fbpx

Data Dosen dan Informasi Akademik Lainnya Terpusat di PDDIKTI

data dosen

Website PDDIKTI memberikan grafik statistik tentang jumlah perguruan tinggi, program studi, data mahasiswa, data dosen, dan lain sebagainya.

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau yang sering disingkat dengan nama PDDIKTI Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi adalah satu satu portal website pendidikan yang penting di Indonesia.

Sebagai salah satu website yang menjadi data base hal-hal dasar terkait dengan perguruan tinggi termasuk data dosen, PDDIKTI menjadi alamat yang seharusnya sering dikunjungi oleh dosen ataupun mahasiswa.

Tidak hanya itu, calon mahasiswa dan orang tua mahasiswa juga bisa memanfaatkan website tersebut untuk menggali informasi lebih jauh terkait dengan dunia pendidikan tinggi. Dengan kata lain, mereka dapat mencari informasi terkait dengan profil perguruan tinggi ataupun jurusan yang akan dijadikan tempat untuk menuntut ilmu melalui website PDDIKTI tersebut.

Selain itu, halaman website tersebut juga menjadi salah satu pusat informasi penting bagi dosen, khususnya hal-hal yang menyangkut tentang perkembangan dunia dosen.

Adapun beberapa menu yang bisa dilihat dari website PDDIKTI tersebut yaitu terkait dengan profil perguruan tinggi, jurusan, data dosen, bahkan mahasiswa. Selain itu, ada beberapa informasi yang menyangkut tentang perguruan tinggi dalam bentuk berita, baik untuk dosen ataupun mahasiswa.

Lebih jauh lagi, website tersebut juga memberikan grafik statistik yang menyangkut jumlah perguruan tinggi, program studi, mahasiswa, dosen, dan lain sebagainya. Dari data yang dipaparkan tersebut, maka selanjutnya bisa dilihat perbandingan antara jumlah data dosen dan mahasiswa yang ada di Indonesia.

Tidak mengherankan apabila kemudian pemerintah memiliki program beasiswa untuk menghasilkan dosen-dosen yang berkualitas di Indonesia. Hal tersebut tentu tidak dapat dilepaskan dari jumlah dosen di Indonesia yang dinilai jauh dari mencukupi.

Dengan kata lain, data dosen kemudian bisa menjadi rujukan bagi pemangku kepentingan untuk merumuskan kebijakan yang tepat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Selanjutnya, ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari adanya website PDDIKTI tersebut. Manfaat tersebut tidak hanya bisa didapatkan oleh dosen dan mahasiswa, tetapi juga oleh aktor-aktor lain yang berkepentingan dengan pendidikan tinggi.

1. Informasi Penting bagi Dosen

PDDIKTI bisa dimanfaatkan oleh dosen untuk mencari berbagai informasi yang menyangkut tentang dunia dosen. Beberapa informasi yang bisa dimanfaatkan yaitu seperti panduan registrasi bagi dosen baru, kemudian terkait dengan sertifikasi dosen, hingga hal-hal lain yang menyangkut tentang pensiun dosen.

Selain itu, dosen juga bisa masuk ke dalam sistem website PDDIKTI tersebut untuk selanjutnya mengakses berbagai informasi, termasuk memperbaharui data dosen yang dimilikinya. Data tersebut penting untuk dibuat supaya publik dapat melihat data dosen berupa profil yang bersangkutan.

2. informasi Penting bagi Mahasiswa

PDDIKTI pada dasarnya juga bermanfaat bagi mahasiswa karena mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi yang menyangkut tentang perguruan tinggi. Secara spesifik, mahasiswa bisa melihat perkembangan dari proses perkuliahan yang dijalaninya.

Dengan kata lain, mahasiswa yang bersangkutan bisa melakukan pengecekan terkait dengan jumlah SKS dan mata kuliah yang sudah diambil, meskipun sebenarnya mahasiswa yang bersangkutan dapat melihat informasi tersebut dari portal akademik masing-masing perguruan tinggi.

3. Informasi untuk Orang Tua Mahasiswa

PDDIKTI juga secara tidak langsung bisa dimanfaatkan oleh orang tua mahasiswa untuk melakukan pengecekan terhadap jumlah mata kuliah yang sudah diambil oleh putra putrinya. Tidak hanya jumlah mata kuliah, orang tua mahasiswa juga dapat melihat mata kuliah apa saja yang telah diambil oleh putra putrinya tersebut.3

4. Informasi Penting bagi Calon Mahasiswa

PDDIKTI juga tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang sudah memasuki dunia pendidikan tinggi, tetapi juga bagi mereka yang akan memasuki dunia perguruan tinggi. Dengan kata lain, calon mahasiswa dapat melihat profil perguruan tinggi dan program studi yang ditawarkan melalui website PDDIKTI tersebut.

Lebih jauh lagi, calon mahasiswa yang bersangkutan juga bisa melihat data dosen yang menjadi tenaga pengajar tetap di masing-masing program studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi.

5. Informasi bagi Pemangku Kebijakan Perguruan Tinggi

PDDIKTI secara tidak langsung juga dapat dimanfaatkan oleh para pemangku kebijakan untuk merumuskan kebijakan yang tepat terkait dengan pendidikan tinggi. Banyaknya data atau angka statistik yang ada di website tersebut tentu bisa dimanfaatkan sebagai referensi dalam pengambilan keputusan.

Sebagai salah satu website yang penting bagi dunia pendidikan tinggi di Indonesia, website PDDIKTI pada dasarnya masih memiliki pekerjaan rumah untuk diperbaiki. Dengan kata lain, banyak data-data yang seharusnya sudah diperbaharui, tetapi masih belum diperbaharui.

Baca juga: Hibah Kompetitif Nasional Kemenristek Dikti, Hibah dengan Dana Besar

Sebagai salah satu contohnya pada data dosen di setiap program studi. Ada beberapa dosen yang sudah menjadi dosen tetap di program studi tersebut, tetapi namanya tidak tercantum di dalam sistem website tersebut.

Jumlah dosen dari program studi yang seharusnya berjumlah 20 hanya tercantum 10 nama saja sebagai salah satu contohnya. Perbaikan data tersebut tentu tidak hanya menjadi pekerjaan rumah bagi pengelola website, tetapi juga dosen yang bersangkutan apabila perannya memang dibutuhkan di dalam website tersebut.

 

Sumber:

Website resmi PDDIKTI, www.forlap.pddikti.go.id diakses pada hari Minggu tanggal 27 Maret 2016 pukul 14.30 WIB.

 

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322