fbpx

Inilah Alasan Anda Dipilih Sebagai Dosen Pembimbing

dosen pembimbing
“Bu, kira-kira bisa ketemu jam berapa?” “Pak, saya butuh tanda tangan bapak segera. Ada waktu kapan ya Pak?”

Hal diatas tentunya pernah ditemui anda yang pernah menjadi dosen pembimbing skripsi. Bukan hal mudah, meski pekerjaan anda memiliki waktu fleksibel. Saking fleksibelnya, banyak hal yang anda kerjakan diluar jam perkuliahan atau diluar kegiatan akademik. Anda sebagai dosen harus pandai membagi waktu dan memberikan alasan yang tepat agar si mahasiswa tidak dibuat kecewa.

Dipandang dari perspektif mahasiswa, umumnya dosen pembimbing dianggap sebagai penentu nasib cepat atau tidak mahasiswa tersebut lulus. Para mahasiswa berharap mendapat dosen pembimbing yang dapat memudahkan perjalanan mereka dalam menulis skripsi.

Sebab, menulis skripsi tidak hanya butuh banyak riset dan referensi-referensi terkait tema tulisan yang akan dibuat. Namun juga membutuhkan bimbingan dan dukungan dosen yang berpengalaman.

Kekhawatiran mahasiswa cukup beralasan, mengingat mereka perlu memenuhi target waktu kelulusan. Tanggung jawab anda sebagai dosen, yaitu mengantarkan mahasiswa anda ke gerbang kelulusan. Keberhasilan serta kredibilitas juga ditentukan apabila mahasiswa anda berhasil lulus dengan predikat memuaskan.

Baca juga: Mari Menulis Buku Ajar, Inilah Format Penulisan Buku Ajar Yang Baik

Dosen dengan beragam karakter dan sifat, bukan berarti akan luput menjadi dosen pembimbing. Dosen manapun dapat terpilih menjadi seorang dosen pembimbing asalkan memenuhi kriteria. Berikut adalah alasan mengapa anda terpilih menjadi dosen pembimbing.

  1. Kredibilitas dan pengalaman dalam membimbing mahasiswa tidak diragukan. Dosen ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas. Mengingat jam terbang dosen pembimbing amat tinggi.
  2. Disiplin dalam segala hal. Kedisiplinan dosen dibutuhkan untuk menjadi pengingat bagi mahasiswa yang suka menunda skripsi.
  3. Memiliki ketegasan namun tetap disenangi mahasiswa. Dosen ini dapat dikatakan dosen pembimbing killer. Pendapatnya jarang bisa diganggu gugat. Namun, sifat dosen ini adakalanya disenangi mahasiswa. Setidaknya beberapa mahasiswa berpendapat, ketika sidang skripsi mahasiswa tidak jatuh mental menghadapi penguji yang sama killer
  4. Menjunjung tinggi profesionalitas. Anda tidak akan mengabaikan jika ada mahasiswa yang ingin berkonsultasi atau bimbingan di waktu senggang anda.
  5. Memiliki karakter kuat dan tidak mudah terpengaruh. Tipe ini tidak akan mudah menerima gratifikasi atau sejenisnya yang menghalalkan segala cara untuk lulus.

Selain kriteria diatas, dosen pembimbing skripsi juga harus memenuhi syarat dan kriteria yang berlaku pada masing-masing perguruan tinggi. Umumnya, memiliki syarat minimal asisten ahli. Artinya, dosen tersebut ahli dalam bidang tersebut. Bila mahasiswa bertanya mendetil dapat memberikan jawaban atau masukan yang tepat dan logis.

Saat bimbingan tidak terlalu muluk-muluk dan tidak membuat mahasiswanya kebingungan. Memberikan pengarahan namun bukan doktrinasi. Sebab, dalam membuat suatu skripsi, hanya mahasiswa tersebut yang mengetahui latar belakang dan tujuan pembuatan. Jika dosen terlalu mendominasi, mahasiswa akan cenderung kesulitan menentukan pengambilan metode.

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja