fbpx

Ini Cara Atasi Data Tidak Eligible pada SISTER

sertifikasi dosen
sertifikasi dosen

Ini Cara Atasi Data Tidak Eligible pada SISTER

  1. Saya tidak eligible karena Pendidikan pada SISTER tidak update

Data pendidikan di sinkronisasi dari PDDIKTI, untuk memperbaharui data pendidikan anda silahkan klik menu Kualifikasi dan pilih Pendidikan Formal. Ajukan perubahan data sesuai dengan data yang sebenarnya. Ajuan ini melalui tahap yang harus divalidasi secara berjenjang. Setelah diajukan dosen, usulan akan divalidasi oleh bagian kepegawaian PT dan validasi ditingkat LLDIKTI untuk PTS dan Kemenristekdikti untuk PTN. Proses validasi ini membutuhkan waktu, untuk itu ajukan perubahan data anda sedini mungkin.

  1. Saya tidak eligible karena Kepangkatan pada SISTER tidak update

Data Kepangkatan di sinkronisasi dari PDDIKTI, untuk memperbaharui data kepangkatan anda silahkan klik menu Profil dan pilih Kepangkatan. Ajukan perubahan data sesuai dengan data yang sebenarnya. Ajuan ini melalui tahap yang harus divalidasi secara berjenjang. Setelah diajukan dosen, usulan akan divalidasi oleh bagian kepegawaian PT dan validasi ditingkat LLDIKTI untuk PTS dan Kemenristekdikti untuk PTN. Proses validasi ini membutuhkan waktu, untuk itu ajukan perubahan data anda sedini mungkin.

  1. Saya tidak eligible karena Jabatan Fungsional pada SISTER tidak update

Data Jabatan Fungsional di sinkronisasi dari PDDIKTI, untuk memperbaharui data Jabatan Fungsional anda silahkan klik menu Profil dan pilih Jabatan Fungsional. Ajukan perubahan data sesuai dengan data yang sebenarnya. Ajuan ini melalui tahap yang harus di validasi secara berjenjang. Setelah diajukan dosen, usulan akan divalidasi oleh bagian kepegawaian PT dan validasi ditingkat LLDIKTI untuk PTS dan Kemenristekdikti untuk PTN. Proses validasi ini membutuhkan waktu, untuk itu ajukan perubahan data anda sedini mungkin.

  1. Saya tidak eligible karena masa kerja pada SISTER kurang

Data masa kerja di sinkronisasi dari PDDIKTI dan diambil dari data Tanggal Mulai Menjadi Dosen (TMMD). Jika data anda tidak sesuai, untuk memperbaharui data TMMD anda silahkan klik menu Profil dan pilih Data Pribadi. Klik menu/tombol hijau Ajukan perubahan data pada kotak data Kepegawaian. Isikan data sesuai dengan data yang sebenarnya dengan SK yang anda miliki. Ajuan ini melalui tahap yang harus di validasi secara berjenjang. Setelah diajukan dosen, usulan akan divalidasi oleh bagian kepegawaian PT dan validasi ditingkat LLDIKTI untuk PTS dan Kemenristekdikti untuk PTN. Proses validasi ini membutuhkan waktu, untuk itu ajukan perubahan data anda sedini mungkin.

  1. Saya tidak eligible karena Inpassing pada SISTER tidak update

Data Inpassing dapat diperbaharui pada aplikasi SISTER. Silahkan klik menu Profil dan pilih Inpassing. Silahkan isikan data inpassing anda sesuai SK yang anda miliki.

  1. Bagaimana melengkapi riwayat pengajaran pada SISTER

Data Riwayat Pengajaran di sinkronisasi dari PDDIKTI yang bersumber dari data yang disetor oleh masing-masing PT melalui aplikasi feeder PDDIKTI. Untuk memperbaharui data riwayat pengajaran anda silahkan melapor ke petugas feeder PDDIKTI kampus anda untuk mengirimkan update data riwayat pengajaran ke PDDIKTI melalui aplikasi feeder.

  1. Status Pengajuan oleh PTU

Dalam upaya untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan Serdos, maka SISTER menyediakan fasilitas pengajuan Serdos bagi dosen yang masuk data eligible (D1). Data tersebut merupakan data ajuan D3 dan D4 yang di mana pengajuan tersebut dilakukan oleh PTU baik ditingkat PTN, PTS, LLDIKTI, maupun PT Kementerian Mitra dan LPNK. Data yang ditampilkan merupakan proses ajuan Serdos, apakah diajukan sebagai calon DYS (D4) oleh PTU dan sudah disahkan oleh Pimpinan atau tidak.

Gambar 4. Status Pengajuan belum dikonfirmasi oleh PTU

Pada Gambar 4 di atas merupakan tampilan dari status pengajuan calon DYS yang dimana menunggu konfirmasi dari PTU apakah diajukan menjadi calon DYS atau tidak. PTU harus segera melakukan konfirmasi dan mengesahkan data D3 sebelum waktu Verifikasi D3 berakhir, jika tidak maka tidak akan diproses menjadi calon DYS (D4) dan akan mengikuti Serdos pada periode berikutnya.

Gambar 5. Status Pengajuan tidak diusulkan namun belum disahkan oleh Pimpinan

Pada Gambar 5 di atas merupakan tampilan dari status pengajuan calon DYS yang dimana tidak diusulkan oleh PTU namun belum disahkan oleh Pimpinan (Unggah Surat Pernyataan Pengajuan DYS). Pada status ini calon bakal DYS masih bisa diubah status pengajuannya oleh PTU.

Gambar 6. Status Pengajuan tidak diusulkan namun belum disahkan oleh Pimpinan

Pada Gambar 6 di atas merupakan tampilan dari status pengajuan calon DYS yang dimana tidak diusulkan oleh PTU dan sudah disahkan oleh Pimpinan PTU. Pada status ini calon bakal DYS tidak akan diusulkan menjadi data D4 dan bisa mengikuti Serdos pada periode berikutnya.

Gambar 7. Status Pengajuan diajukan namun belum disahkan oleh Pimpinan

Pada Gambar 7 di atas merupakan tampilan dari status pengajuan calon DYS yang dimana telah diajukan oleh PTU namun belum disahkan oleh Pimpinan (Unggah Surat Pernyataan Pengajuan DYS). Pada status ini calon bakal DYS masih bisa diubah status pengajuannya oleh PTU.

Gambar 8. Status Pengajuan diajukan dan sudah disahkan oleh Pimpinan

Pada Gambar 8 di atas merupakan tampilan dari status pengajuan calon DYS yang dimana telah diajukan oleh PTU dan sudah disahkan oleh Pimpinan. Pada status ini calon bakal DYS akan diajukan ke tingkat Nasional dan akan disahkan sebagai calon DYS. Ketika sudah disahkan di tingkat Nasional, calon DYS sudah bisa mengisikan portofolio sebagai syarat kelengkapan yang dibutuhkan dalam proses Serdos.

Redaksi

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322