fbpx

Ditjen Dikti Berikan Akses WPS Office VIP Gratis ke 500 Perguruan Tinggi di Indonesia

Dikti berikan WPS Office VIP Gratis

Dikti berikan WPS Office VIP Gratis. Menggunakan perangkat lunak Office menjadi primadona sejak lama sampai detik ini, sebab bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Selain identik digunakan oleh karyawan kantoran, Office juga digunakan rutin oleh dosen dan mahasiswa. Saat ini ada banyak perangkat lunak Office bisa digunakan, ada yang gratis ada juga yang berbayar. 

Menggunakan versi gratis memang menyenangkan, namun versi berbayar cenderung kaya fitur sehingga lebih maksimal dalam mengerjakan apapun di lembar kerja. Meskipun Microsoft Office masih mendominasi, namun biaya upgrade ke versi legal cukup mahal. Banyak yang beralih ke perangkat lunak lain seperti WPS Office, Open Office, Libre Office, dan lain-lain. 

Bagi siapa saja yang ingin menggunakan perangkat lunak Office legal tentunya bisa mempertimbangkan alternatif tersebut, karena cenderung lebih ekonomis. Namun, semurah-murahnya upgrade tentu tetap ada biaya yang keluar. Kabar baik datang dari Ditjen Dikti yang menyediakan akses gratis ke WPS Office VIP selama 2 tahun penuh. 

WPS Office Gratis Selama 2 Tahun 

Dikti berikan WPS Office VIP Gratis

Melalui akun resmi Instagramnya, Ditjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) resmi mengumumkan penyediaan akses gratis ke WPS Office VIP selama 2 tahun. Postingan pada 14 Oktober 2021 tersebut mencantumkan bahwa akses gratis diberikan kepada dosen dan mahasiswa. 

Melalui kerjasama antara Ditjen Dikti dengan Huawei, maka disediakan akses Indonesia maka disediakan akses gratis selama 2 tahun ke WPS Office. Akses gratis ini sendiri ditujukan ke 500 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Bagi pengguna setiap WPS Office, tentunya kabar ini sangat menggembirakan. 

Apalagi jika selama ini selalu menggunakan versi gratisnya, maka bisa mencoba mencicipi keunggulan versi VIP yang sifatnya berbayar. Dilansir dari berbagai sumber, WPS Office VIP menghadirkan lebih banyak fitur. 

Hal ini membuatnya lebih multifungsi sekaligus lebih mudah mengerjakan pekerjaan apapun di dalam WPS Office. Baik untuk penggunaan WPS Writer, WPS Presentation, maupun WPS Spreadsheet. 

Baca Juga:

Cara Mendapatkan Akses Gratis ke WPS Office VIP 

Supaya bisa mendapatkan akses gratis ke WPS Office VIP hasil kerjasama antara Ditjen Dikti dengan Huawei Indonesia. Maka berikut adalah langkah-langkahnya: 

1. Unduh Aplikasi WPS Office 

Langkah yang pertama adalah menginstal aplikasi WPS Office ke perangkat yang digunakan bekerja. Cara mengunduh WPS Office VIP gratis dijelaskan harus melakukan scanning ke kode QR yang tertera di gambar postingan feed Instagram Ditjen Dikti. 

Usai melakukan scanning, maka akan langsung terhubung ke situs khusus untuk proses instalasi. Silahkan ikuti prosedur yang tertera di layar dan tunggu sampai proses instalasi selesai dilakukan. Baru kemudian berlanjut ke tahap kedua pada poin berikutnya. 

2. Verifikasi Identitas

Tahap berikutnya adalah verifikasi identitas, jadi seperti yang dijelaskan sebelumnya. Akses WPS Office VIP secara gratis ditujukan untuk 500 perguruan tinggi di Indonesia. Mengingat jumlah perguruan tinggi di tanah air lebih dari 500 PT. Maka tidak semua PT mendapatkan akses ini. 

Jadi, silahkan mencoba dulu melakukan instalasi kemudian melakukan verifikasi identitas seperti yang diminta pada tampilan layar. Usai proses verifikasi dan dinyatakan disetujui maka bisa mengecek email yang dimasukan saat verifikasi identitas. Jika tidak ada di inbox bisa ke spam. 

3. Login dan Daftar WPS Office 

Berikutnya, bisa membuka aplikasi WPS Office yang sudah diinstal kemudian melakukan login khusus bagi siapa saja yang sudah punya akun di WPS Office tersebut. Jika belum, maka terlebih dahulu perlu melakukan registrasi sesuai ketentuan yang berlaku. 

4. Aktifkan di Inbox 

Supaya akses gratis ke WPS Office bisa didapatkan maka wajib diaktifkan dulu. Sesuai penjelasan pada poin nomor 2 di atas, setiap peserta yang memperoleh akses ini akan mendapatkan kiriman email. Email ini adalah email untuk mengaktifkan akses gratis ke WPS Office. 

Jadi, segera aktifkan dengan membuka email tersebut. Jika tidak ada di inbox maka bisa mengeceknya di spam. Jika proses verifikasi Identitas berhasil dilakukan, maka seharusnya email aktivasi WPS Office VIP sudah didapatkan. Jika belum, bisa mengulang lagi sampai berhasil. 

Sekilas Tentang WPS Office dan Keunggulannya 

Adanya akses gratis ke WPS Office VIP dari Ditjen Dikti tentu patut disyukuri, sebab WPS Office menjadi alternatif banyak orang untuk menyusun berbagai jenis dokumen. Mulai dari presentasi karena tersedia fasilitas WPS Presentation. Dibandingkan dengan perangkat lunak Office lainnya, WPS Office tentu punya banyak kelebihan. 

Apalagi jumlah pengguna aktif dilansir dari akun resmi WPS Office Indonesia di Facebook mencapai 300 jutaan orang. Jumlah ini tentu besar, sebab masih mengingat dominasi dari Microsoft Word. 

WPS Office diketahui sebagai salah satu penyedia layanan untuk menyusun berbagai jenis dokumen. Mulai dari dokumen dalam format doc, excel, sampai ke format PDF tersedia disini. Jumlah pengguna alternatif Microsoft Word ini semakin bertambah dari waktu ke waktu. 

Pertama, karena versi gratisnya saja sudah canggih yang salah satu keunggulannya adalah menggabungkan konverter PDF ke Doc. Kedua, untuk upgrade ke versi enterprise atau VIP diketahui biayanya tidak semahal Microsoft Word. Namun sekali lagi, semurah apapun tentu akan tetap membutuhkan modal. 

Jika masih berstatus sebagai mahasiswa atau mungkin menjadi dosen aktif di salah satu perguruan tinggi tanah air. Maka bisa memanfaatkan layanan akses gratis ke WPS Office VIP selama 2 tahun sesuai penjelasan di atas. 

Alasan ketiga, adalah karena WPS Office versi VIP ternyata dibuat berbeda dengan versi gratis. Diketahui bahwa versi VIP ini hanya terdiri dari 3 aplikasi, yakni WPS Writer, WPS Presentation, dan juga WPS Spreadsheet. Meski hanya 3, tentunya tiga jenis aplikasi dengan fungsi berbeda-beda ini sudah lebih dari cukup. 

Ketiganya bisa digunakan untuk menyusun laporan dan karya tulis ilmiah (pada WPS Writer). Kemudian bisa digunakan untuk menyusun laporan keuangan pribadi dan pendataan, yakni pada WPS Spreadsheet. Sedangkan untuk kebutuhan mendesain slide presentasi bisa mengandalkan WPS Presentation. 

Ditunjang dengan ukuran aplikasi yang lebih ringan, membuatnya kompatibel untuk perangkat dengan RAM kecil. Selain itu, tampilannya juga dibuat mirip dengan Microsoft hanya saja pada beberapa menu disederhanakan. Langkah ini kemudian membuat WPS sangat bersahabat bagi pemula namun tetap bisa maksimal dalam bekerja. 

Jadi, bagi siapa saja yang sudah familiar dalam menggunakan WPS Office. Tentunya bisa memanfaatkan peluang untuk mengakses versi VIP-nya secara gratis. Akses ini diberikan selama 2 tahun yang tentu bisa menghemat anggaran dalam jumlah yang lumayan. 

Selain itu, bagi siapa saja yang masih asing dengan perangkat lunak Office ini tentu tidak perlu cemas. Aplikasi atau perangkat lunak ini mudah digunakan, mudah dipelajari, dan secara sekilas tampilannya tidak berbeda jauh dengan Microsoft Word. Jadi, tidak perlu ragu mencoba mempelajari penggunaannya karena dijamin tidak akan mendapati kendala. 

Artikel Terkait:

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja