fbpx

Contoh Motivation Letter Beasiswa yang Baik dan Benar

Contoh Surat Motivation Letter Beasiswa yang Sederhana

Jika merasa bingung bagaimana membuat motivation letter maka ada baiknya mencari contoh motivation letter tersebut. Teknologi yang semakin maju dan membuat masyarakat akrab dengan internet. Membuat internet menjadi media terbaik untuk mencari referensi. 

Motivation letter di Indonesia umum disusun untuk memenuhi syarat administrasi pengajuan untuk ikut seleksi beasiswa. Namun, bisa juga ditujukan untuk melengkapi surat lamaran kerja. Jika kamu saat ini ingin menyusun motivation letter dengan tujuan meraih beasiswa bisa menjadikan contoh-contoh di bawah sebagai referensi. 

Baca Juga:

10 Tips Menulis Motivation Letter untuk Beasiswa Keluar Negeri

Contoh Esai Beasiswa Lengkap yang Bisa Dijadikan Acuan

Kiat Sukses Menembus Beasiswa Luar Negeri 

14+ Rekomendasi Progam Beasiswa Dosen S3 yang Bisa Diikuti 

Tentang Motivation Letter 

Motivation letter menurut  International Hellenic University, adalah  surat pengantar yang melekat atau yang menyertai dokumen lain, salah satunya adalah daftar riwayat hidup atau CV. 

Sedangkan menurut Edunation, motivation letter adalah sebuah surat yang menjelaskan kenapa kamu bisa menjadi kandidat yang tepat untuk suatu program seperti program beasiswa. 

Adapun bentuk motivation letter pada dasarnya adalah esai, yang berisi uraian tentang kelebihan dan tujuan hidup yang kamu miliki. Sehingga di dalamnya menceritakan siapa diri kamu atau siapa penulisnya. 

Sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan lebih bagi tim yang melakukan seleksi untuk meloloskan kamu ke tahap selanjutnya. Jadi, jika kamu saat ini berjuang meraih beasiswa atau sedang berancang-ancang meraihnya. Ada baiknya mulai menyusun motivation letter

3 Contoh Motivation Letter 

Supaya tidak bingung dan kesulitan untuk menyusun motivation letter yang baik dan benar. Maka berikut beberapa contoh yang bisa dijadikan referensi: 

1. Contoh Motivation Letter 1 

Yth. Panitia Penyelenggara Program Beasiswa Ilmu Kedokteran. 

Sejak kecil saya diajarkan untuk menolong sesama. Bukan dalam bentuk materi melainkan dalam bentuk ilmu yang bisa membantu mereka untuk bisa hidup lebih baik. 

Dengan kesungguhan hati dan bekal ilmu yang saya dapatkan semasa sekolah. Saya ingin menjemput kesempatan menjadi salah satu penerima beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud). 

Saya, Ika Dewanti. Menulis surat ini sebagai bentuk ketertarikan terhadap Program Beasiswa Kedokteran yang diadakan. Saat ini saya baru saja menyelesaikan studi di SMA Negeri 1 Semarang di jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). 

Sembari menunggu penerimaan beasiswa, saya bergabung ke organisasi non profit yang berfokus pada penyediaan fasilitas kesehatan di wilayah terpencil. Minat saya terhadap dunia kesehatan sangat tinggi, terutama di bidang kedokteran. 

Saya meyakini dengan sepenuh hati, bahwa dengan pelayanan kesehatan yang baik. Maka bisa membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak, terutama yang bisa mengakses layanan tersebut. 

Ilmu yang saya dapatkan selama duduk di bangku SMA tentunya tidak cukup hanya saya simpan atau saya tuangkan dalam tulisan. Maka saya ingin sekali mempraktekan atau mengamalkan ilmu tersebut. 

Salah satu langkah yang saya ambil untuk mewujudkannya adalah dengan bergabung ke Organisasi X. Sehingga saya memiliki kesempatan mengamalkan ilmu yang saya miliki secara langsung. Sekaligus bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat. 

Dalam kegiatan tersebut saya berinteraksi dengan relawan dari luar negeri. Saya mahir dalam bahasa Inggris dan bahasa Jerman, sehingga keterampilan ini bisa saya praktekan langsung saat berkomunikasi dengan mereka. 

Interaksi tersebut kemudian menginspirasi saya untuk bisa kuliah keluar negeri di jurusan Ilmu Kedokteran. Sehingga bisa mencoba belajar ilmu kedokteran di negara lain untuk kemudian saya coba terapkan di Indonesia. 

Demi mewujudkan cita-cita saya, maka saya ingin kuliah Ilmu Kedokteran di Universitas Y yang berada di Negara X. Apabila saya terpilih menjadi penerima beasiswa. Maka saya ingin membangun fasilitas kesehatan yang lebih baik di Indonesia. 

Demikian surat motivasi yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa kuliah dengan program beasiswa yang disediakan. Apabila ada dokumen lain yang diperlukan atau diskusi lanjutan. Bapak/Ibu bisa menghubungi saya melalui kontak yang tercantum di CV. 

Salam hangat, 

Ika Dewanti

Baca Juga:

Mengenal Semua Seluk-Beluk Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia 

Inilah 10 Beasiswa Selain LPDP Untuk Bisa Kuliah Keluar Negeri Gratis 

Yuk Ikuti Progam Beasiswa Kuliah S1 Sampai S3 di Jepang Dari Rotary Yoneyema

Ingin Lolos Beasiswa S3 Luar Negeri? Simak Ini

2. Contoh Motivation Letter 2

Yth. Panitia Penyelenggara Program Beasiswa 

Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 

Sejak kecil, saya selalu percaya bahwa kesempatan tidak datang begitu saja. Kesempatan harus dijemput dengan langkah yang berani dan hati yang siap. Berdasarkan bekal keberanian dan kesiapan hati, saya ingin menjemput kesempatan meraih beasiswa dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 

Saya, Andi Novianto, menulis surat motivasi ini untuk mengekspresikan ketertarikan saya pada program beasiswa yang dibuat oleh Kementerian. Saya baru saja menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. 

Sejak hari pertama kuliah, saya menyadari bahwa ada banyak hal perlu dibangkitkan dari perekonomian di tanah air. Oleh sebab itu, saya berusaha untuk terus menggali ilmu di bidang ekonomi untuk satu tujuan utama yakni memberi kontribusi terhadap perkembangan perekonomian di Indonesia. 

Saya yakin bahwa ilmu yang saat ini saya miliki masih belum cukup, maka saya aktif mengikuti berbagai organisasi. Seperti StudentCatalyst dan juga AIESEC. Melalui dua organisasi tersebut saya mencoba menggali ilmu lebih mendalam terkait ilmu ekonomi, bisnis, dan hubungan sosial dengan orang sekitar. 

Berbekal pengalaman tersebut, keinginan saya untuk mengembangkan perekonomian di Indonesia semakin menggebu. Saya memiliki keinginan membangun pusat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).  

Pusat UMKM ini saya dirikan bersama dengan dua rekan saya yang nantinya membantu pendanaan dan publikasi UMKM. Harapannya, masyarakat Indonesia semakin tertarik untuk membeli dan mendukung UMKM di tanah air. 

Saya berusaha untuk menyempurnakan usaha tersebut yakni dengan memperdalam ilmu saya di bidang ekonomi. Maka saya ingin melanjutkan studi Magister Ilmu Ekonomi di Universitas Indonesia. 

Oleh sebab itu, saya berharap Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia memberikan saya kesempatan meraih beasiswa yang disediakan. Jika saya terpilih menjadi penerima beasiswa saya bisa mengembangkan usaha tersebut dan mendukung UMKM di Indonesia. 

Selain itu, saya juga bisa mengalokasikan lebih banyak dana untuk pembangunan pusat UMKM dan bisa membangun perekonomian Indonesia. Saya yakin bisa memanfaatkan program beasiswa ini untuk pengembangan diri dan bangsa. 

Demikian surat motivasi ini saya buat, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

Andi Novianto 

3. Contoh Motivation Letter 3

Yth. Panitia Penyelenggara Program Beasiswa 

Sejak kecil saya diajarkan untuk melek terhadap dunia pendidikan. Mengenyam pendidikan setinggi mungkin adalah sarana untuk mengembangkan diri. Baik secara keterampilan untuk didayagunakan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Maupun ilmu di bidang tertentu untuk diamalkan sebaik mungkin agar bermanfaat bagi banyak orang. 

Menyadari bahwa ilmu sangat penting, terutama yang diraih di pendidikan formal. Saya selalu memiliki semangat tinggi untuk belajar dan meraih pendidikan setinggi mungkin. 

Perkenalkan nama saya Doni Arsono yang merupakan lulusan dari Universitas Indonesia. Saat sekarang ini saya memiliki sebuah impian untuk menimba ilmu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di luar negeri. Saya memiliki impian untuk menimba ilmu di University of Bremen Jerman melalui beasiswa.

Harapan saya adalah bisa masuk ke jurusan Ilmu Kedokteran. Dimana dengan ilmu kesehatan yang saya dapatkan, maka saya bisa memberikan bantuan kepada lebih banyak orang. Sebab menjadi dokter adalah satu diantara sekian profesi yang mulia. 

Alasan lainnya, saya ingin menimba ilmu di perguruan tinggi tersebut yakni untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris saya. Bukan hanya itu, saya juga ingin berkenalan dengan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. 

Melalui surat ini, saya mengungkapkan keinginan terbesar saya untuk menimba ilmu di perguruan tinggi yang luar biasa ini.

Beberapa contoh motivation letter di atas tentunya bisa dijadikan referensi. Silahkan dipelajari dan kemudian menyusun yang sesuai dengan prestasi dan pencapaian pribadi. Hindari melakukan copy paste, karena hal ini akan menyulitkan kamu untuk meraih beasiswa yang dituju. 

Silahkan susun secara orisinil dan baca beberapa kali lalu minta pendapat orang sekitar. Jika sudah bagus yakni enak dibaca dan mudah dipahami, maka silahkan diajukan untuk melengkapi dokumen lain dalam mengajukan beasiswa. 

Artikel Terkait:

Kemenristekdikti Siapkan 1000 Beasiswa Untuk Dosen 

Sasaran Beasiswa Pendidikan Pasca Sarjana Dalam Negeri

Syarat Pengajuan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia 

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mendaftar Beasiswa Dikti!

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja