fbpx

Nusantara 2017: Program Riset Bersama antara Indonesia dan Perancis

dana riset

Pemerintah Indonesia dan Perancis berkomitmen dalam kerja sama penelitian dalam bentuk program dana riset, NUSANTARA 2017.

Pemerintah Indonesia bersama dengan Pemerintah Prancis kembali meluncurkan Program NUSANTARA 2017. NUSANTARA merupakan program pemberian dana riset bersama antara Kemenristekdikti, Kemenlu, French Ministry of Foreign Affairs and International Development (MAEDI), dan French Ministry of Higher Education and Research (MESR).

Program pemberian dana riset ini mendukung seluruh proyek penelitian yang diusulkan oleh pusat-pusat penelitian. Proyek penelitian yang dapat diajukan mencakup berbagai bidang penelitian seperti:

tes banner iklan

  1. Teknologi pangan,
  2. Energi,
  3. Kesehatan,
  4. Kelautan,
  5. Teknologi Transportasi,
  6. Teknologi Informasi dan Komunikasi,
  7. Ilmu Sosial,
  8. Perubahan Iklim,
  9. dan Penanggulangan Bencana.

Pengusulan proposal penelitian ini terbuka bagi seluruh universitas, institusi penelitian sektor publik, dan perusahaan swasta.

 

Seleksi

Call for Proposal diselenggarakan tiap tahun. Penilaian proposal dilakukan oleh penilai dari negara masing-masing. Penilai dari Indonesia akan menilai proposal dari Indonesia. Begitu pula penilai dari Perancis menilai proposal dari Perancis.

Kriteria utama dari seleksi ini adalah peneliti muda yang menempuh PhD atau sedang mengerjakan post-doctoral research.

 

Durasi

Proyek yang terpilih berdasarkan call for proposal diberi tenggat waktu dua tahun, 2017 dan 2018. Namun sebelum 20 Desember 2017, ketua proyek riset harus harus mengumpulkan laporan kegiatan tahun pertama.

Laporan tersebut ditulis dalam Bahasa Inggris meliputi proses proyek secara teknis, dan rencana pengeluaran di tahun tersebut. Laporan dikirimkan ke Kedutaan Perancis di Jakarta dan Kemenristekdikti sebelum 20 Desember 2017.

 

Laporan Hasil Akhir

Laporan hasil akhir harus dikirim di 1 bulan setelah proyek berakhir.

 

Publikasi Internasional

Setelah laporan hasil riset selesai, seluruh peserta harus mempublikasikannya ke jurnal internasional yang terindeks Scopus atau Thomsong-Reuters.

 

Pendanaan

Pendanaan penelitian terbagi dalam dua skema yaitu:

   1. Research Scheme

Program ini akan mendanai pengeluaran penelitian yang mencakup bahan baku kecil dan bahan habis pakai atau analisis. Pendanaan ini berlaku KHUSUS bagi penelitian yang dilakukan di dalam wilayah Indonesia (batas maksimum adalah 200 juta rupiah untuk setiap proyek, per tahun). Pengiriman proposal dengan skema ini dapat disampaikan ke:

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan        Pengembangan (RISBANG), Kemenristekdikti – Gedung D, Lantai 4,
Jl.Jend.Sudirman Pintu 1 Gelora Senayan,
Jakarta 10270

 

   2. Mobility Scheme

Skema ini mendanai pengeluaran penelitian yang mencakup perjalanan internasional dan biaya hidup selama jangka waktu penelitian. Pemerintah Perancis akan mendanai misi kunjungan periode singkat (travel and living allowances), baik itu di Perancis atau di Indonesia.

Pemerintah Indonesia akan mendanai misi kunjungan berjangka waktu 2 – 3 minggu di Perancis (training, course) atau di Indonesia (visiting professor). Alokasi pendanaan proyek akan diputuskan oleh panitia seleksi gabungan. Pengiriman proposal dengan skema ini dapat disampaikan ke:

Direktur Karir dan Kompetensi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan
DIKTI (SDID), Kemenristekdikti – Gedung D, Lantai 5
Jl. Jend. Sudirman Pintu 1 Gelora Senayan,
Jakarta 10270

Baca juga: Syarat Akreditasi Universitas Terbaik di Dunia Tarik Mahasiswa Sadar Meneliti

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengumpulkan formulir aplikasi NUSANTARA dan Curriculum Vitae (CV) dalam bentuk hard copies, dimasukkan lengkap dalam amplop bertuliskan “PROGRAM NUSANTARA 2017”.

Informasi lengkap mengenai seleksi dan formulir pendaftaran dapat melihat tautan berikut:

 

Sumber: http://ristekdikti.go.id/program-nusantara-2017/

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja