fbpx

D3 Keperawatan UNEJ Gandeng Penerbit Deepublish Gelar Workshop Penulisan Buku Ajar

workshop penulisan
Program Studi D3 Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember (Unej) mengadakan workshop penulisan buku ajar yang diselenggarakan (24/11), di Aula Universitas Jember Kampus Lumajang. (Sumber foto: istiemwa)

Lumajang – Sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran Program Studi D3 Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember (UNEJ) mengadakan workshop penulisan buku ajar. Acara yang diselenggarakan pada (24/11), di Aula Universitas Jember Kampus Lumajang ini diikuti seluruh dosen D3 Keperawatan FKEP Kampus Lumajang, dan peserta AA yang diadakan LP3M Unej.

Ketua panitia acara R. Endro Sulistyono., S.Kep.Ners.M.Kep. menuturkan, latar belakang diselenggarakan workshop penulisan ini melihat ilmuwan atau dosen dengan tugas utamanya adalah mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan-teknologi. Tak hanya itu tetapi juga seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

”Kedudukan dosen sebagai tenaga professional, berfungsi meningkatkan martabat dan perannya sebagai agen pembelajaran, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pengabdian pada masyarakat dalam kerangka meningkatkan mutu pendidikan nasional,” paparnya.

Ia melanjutkan, beban kerja dosen mencakup kegiatan pokok. Yaitu, perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian. Di samping itu, melaksanakan tugas tambahan dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pendidik dan pembelajar setiap dosen perlu memiliki kompetensi professional, pedagogic, kepribadian dan sosial (UU Guru dan Dosen).

”Nah peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui workshop penulisan buku ajar dengan mengundang narasumber dari Penerbit Deepublish Yogyakarta. Kami berharap buku ajar yang nantinya dihasilkan, dapat menyesuaikan dengan perkembangan pembelajaran revolusi industri 4.0 saat ini,” jelasnya.

Prodi D3 Keperawatan UNEJ menyelenggarakan kegiatan workshop dengan memilih materi-materi sajian sesuai kebutuhan Prodi D3 Keperawatan untuk mempersiapkan media pembelajaran yang sesuai untuk mahasiswanya. Dengan adanya workshop penulisan buku ajar bagi setiap dosen, maka akan meningkatkan nilai di Borang Akreditasi standart 3. Selain itu juga meningkatkan kinerja dosen standart 5.

Workshop Buku Ajar diikuti seluruh dosen D3 Keperawatan FKEP Kampus Lumajang, dan peserta AA yang diadakan LP3M Unej. (Sumber foto: istimewa)

”Sehingga dapat meningkatkan nilai akreditasi, yang awalnya B menjadi A pada Prodi D3 Keperawatan UNEJ Kampus Lumajang,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, hasil dari workshop penulisan ini para dosen bisa melaksanakan pembelajaran berdasarkan paradigm baru Era Revolusi Indutri 4.0 di perguruan tinggi. Selain itu, mampu merancang, menyusun, dan mengembangkan buku ajar sesuai era sekarang, mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai perubahan zaman saat ini.

”Diharapkan setekah diadakan kegiatan ini, Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan UNEJ mampu meyusun dan mengembangkan serta mempublikasikan Buku Ajarnya,” pungkasnya.

General Manager Penerbit Deepublish Farida Nurul Hidayati sebagai narasumber workshop pembuatan buku ajar menuturkan, tema yang diusung dalam workshop penulisan kali ini yaitu ‘Merancang Buku Ajar Era Revolusi Industry 4.0’. Pada pembukaan, pihaknya menjelaskan tentang profil penerbit Deepublish yang notabene penerbit buku pendidikan dan buku ajar. Meski seiring perkembangannya saat ini, juga menerbitkan buku nonfiksi.

”Yang kami ulas pertama adalah tentang buku ajar. Selanjutnya, teknik penulisan buku ajar yang terdiri dari struktur, layout, bagian-bagian buku, dan pengembangan isi. Kemudian, membahas metode penyusunan buku ajar, yaitu analisis kebutuhan bahan ajar, penyusunan peta bahan ajar,” terangnya.

Farida melanjutkan, dalam materi yang disampaikan juga membahas cara praktis menulis buku ala Deepublish. Yang terdiri dari tips dan strategi sukses menulis buku ajar dan buku referensi. Dan pengenalan media online e-book atau googlebook.

”Selanjutnya kami juga melakukan pendampingan penulisan draft buku ajar,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, usai workshop penulisan ini semoga para dosen termotivasi untuk segera menulis dan menerbitkan buku ajarnya. Pihak Deepublish juga membuka peluang bagi dosen yang ingin menerbitkan bukunya dengan pendampingan khusus dari tim Deepublish. (duniadosen.com/taw)

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja