fbpx

Contoh Sinopsis Buku yang Baik dan Benar

contoh sinopsis buku

Contoh sinopsis buku. Sekilas dengan melihat contoh sinopsis buku maka akan terasa mudah untuk dilakukan sendiri. Namun, benarkah demikian? Aktualnya, menulis sinopsis buku sama pusingnya dengan menulis isi dari buku itu sendiri. Sehingga perlu dipahami tekniknya supaya prosesnya menjadi lebih mudah dan hasilnya lebih sempurna. 

Sinopsis yang juga dikenal sebagai ringkasan dari suatu buku kemudian menjadi komponen penting dari sebuah buku. Lewat sinopsis inilah, calon pembaca dan pembeli buku bisa mengecek isi buku secara keseluruhan lewat rangkumannya yang singkat. Tidak sedikit yang kemudian tertarik untuk membeli buku tersebut dan membacanya. 

Asalkan sinopsis ditulis dengan baik dan benar sekaligus diberi sedikit “bumbu” agar lebih menarik. Namun, isi dari sinopsis sudah tentu merefleksikan isi buku tersebut. Jadi, jika isi buku menyampaikan A maka sinopsis yang disusun juga harus menyampaikan A. Lalu, seperti apa proses penulisannya? 

Pengertian Sinopsis Buku 

Melihat berbagai contoh sinopsis buku mungkin terlihat mudah untuk dipraktekan langsung. Supaya memang terasa sangat mudah maka kamu perlu memahami sinopsis buku dengan mendalam. Bisa dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu. Sinopsis buku diketahui merupakan ringkasan suatu buku yang ditulis dalam bentuk narasi. 

Bentuknya yang berupa ringkasan kemudian sering disalah artikan sebagai resensi. Tentunya antara sinopsis dan resensi adalah dua hal yang berbeda. Resensi juga berupa ringkasan yang condong ke arah ulasan, sehingga di dalamnya terdapat pemaparan kelebihan dan kekurangan buku. 

Sedangkan sinopsis murni berisi ringkasan dari isi suatu buku, sehingga tidak ada unsur kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Sebagai ringkasan, sinopsis kemudian perlu berisi detail alur cerita dan konflik di dalam buku yang disampaikan sekilas. Selain itu, perlu diberi bumbu untuk menciptakan rasa tertarik dan penasaran bagi para pembaca. 

Sehingga sinopsis kemudian masuk ke dalam bagian dari pemasaran buku. Keberadaannya bisa mendongkrak angka penjualan buku, karena bisa menyampaikan isi buku secara keseluruhan. Hal ini membantu calon pembeli dan pembaca menentukan apakah buku yang dipegang memang menarik atau tidak. 

Jika memperhatikan semua contoh sinopsis buku dari buku-buku yang sudah terbit, maka disusun secara ringkas. Sekaligus menyampaikan narasi sesuai dengan isi buku yang sinopsisinya dibuat. Artinya sinopsis harus bisa mencerminkan isi buku, mampu menginformasikan isi buku meskipun secara sekilas. 

Tidak boleh mengada-ngada dan tidak boleh melenceng dari isi buku sama sekali. Sebab akan membuat sinopsis tersebut tidak dapat mempresentasikan isi buku. Kemudian tidak dapat disebut sebagai sinopsis buku, yang kemudian bisa menurunkan kualitas buku secara keseluruhan. 

Baca Juga:

Ciri-Ciri Buku Pengayaan

Unsur Identitas Buku 

Penulisan Kata Ulang pada Judul Buku 

Fungsi Sinopsis Buku 

Sinopsis yang merupakan ringkasan dari isi suatu buku kemudian dipaparkan secara naratif sudah tentu memiliki fungsi. Sebab jika isi buku yang masih tersegel sudah bocor, maka akan muncul pemikiran “kenapa harus repot-repot membeli buku?”. Oleh sebab itu sinopsis perlu dirancang agar mampu menampilkan daya tarik buku tersebut. 

Selain itu dibuat sesingkat mungkin agar enak dibaca dan juga mampu menyampaikan informasi mengenai isi buku dengan jelas dan lugas. Supaya lebih mudah membuat sinopsis buku sendiri. Maka bisa juga mengenal berbagai fungsi dari sinopsis tersebut, diantaranya adalah: 

1. Berisi Gambaran Sekilas Tentang Isi Buku 

Sinopsis tidak hanya bisa dijumpai pada buku fiksi namun juga buku non fiksi, misalnya buku hasil penelitian. Bahkan bisa juga ditemukan dalam proposal penelitian yang secara definisi satu sama lain tidak memiliki perbedaan. Begitu juga dengan isi dari sinopsis tersebut, dimana memberi gambaran tentang isi buku. 

Jadi, fungsi pertama dari pembuatan resensi adalah menyediakan jembatan bagi calon pembaca untuk mengetahui isi buku secara garis besar. Dalam buku fiksi, sinopsis biasanya memaparkan konflik dan nama tokoh utama. Sehingga memberikan sedikit gambaran dari iis buku tersebut. 

Informasi yang disajikan di dalam sinopsis kemudian membantu pembaca untuk menilai, apakah buku tersebut tepat untuk dibaca atau tidak. Sehingga membantu setiap pembaca untuk mendapatkan buku yang tepat tanpa perlu membeli banyak buku dan berakhir dengan teronggok di pojokan kamar. 

2. Memaparkan Konflik di Dalam Suatu Buku 

Khusus untuk contoh sinopsis buku fiksi, seperti novel maka di dalam sinopsis akan memaparkan konflik dari buku tersebut. Sehingga calon pembaca kemudian bisa mengetahui konflik atau permasalahan apa yang akan diangkat oleh penulis dalam karyanya. 

Konflik tertentu bisa menjadi magnet bagi para pembaca untuk membeli dan membaca sebuah buku. Misalnya saja, dalam buku tersebut mengangkat konflik yang sedang hangat diperbincangkan. Otomatis akan dianggap lebih menarik dibanding buku lain dengan konflik yang sifatnya umum. 

Penyampaian konflik juga ditemukan pada proposal penelitian, lebih tepatnya disebut dengan istilah rumusan masalah. Pada sinopsis proposal penelitian biasanya peneliti memaparkan mengenai masalah yang menjadi topik penelitian dan berbagai solusi yang diharapkan bisa mengatasinya. 

Sekali lagi, dengan pemaparan konflik meskipun hanya sekilas sudah membantu calon pembaca mengetahui buku tersebut cocok untuk dimiliki atau tidak. Sehingga bisa menjadi media bagi penulis dan penerbit untuk menjaring pembaca dan pembeli buku yang potensial. 

3. Memberi Gambaran Alur Cerita 

Sinopsis untuk karya fiksi, seperti novel umumnya juga memberi gambaran alur cerita. Sehingga di dalamnya dipaparkan bagaimana seorang tokoh mengalami masalah dan perjuangannya untuk mengatasi masalah tersebut. Tentunya dipaparkan secara sekilas, padat, jelas, dan menarik. 

Sehingga calon pembaca kemudian memiliki gambaran yang jelas mengenai alur cerita. Apakah cerita dimulai dari tokoh yang masih anak-anak atau sudah dewasa dan menjelang usia senja. Semua bisa diketahui dengan pasti lewat sinopsis, selama susunannya sudah sesuai dengan berbagai contoh sinopsis buku yang baik dan benar. 

4. Mengenal Tokoh Utama dalam Sebuah Buku 

Kembali ke sinopsis untuk karya fiksi, maka akan ada informasi mengenai nama tokoh beserta karakternya secara sekilas. Misalnya disebutkan bahwa buku dengan judul X ini menceritakan tentang tokoh bernama A yang karakternya ini dan itu. Kemudian ditambahkan konflik yang akan dihadapi oleh tokoh. 

Sehingga di dalam sinopsis kemudian calon pembaca bisa mengetahui cerita ini dialami oleh tokoh perempuan atau laki-laki. Selain itu bisa memahami karakter dari tokoh di dalam buku tersebut. Hal ini membantu pembaca untuk menentukan apakah tokoh yang dibentuk oleh penulis menarik atau tidak. 

Jika dinilai menarik, atau mungkin sesuai dengan apa yang dialami oleh pembaca tersebut. Maka dijamin akan muncul keinginan untuk membeli dan membacanya. Sehingga sinopsis menjadi unsur penting yang mendukung penjualan buku agar lebih tinggi dari seharusnya. 

5. Memaparkan Temuan Suatu Penelitian 

Pada contoh sinopsis buku ilmiah atau non fiksi, misalnya proposal penelitian yang disebutkan diatas. Maka bisa dijumlah adanya pemaparan temuan suatu penelitian di dalam sinopsis tersebut. Pemaparan ini juga dibuat sekilas, dengan harapan pembaca lebih tertarik membaca isi proposalnya secara keseluruhan. 

Sinopsis pun pada dasarnya pada karya ilmiah tak harus selalu ada, kecuali jika memang diwajibkan. Misalnya untuk para peneliti yang berusaha mendapatkan dana hibah. Maka ada kemungkinan proposal yang diajukan ditambahkan sinopsis, sehingga perlu memaparkan temuan dari penelitian yang akan dilakukan. 

Baca Juga:

Buku Digital 

Resensi Buku 

Langkah-Langkah Menyusun Sinopsis Buku 

Mungkin dengan membaca beberapa contoh sinopsis buku maka kamu bisa terinspirasi untuk menyusun kalimat awal yang menarik seperti apa. Namun supaya lebih sempurna, maka perlu menyusun sinopsis dengan langkah-langkah yang tepat. Berikut langkah-langkah tersebut: 

1. Harus Merangkum Isi Cerita 

Langkah pertama dalam menyusun sinopsis buku adalah merangkum isi cerita, maka penulis sinopsis wajib membaca cerita dalam buku tersebut. Bisa dua kali atau bahkan lebih sampai paham betul alur cerita dan konfliknya seperti apa. Sekaligus menemukan bagian yang menarik dari buku tersebut. 

Setelah selesai dibaca, maka bisa menyusun rangkuman. Rangkuman ini bisa diisi dengan alur cerita pokok yang bisa meringkas jalannya cerita dalam buku secara baik. Kemudian ringkasan ini dibaca ulang untuk kemudian masuk ke langkah atau tahap berikutnya. 

2. Kenali Bagian Buku yang Menarik 

Setelah ringkasan cerita sudah disusun, maka langkah selanjutnya adalah menandai bagian-bagian mana yang menarik. Bagian-bagian inilah yang kemudian akan dipaparkan di dalam sinopsis. Sehingga buku tampak menonjol dan memiliki banyak kelebihan menarik, yang bisa dipertimbangkan calon pembacanya. 

3. Mengembangkan Sinopsis dari Bagian yang Menarik 

Setelah bagian-bagian penting dari buku sudah disusun ke dalam daftar. Maka dari daftar ini kemudian dicoba untuk dikembangkan. Pastikan penulisan sinopsis memiliki alur yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga bisa dimulai dari bagian yang bisa disampaikan di awal, di tengah, dan di akhir. 

Jika sudah ada bagian-bagian mana saja yang akan dicantumkan atau dimasukan ke dalam sinopsis. Maka proses untuk mengembangkannya menjadi sinopsis yang utuh sebagaimana contoh sinopsis buku yang sudah dipelajari sehingga bisa menjadi lebih mudah. 

Baca Juga:

Strategi Mengubah Tesis Menjadi Buku

Buku Non Fiksi 

Tips Membaca Buku Bahasa Inggris

Contoh Sinopsis Buku 

Berikut adalah beberapa contoh sinopsis buku yang bisa dibaca dan dijadikan referensi dan inspirasi, supaya bisa menulis sinopsis sendiri dengan baik dan benar: 

1. Contoh Sinopsis Novel “Jomblo Narsis” 

Menyandang status jomblo ternyata membuat Jono merasa semakin resah, sehingga dirinya memutuskan untuk mengakhiri status tersebut secepatnya. Bersama Niko sahabatnya, Jono mulai melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan pacar. Hingga suatu hari calon pacar potensial berhasil didapatkannya dari dunia maya. 

Setelah berkenalan, Jono berharap bisa sampai ke tahap selanjutnya. Namun sayangnya, rencana tidak berjalan mulus. Akankah Jono kembali harus menjalani status jomblonya? Atau mungkin akan muncul keajaiban kenalan tersebut menjadi pacar pertamanya? 

2. Contoh Sinopsis Buku “Catatan Seorang Demonstran”

Soe Hok Gie diketahui merupakan salah satu mahasiswa di FSUI. Semasa menjadi mahasiswa, Hok Gie yang juga akrab disapa Gie ini dikenal rajin menulis dan mempublikasikan beberapa buah pikirannya di berbagai media massa seperti surat kabar. 

Semua karya tulis Gie kemudian dikumpulkan, dan dijadikan satu untuk kemudian dijadikan buku yang saat ini sedang Anda pegang. Melalui buku ini akan memudahkan pembaca mengetahui apa saja tulisan yang sudah dibuat oleh almarhum Gie. 

Isi buku mencakup hasil tulisan Gie dari jurnal harian dan tulisan-tulisannya yang sempat dipublikasikan oleh koran nasional. Buku ini kemudian sangat menarik untuk dibaca. Sebab bisa menyelami kehidupan para mahasiswa di era Orde Baru dan menyelami kehidupan rakyat Indonesia di tahun 1960-an. 

Tips Menulis Sinopsis Buku yang Baik 

Supaya sinopsis yang disusun sama bagusnya dengan contoh sinopsis buku yang disebutkan di atas. Maka bisa menyimak beberapa tips berikut ini: 

1. Pastikan Membaca Buku Sampai Tuntas

Tips pertama agar penulisan sinopsis buku bisa baik dan benar, bahkan bisa dikatakan sempurna adalah membaca buku secara keseluruhan. Mengapa? Tentunya agar paham isi buku dan paham apa yang perlu dicantumkan di dalam sinopsis tersebut. 

Proses ini tidak berbeda jauh dengan proses penyusunan resensi, dimana penyusun perlu membaca dulu. Memahami isi buku sehingga memudahkan proses menuliskannya kembali lewat resensi. Hal ini juga berlaku di sinopsis, dimana dengan pemahaman terhadap isi buku maka sinopsis bisa ditulis dengan baik. 

Setidaknya bisa menyampaikan tokoh lengkap dengan konflik yang dialami, sekaligus memaparkan hal-hal yang perlu diketahui dari isi buku. Misalnya dengan membuat suatu pertanyaan mengenai nasib tokoh di dalam buku tersebut. Hal ini efektif menarik perhatian pembaca. 

2. Menemukan Pesan di Dalam Buku 

Tips berikutnya adalah menemukan pesan di dalam buku tersebut, dimana semua buku dijamin memiliki pesan. Bahkan buku dengan tema ringan dan menyasar para remaja pun dijamin memiliki pesan moral di dalamnya. Pesan inilah yang kemudian bisa dicari dan kemudian dipaparkan di dalam sinopsis. 

Pesan ini sendiri bisa disampaikan secara gamblang, namun bisa pula disampaikan secara sekilas. Intinya, bahasa yang digunakan dalam penyusunan sinopsis adalah bahasa estetik yang dibuat semenarik mungkin. Sehingga bisa dikembangkan sesuai kebutuhan untuk memaparkan nilai tambah dari buku tersebut. 

3. Menampilkan Tokoh 

Khusus untuk contoh sinopsis buku fiksi seperti novel dijamin di dalamnya akan disebutkan nama tokoh. Sama seperti contoh novel berjudul “Jomblo Narsis” yang disampaikan di atas. Melalui sinopsis calon pembaca diajak berkenalan dengan tokoh dan masalah yang dihadapinya. 

Tidak hanya tokoh utama namun juga tokoh lain yang memiliki peran krusial di dalam jalannya cerita buku tersebut. Jadi, silahkan menyebutkan satu sampai dua tokoh saja. Sebab yang namanya sinopsis jauh lebih singkat dibanding resensi, sehingga tidak perlu menyebutkan terlalu banyak tokoh. 

4. Diceritakan Sesuai Alur Buku 

Sinopsis sebaiknya disusun sesuai dengan alur di dalam buku, supaya mudah dipahami dan mampu menampilkan daya tarik buku tersebut. Jadi, misalnya dimulai dengan memperkenalkan nama tokoh kemudian menjelaskan masalah yang dihadapi. Dilanjutkan dengan usaha tokoh untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Pemaparan solusi yang diambil tokoh bisa dibuat sekilas dan bahkan hanya berupa kiasan. Baru kemudian dilanjutkan dengan memaparkan berbagai kemungkinan yang bisa dialami tokoh lewat usahanya tersebut. Hal ini jelas, singkat, dan padat namun efektif merangkum isi buku dengan baik. 

5. Dibuat Ringkas Tidak Perlu Terlalu Panjang 

Sinopsis bukanlah rangkuman yang panjang dan lebar, melainkan sangat singkat. Umumnya contoh sinopsis buku yang tercetak di sampul belakang buku hanya terdiri dari satu atau dua paragraf. Sehingga bisa dipastikan tidak ada sinopsis yang sampai satu lembar penuh. Silahkan menyusunnya seringkas mungkin. 

6. Meminta Penilaian Orang Lain 

Setelah selesai disusun, ada baiknya kamu mencoba meminta penilaian orang lain. Maksudnya, sinopsis tersebut bisa diperlihatkan ke orang lain untuk dibaca, dinilai, dan dikoreksi jika ada. Hal ini penting untuk mendapat penilaian dari orang lain sebab bagus di mata diri sendiri belum tentu di mata orang lain. 
Melalui penjelasan mengenai pengertian sampai contoh sinopsis buku di atas kamu tentu bisa lebih mudah menyusun sinopsis. Sehingga bisa menjadi media untuk mendukung pemasaran suatu buku.

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja