fbpx

7 Contoh Surat Rekomendasi Kuliah yang Bisa Dijadikan Referensi

contoh surat rekomendasi kuliah

Contoh surat rekomendasi kuliah. Mencari dan kemudian membaca 7 contoh surat rekomendasi kuliah tentu sangat penting, bagi lulusan SMA maupun Sarjana dan Magister yang ingin melanjutkan pendidikan. Pada dasarnya surat rekomendasi merupakan surat yang ditulis secara khusus oleh seorang pimpinan. 

Baik itu pimpinan perusahaan (rekomendasi pekerjaan), pimpinan perguruan tinggi (rekomendasi pendidikan), maupun yang lainnya. Sebab surat rekomendasi ini ada dalam beberapa jenis dan yang paling banyak dibicarakan adalah surat rekomendasi kuliah. Sesuai dengan namanya, surat rekomendasi ini disusun oleh dosen dan ditujukan kepada mahasiswa. 

Surat rekomendasi biasanya akan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa lulusan S1 yang hendak melanjutkan S2. Sebab surat ini menjadi salah satu syarat administrasi dan tentunya tidak selalu mudah untuk didapatkan. Jika selama ini masih asing dengan surat rekomendasi kuliah dan ingin tahu bagaimana proses mendapatkannya. Maka bisa menyimak penjelasan dibawah ini. 

Apa Itu Surat Rekomendasi? 

Hal pertama yang perlu diketahui sebelum mencoba membaca detail 7 contoh surat rekomendasi kuliah adalah mengenai pengertiannya. Jadi, di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) istilah surat rekomendasi memiliki definisi sebagai surat yang menyatakan, menguatkan, membenarkan, dan sebagainya bahwa orang yang disebut dapat dipercaya, baik, dan sebagainya.

Sehingga surat rekomendasi kuliah merupakan surat yang disusun oleh pimpinan perguruan tinggi untuk menyatakan seorang mahasiswa memiliki prestasi akademik yang baik, mahasiswa yang baik, dan bisa juga menjelaskan bahwa mahasiswa tersebut merupakan alumni dari perguruan tinggi yang bersangkutan. 

Surat rekomendasi kemudian tidak hanya dikenal di dunia pendidikan tinggi saja. Akan tetapi juga dikenal di lingkungan sekolah, karena bisa disusun oleh guru untuk membantu muridnya bisa meneruskan S1 di suatu perguruan tinggi. Selain itu, bisa juga ditulis di lingkungan kerja. 

Biasanya surat rekomendasi bertujuan untuk menyatakan bahwa seorang karyawan merupakan karyawan yang baik, memiliki prestasi, dan juga keterangan yang menyatakan karyawan tersebut memang pernah bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Lewat surat rekomendasi ini, maka karyawan tersebut bisa lebih mudah mendapat pekerjaan baru. 

Supaya lebih jelas, berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis dari surat rekomendasi secara umum: 

  1. Employment Recommendation

Jenis surat rekomendasi yang pertama adalah employment recommendation dan sesuai dengan namanya merupakan surat rekomendasi di lingkungan tempat kerja. Surat jenis ini disusun oleh pimpinan perusahaan ataupun pihak yang menjadi wakil pimpinan dan diberikan kepada karyawan yang sudah resign maupun pensiun. 

Surat ini bisa disusun atas permintaan karyawan yang bersangkutan dan untuk berbagai jenis tujuan. Paling sering adalah untuk memudahkan karyawan tersebut mendapatkan pekerjaan baru. Apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan besar, maka surat rekomendasi yang disusun memiliki pengaruh cukup besar. 

  1. Academic Recommendation

Jenis selanjutnya adalah academic recommendation atau surat rekomendasi akademik yang disusun di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi. Surat rekomendasi ini ditujukan kepada siswa yang pindah ke sekolah maupun kampus baru karena satu dan lain hal. 

Bisa juga disusun untuk membantu siswa maupun mahasiswa bisa masuk ke perguruan tinggi yang dituju atau diminati oleh siswa dan mahasiswa tersebut. Sehingga di dalam dunia akademik, surat rekomendasi bisa ditulis oleh guru untuk siswanya di sekolah dan bisa juga ditulis oleh dosen untuk mahasiswanya. 

Surat rekomendasi kuliah paling banyak digunakan untuk memenuhi persyaratan meraih beasiswa pendidikan tinggi. Khususnya ke jenjang S2 sampai S3, dan untuk kuliah keluar negeri masih dibutuhkan lagi satu surat yakni LoA atau Letter of Acceptance yang contohnya bisa dilihat pada daftar 7 contoh surat rekomendasi kuliah di bawah. 

  1. Character Reference

Jenis surat rekomendasi berikutnya adalah character reference yang merupakan surat rekomendasi yang disusun oleh seorang individu atau perorangan dan ditujukan kepada individu lain. Surat ini umumnya disusun oleh orang yang dikenal luas masyarakat, bisa dikatakan sebagai tokoh penting di masyarakat. 

MIsalnya Ketua RT, Kepada Desa, publik figur, dan lain sebagainya. Namun, surat rekomendasi jenis ini juga bisa ditulis oleh orang yang tidak memiliki pengaruh luas. Misalnya ditulis oleh anggota keluarga dari penerima surat itu sendiri dengan tujuan yang juga cukup beragam. 

Format Surat Rekomendasi Kuliah

Surat rekomendasi kuliah masuk ke dalam kategori surat resmi dan sebagaimana surat resmi pada umumnya, terdapat format yang menentukan strukturnya. Format ini yang kemudian membuat 7 contoh surat rekomendasi kuliah banyak dicari, karena bisa menjadi panduan agar bisa menyusunnya dengan baik dan benar. 

Supaya lebih mudah dipahami dan kemudian disusun sesuai dengan format umum, berikut detail format susunannya: 

  • Kop surat, yang menunjukan informasi sumber dimana surat tersebut ditulis dan berlaku untuk surat rekomendasi kuliah dan surat rekomendasi pekerjaan. 
  • Judul, mencantumkan inti dari isi surat yang menjelaskan secara sekilas agar penerima surat bisa lebih mudah dan tertarik membaca isi surat di bagian bawah. 
  • Nomor surat, merupakan bagian yang menjelaskan nomor urut dari surat tersebut khususnya surat yang dikeluarkan oleh lembaga, instansi, dan institusi tertentu. 
  • Isi, terdiri dari pernyataan pihak yang memberikan rekomendasi, bahwa surat tersebut dibuat tanpa ada paksaan dari pihak manapun sehingga ditulis dengan sukarela dan sesuai dengan kondisi real di lapangan. 
  • Penutup, berisi kalimat penutup yang juga memperjelas manfaat atau tujuan dari penulisan surat rekomendasi tersebut dan permohonan agar bisa digunakan atau dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh penerima. 
  • Identitas penulis surat, mencantumkan informasi mengenai pihak yang diberikan rekomendasi (applicant), mulai dari nama lengkap, tempat/ tanggal lahir, alamat, dan lain sebagainya yang sekiranya perlu untuk dicantumkan.

Khusus untuk surat rekomendasi kuliah dimana 7 contoh surat rekomendasi kuliah bisa dilihat di bawah, wajib menyampaikan karakter, kepribadian, prestasi, maupun kompetensi yang dimiliki oleh seorang mahasiswa yang menjadi penerima. Isinya juga mencakup semua keahlian yang dimiliki atau dikuasai oleh penerima. 

Baik itu keahlian di bidang akademik maupun non akademik, selain itu bisa juga menyampaikan detail mengenai pengalaman penelitian (khusus dosen) yang sudah dilaksanakan. Sehingga siapa saja yang ingin mendapatkan surat rekomendasi perlu mencantumkan informasi selengkap mungkin agar bisa dicantumkan di dalam isi surat tersebut. 

Baca Juga:

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Contoh CV Dosen 

Tips Memulai Karir Dosen 

7 Contoh Surat Rekomendasi Kuliah 

Meskipun surat rekomendasi kuliah terdengar mudah untuk disusun, aktualnya harus terikat oleh format yang berlaku secara umum. Sekaligus ditulis secara khusus dengan melihat karakter, kepribadian, kompetensi, dan prestasi apa saja yang berhasil diraih penerimanya. 

Sehingga memperhatikan 7 contoh surat rekomendasi kuliah menjadi langkah penting. Berikut adalah beberapa diantaranya: 

1. Contoh Surat Rekomendasi Kuliah S2 untuk Mahasiswa 

PENILAIAN KELAYAKAN AKADEMIK

UNTUK MENERIMA BEASISWA UNGGULAN PROGRAM MAGISTER (S2)

Saya yang bertandatangan dibawah ini:

Nama         :

Jabatan           :

NIP            :

Dengan ini memberi rekomendasi bagi:

Nama          :

Kelayakan akademik pelamar untuk mengikuti program pendidikan S2:

_______________________________________________ (menyebutkan jurusan dan kampus tujuan menempuh S2). 

Saat ini, yang bersangkutan telah diterima di S2 Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Tahun Angkatan 2015/2016.

Saya memberikan rekomendasi kepada yang bersangkutan untuk memperoleh bantuan biaya Pendidikan S2, yakni Beasiswa Unggulan yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Demikian surat rekomendasi ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Pemberi Rekomendasi,

(Menyebutkan nama dan jabatan yang dipegang).

2. Contoh Surat Rekomendasi Kuliah S2 untuk Karyawan 

PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BESAR

DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA

SD NEGERI 5 PEUKAN BADA

Alamat: Jl. Hasan Dek No. 30 Peukan Bada Telp. (6503) 654356

SURAT REKOMENDASI

Nomor: 09/SD/PBD/XII/2016

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                      : Drs. Andhika Pratama. 

Pangkat/Golongan      : Pembina/ IV / B

Jabatan                   : Kepala Sekolah SD Negeri 5 Peukan Bada

Unit Kerja                    : SD Negeri 5 Peukan Bada

Instansi                        : Dinas Pendidikan

NIP                              : 76543218 987654 3 5009 

Memberi rekomendasi/izin kepada:

Nama                      : Sutoyo Raharjo

Pangkat/Golongan     : Penata Muda/ III/ B

Jabatan                   : Wali Kelas

Unit Kerja                   : SD Negeri 5 Peukan Bada

Instansi                      : Dinas Pendidikan

NIP                             : 76576546 765787 6 7770

Untuk melanjutkan studi/pendidikan mulai tahun akademik 2021-2022, pada :

Perguruan Tinggi                    : Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Fakultas                          : Ilmu Pendidikan

Jurusan/Program Studi          : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jenjang                               : S1 (Strata Satu)

Demikianlah surat rekomendasi ini saya buat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Peukan Bada, 14 September 2021 

Kepala Sekolah

Drs. Andhika Pratama

3. Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa untuk Siswa SMA  

SMA Dian Kasih

Jl. Citra 5 No 23 Blok A, Kebayoran – Jakarta Barat

Telp (021) 573693923

SURAT REKOMENDASI BEASISWA

No. 22/PTSMI/09/2019

Saya yang bertandatangan:

Nama : Ika Ismawati 

Jabatan : Kepala sekolah

Jurusan : IPA

Sekolah : SMA Dian Kasih

Alamat : Jl. Citra 5 No 23 Blok A, Kebayoran, Jakarta Barat

Memberi rekomendasi kepada:

Nama : Lina Ariel

Alamat : Perumahan Green Court Jl. Boulevard, Jakarta Barat

Asal Instansi : SMA Dian Kasih

Status : Alumni SMA Dian Kasih

Saya merekomendasikan mahasiswa kami, Rubi Niryana, untuk mendapatkan program beasiswa di Universitas Teknologi Jakarta. Oleh karena itu, saya mengharapkan dia menjadi salah satu penerima beasiswa dari SMA Dian Kasih demi keberhasilan dalam studi / penelitiannya sehingga apa yang dia dapatkan dari hasil studi / penelitiannya tersebut dapat bermanfaat di masa depan untuk almamater khususnya dan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya.

Dengan hormat,

(Tanda tangan)

Ika Ismawati 

NIP: 093268700

4. Contoh Surat Rekomendasi S2

SURAT REKOMENDASI 

Yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama : Prof. (RIS). Hermawan Sulistyo, PhD. 

Jabatan : Research Professor – LIPI 

Memberikan rekomendasi kepada nama yang tercantum di bawah ini: 

Nama : M. Supriyadi 

TTL : Tuban, 21 Januari 1980

Asal Sekolah : S1 Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Malang, Jawa 

Alamat : Jl. Durentiga No. 18 Malang, Jawa Timur. 

No. Telepon : 0857-4008-8989

Untuk mengikuti perkuliahan S2 di Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia di Jakarta, Jawa Barat. 

Demikian surat rekomendasi ini dibuat dan diharapkan bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. 

Malang, 14 September 2021 

Hormat saya, 

Prof. (RIS). Hermawan Sulistyo, PhD.

5. Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Kuliah 

PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO 

DINAS PENDIDIKAN 

SMA NEGERI 1 BLIMBINGSARI 

Ngentak Tirto Rahayu Galur Kulon Progo Telp. (0271) 123456

SURAT REKOMENDASI BEASISWA 

Nomor: 788/SMA/IX/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama : Drs. Sumarwastuti

Jabatan : Kepala Sekolah 

NIP : 123499999990

Dengan ini memberikan rekomendasi kepada:

Nama : Tony Andariska Putra

Kelas : XII 

Alamat : Memasan, Bulu Lendah, Kulon Progo 

Nama Orangtua : Ateng Kadarisman 

Pekerjaan Orangtua : Petani 

Alamat Orangtua : RT 01/05 Memasan, Bulu Lendah, Kulon Progo 

Yang bersangkutan memang benar adalah siswa SMA Negeri 1 Blimbingsari dan berdasarkan dari hasil evaluasi belajar terakhir yang telah kami laksanakan. Diketahui bahwa siswa yang bersangkutan memiliki prestasi akademik yang bagus. Berikut adalah rincian prestasi akademik siswa tersebut: 

  1. Kelas X, Peringkat 1 di Semester 1. 
  2. Kelas X, Peringkat 1 di Semester 2. 

Berdasarkan prestasi akademik yang berhasil diraih oleh saudara Tony Andariska Putra, saya selaku perwakilan sekolah menganggap siswa tersebut layak untuk mendapatkan beasiswa. Maka dengan surat ini pihak sekolah merekomendasikan agar siswa yang bersangkutan bisa memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

Demikian surat rekomendasi ini dibuat sebenar-benarnya an diharapkan bisa digunakan sebagaimana mestinya. 

Galur, 14 September 2021 

Kepala Sekolah, 

Drs. Sumarwastuti. 

NIP: 123499999990

6. Contoh Surat Rekomendasi Kuliah

PEMERINTAH KABUPATEN WAJO 

DINAS PENDIDIKAN 

UPT DINAS PENDIDIKAN KEC. BELAWA 

SD NEGERI 777 BELAWA 

Jl. Contoh Surat No. 174 Belawa

SURAT REKOMENDASI 

Nomor: 421.1/200/X/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama : Ardiansyah, S.Pd. 

NIP : 19788 8990 890 

Pangkat/Golongan : Pembina, IV b

Jabatan : Kepala Sekolah 

Unit Kerja : SD Negeri 777 Belawa 

Instansi : Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo

 

Memberikan rekomendasi atau izin kepada: 

Nama : Firman Mansyur, A.Md., S.Kom. 

NIP : 19900 000 999 000 

Pangkat/Golongan : Penata, III/a

Jabatan : Guru Kelas V

Unit Kerja : SD Negeri 777 Belawa 

Instansi : Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo 

Untuk melanjutkan studi atau pendidikan di tahun ajaran 2021/2021 pada: 

Perguruan Tinggi : Universitas Terbuka 

Fakultas : Ilmu Pendidikan 

Jurusan : Pendidikan 

Program Studi : PGSD 

Jenjang : S1 (Strata 1) 

Demikian surat rekomendasi ini diberikan menggunakan data yang sebenar-benarnya dan kemudian bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya. 

Belawa, 14 September 2021 

Kepala Sekolah, 

Ardiansyah, S.Pd.

NIP. 19788 8990 890

7. Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Kuliah

KEMENTERIAN AGAMA 

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI 

MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 

Jl. Gajayana No. 50, Malang 65141, Telp. (0341) 551354

SURAT REKOMENDASI 

Nomor: Un.01/Kp.09/XV/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang: 

Nama : Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M. Si. 

NIP : 1989000 900 8900 

Pangkat / Golongan : Pembina Utama, IV.a

Jabatan : Guru Besar / Rektor 

Instansi : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 

Memberikan referensi kepada: 

Nama : Charis Fauzan, S.Kom. 

Asal Institusi : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 

Alamat Institusi : Jl. Gajayana No. 50 Malang 

Fakultas / Jurusan : Fakultas Sains dan Teknologi  Jurusan Teknik Informatika 

Status : Alumni perguruan tinggi keagamaan 

Untuk mengikuti seleksi Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk tahun anggaran 2021 dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. 

Demikian surat rekomendasi ini dibuat dengan sebenarnya dan dipergunakan sebagaimana mestinya. 

Malang, 14 September 2021 

Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M. Si. 

NIP. 1989000 900 8900

7 contoh surat rekomendasi kuliah di atas tentu bisa dijadikan panduan agar tidak lagi melakukan kesalahan saat harus menyusunnya. Formatnya tentu sudah disesuaikan dengan aturan yang ada, dan bisa menyesuaikan dengan tujuan pembuatan surat rekomendasi tersebut. 

Artikel Terkait:

Contoh Esai Beasiswa 

Beasiswa LPDP Dosen Tahun 2021, Catat Tanggal Pentingnya!

Kunci Meraih Beasiswa Magister dan Doktor

Kiat Sukses Menembus Beasiswa Luar Negeri

Syarat Pengajuan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia

Sekilas Tentang Beasiswa Unggulan Masyarakat Beprestasi

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja