fbpx

Cara LLDIKTI Wilayah XII Ambon Dorong Dosen Menulis Buku Ajar

menulis buku ajar

Ambon –  Ragam upaya Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII Ambon dalam memajukan perguruan tinggi di wilayahnya patut diacungi jempol. Salah satunya dalam meningkatkan mutu dan kualitas dosen dengan budaya menulis. Pihaknya menyelenggarakan “Launching Buku Ajar Dosen”, guna menstimulasi dosen yang belum menulis buku ajar untuk menulis dan yang sudah menulis bisa lebih digiatkan lagi.

Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si mengatakan, peningkatan mutu dan kualitas perguruan tinggi salah satunya yaitu dengan budaya menulis yang professional melalui penulisan buku ajar dosen. Dosen harus terus meningkatkan minat dalam menghasilkan karya tulis salah satunya melalui menulis buku ajar.

“Launching Buku Ajar Dosen Dalam Lingkungan LLDIKTI Wilayah XII Tahun 2019” dilaksanakan pada 17 Agustus 2019 lalu, secara bersamaan di Ambon dan Ternate. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si di Ambon dan Sekretaris LLDIKTI Wilayah XII Dr. J. E. Lekatompessy, SE, M.Si, Ak, CA di Ternate.

Dari diselenggarakan agenda tersebut, terbukti ada 19 judul dari 17 penulis Buku Ajar Dosen dalam Lingkungan LLDIKTI Wilayah XII Ambon yang diluncurkan pada waktu tersebut. Di kesempatan ini juga diserahkan buku ajar yang telah terbit ke beberapa pimpinan PTS. Buku ajar dosen yang diterbitkan memiliki ISBN dan masing-masing penulis mendapatkan 200 eksemplar buku ajar.

Kegiatan Launching Buku Ajar Dosen juga disertai dengan “Bedah Buku Ajar” oleh para penulis dan narasumber. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Dr. Prof. Dr. Leiwakabessy, M.Pd dan Prof. Dr. Prof. Dr. Ali Awan, M.Kes di Ambon, sedangkan Prof. Dr. A. Watloly, M.Hum dan Prof. Dr. T. G. Ratumanan, M.Pd di Ternate.

Para narasumber merupakan Guru Besar Universitas Pattimura Ambon. Dalam bedah buku ajar tersebut, tiga penulis terbaik mempresentasikan buku ajarnya masing-masing, dan diulas oleh para narasumber.

Pada kesempatan itu Kepala dan Sekretaris LLDIKTI Wilayah XII menekankan bahwa mutu sebuah perguruan tinggi tidak hanya dilihat dari satu aspek saja. Melainkan dari banyak aspek, yaitu salah satunya dharma pendidikan dan pengajaran dosen.

Peningkatan mutu dan kualitas perguruan tinggi bisa ditempuh dengan menggiatkan budaya menulis buku ajar dosen. Dosen harus terus meningkatkan karya tulis ilmiahnya yang tak hanya dalam bentuk jurnal tetapi juga menjadi sebuah buku.

Pihaknya berharap, dari digelarnya acara Launching Buku Ajar dosen, ke depannya makin banyak dosen  tergerak dalam menulis buku ajar. Baik peningkatan partisipasi dan keikutsertaan dari dosen PNS maupun dosen yayasan.

Untuk itu LLDIKTI Wilayah XII bersama perguruan tinggi swasta harus terus menghimbau dosen untuk meningkatkan motivasi dosen dalam menulis dan menghasilkan karya tulis. Diantaranya melalui menulis buku ajar dosen.

Karena dengan menulis buku ajar, dosen akan memperoleh banyak benefit. Dosen akan mendapatkan poin untuk menambah prestasi kerja dan prestasi lembaganya. Tak hanya itu, benefit lainnya yaitu mendapatkan poin untuk peningkatan kesejahteraan dosen.

menulis buku ajar

Kegiatan Launching Buku Ajar Dosen juga disertai dengan “Bedah Buku Ajar” oleh para penulis dan narasumber yang terdiri dari Guru Besar Universitas Pattimura Ambon. (Sumber Foto: : lldikti12.ristekdikti.go.id)

Tujuan Kegiatan

  1. Meningkatkan motivasi dosen di wilayah LLDIKTI XII untuk menulis buku ajar.
  2. Meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi melalui penyusunan bahan ajar yang mendukung implementasi RPS.
  3. Meningkatkan mutu dan jumlah publikasi penerbitan buku ajar dosen di wilayah LLDIKTI XII.
  4. Mendorong dosen di lingkungan LLDIKTI XII membuat media pembelajaran yang mendukung buku ajar yang dibuat.
  5. Meningkatkan jumlah dan kualitas penerbitan buku ajar untuk perguruan tinggi yang dikembangkan dari ilmu pengetahuan dan teknologi maupun diturunkan dari hasil penelitian.

Oleh karenanya, dengan diadakannya kegiatan tersebut diharapkan semakin bermunculan karya-karya dosen dalam bentuk buku ajar, yang telah memenuhi standar internasional. Sehingga kemanfaatannya dapat dirasakan oleh sebanyak mungkin sivitas akademika.

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Buku Ajar

  • Bahwa buku ajar berisi bahan–bahan atau materi perkuliahan,
  • Bahan-bahan tersebut disusun secara sistematis yang digunakan dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan,
  • Buku ajar mempunyai struktur dan urutan yang sistematis,
  • Menjelaskan tujuan instruksional yang akan dicapai,
  • Memotivasi siswa untuk belajar,
  • Mengantisipasi kesukaran belajar dalam bentuk bimbingan bagi mahasiswa untuk mempelajari bahan tersebut.
  • Setelah penyajian materi dilanjutkan dengan pemberian latihan,
  • Menyediakan rangkuman,
  • Secara umum berorientasi pada mahasiswa secara individual, bersifat mandiri, sistematis dan lengkap.

Dalam Menulis Buku Ajar Terbagi Atas Beberapa Bagian atau Bab

Buku ajar untuk setiap mata kuliah dapat dibagi menjadi beberapa bagian atau bab. Setiap bab merupakan unit untuk terkecil dari materi kuliah yang memuat konsep secara utuh. Sehingga dapat dipelajari terpisah dari bagian lain, tanpa mengurangi esensinya.

Terkait  batasan pasti jumlah bab buku ajar suatu mata kuliah, sampai saat ini belum ada ketentuannya. Tetapi yang perlu diingat adalah bagian bab diisi dengan sejumlah sub bab. Jumlah halaman buku ajar disesuaikan dengan jumlah SKS tiap mata kuliah. Setiap satu SKS pada buku ajar disarankan berisi antara 40-60 halaman untuk Ilmu Sosial dan 25-40 halaman untuk Ilmu Eksakta.

Referensi:

https://lldikti12.ristekdikti.go.id

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

  • Daftar Kontributor
  • S&K Kontributor
  • Menerbitkan Buku

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…