan ada yang cukup menekan tombol pengecekan yang tersedia. Sehingga sistem akan langsung bekerja. 

Jika diminta memilih, tentunya akan lebih nyaman memakai situs yang proses pencetakannya mudah. Jadi, silahkan memilih situs yang dirasa prosesnya paling mudah agar pengecekan tidak memakan waktu lama. 

Demikian beberapa aplikasi untuk cek plagiarisme online gratis yang dapat Anda manfaatkan. Jika Anda memiliki informasi cara cek plagiarisme lain yang dibutuhkan akademisi silahkan menambahkan.

Editor : Wahyudha Wibisono
Referensi: dosenit.com

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja