fbpx

Undangan Kegiatan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2022

Undangan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi Bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan

Program kewirausahaan di lingkungan perguruan tinggi memang di sejumlah perguruan tinggi sudah disediakan atau dibuka sejak lama. Namun, sejak kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dirilis. Program ini bersifat nasional. 

Artinya seluruh perguruan tinggi di Indonesia baik itu PTN maupun PTS memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan program kewirausahaan tersebut. Sebab di dalam Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki hak untuk mendapatkan mata kuliah wirausaha. 

Harapannya setiap perguruan tinggi bisa mencetak lulusan yang tidak hanya siap menekuni karir di dunia kerja, akan tetapi juga bisa membuka usaha atau berwirausaha. Mendukung berjalannya program ini, Kemendikbud Ristek mengirimkan undangan kegiatan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2022. 

Undangan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi 

Melalui surat edaran dengan nomor 643/LL6/KH.01.01/2022 yang dirilis pada tanggal 17 Mei 2022. Surat edaran ini sekaligus menjadi undangan pendampingan pengelolaan wirausaha di perguruan tinggi bagi dosen pendamping kewirausahaan. 

Undangan ini ditujukan kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi swasta di bawah naungan LLDIKTI Wilayah VI tahun 2022. Diinformasikan pula bagi para pemimpin perguruan tinggi swasta ini untuk mengatakan dosen pendamping kewirausahaan. 

Yakni untuk mengikuti kegiatan yang bertajuk Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2022. 

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan pada Selasa, 24 Mei 2022 pukul 07.30 WIB sampai selesai. Lokasi penyelenggaraan kegiatan sesuai dengan surat undangan tersebut adalah di Hotel Aston Imperium Purwokerto. 

Alamat hotel tersebut adalah di Jl. Overstay Isdiman No. 33, Glempang, Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Kegiatan ini tentu saja tepat untuk diikuti agar dosen pendamping kewirausahaan bisa paham apa saja yang perlu dilakukan. 

Baca Juga:

12 Indikator Kinerja Penelitian yang Perlu Dicapai Dosen

Ketentuan Umum Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

8 Standar Nasional Penelitian yang Harus Dipenuhi

Kewajiban untuk Konfirmasi Kehadiran Dosen Pendamping Kewirausahaan

Surat undangan kegiatan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2022. Tidak hanya menjelaskan kapan dan dimana kegiatan dilaksanakan. 

Namun juga mencantumkan sejumlah ketentuan bagi peserta yang merupakan dosen pendamping kewirausahaan di seluruh PTS LLDIKTI Wilayah VI. Dimulai dari kewajiban bagi para peserta kegiatan untuk konfirmasi kehadiran secara luring (daring). 

Konfirmasi kehadiran dilakukan melalui laman https://sistem.lldikti6.id/view yang di halaman utama para perwakilan bisa langsung login. Proses konfirmasi kehadiran atau registrasi di laman tersebut maksimal dilakukan sampai tanggal 20 Mei 2022 pada pukul 13.00 WIB. 

Disampaian pula, peserta hanya dibatasi sampai 30 dosen. Sehingga jika jumlah sudah terpenuhi maka laman registrasi tersebut secara otomatis akan ditutup. Jadi, silahkan melakukan registrasi agar bisa mengikuti kegiatan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2022. 

Kegiatan Bisa Diikuti Secara Daring bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan

Melalui surat undangan tersebut juga disampaikan, bahwa dosen yang merupakan pendamping kewirausahaan di PTS. Bisa mengikuti kegiatan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi secara daring. 

Disediakan fasilitas zoom room oleh penyelenggara kegiatan, caranya dengan melakukan registrasi dulu melalui https://bit.ly/KWRONLINEDOSEN2022 dan dilakukan paling lambat tanggal 22 Mei 2022 pukul 15.00 WIB. Mengenai password dan juga meeting ID akan dikirimkan panitia melalui email peserta. 

Sehingga untuk dosen yang berhalangan untuk hadir secara langsung (luring) maka bisa tetap mengikuti kegiatan menggunakan fasilitas daring yang disediakan. Sehingga bisa tetap mengikuti kegiatan dan memahami materi pendampingan yang diberikan penyelenggara. 

Baca Juga:

Skema Penelitian Pengembangan Unggulan Perguruan Tinggi

Skema Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi

Skema Pembiayaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang Terbaru

Ketentuan Tambahan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan

Selain ketentuan yang sudah dijelaskan di atas, terdapat pula ketentuan tambahan dalam mengikuti kegiatan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2022. Yaitu: 

  1. Seluruh peserta kegiatan, baik daring maupun luring memiliki kewajiban untuk mengisi data isian wirausaha. Yakni melalui laman https://bit.ly/DATAWIRAUSAHAMHS2022 
  2. Peserta yang hadir secara langsung wajib juga membawa perangkat laptop dan perangkat internet sendiri ke lokasi acara. 
  3. Membawa surat tugas mengikuti kegiatan dari pimpinan perguruan tinggi. 
  4. Memastikan kondisi sehat, dan diwajibkan untuk menunjukan hasil tes antigen dengan hasil negatif. 
  5. Jika bisa menunjukan sertifikat vaksinasi Covid-19 dosis 2 maka peserta yang hadir dalam kegiatan tidak perlu menunjukan surat hasil tes antigen yang dijelaskan di poin 4 di atas. 
  6. Menjalani protokol kesehatan yakni memakai masker sepanjang kegiatan dan juga menjaga kebersihan. 

Adanya ketentuan tambahan tersebut tentunya perlu dipatuhi oleh para peserta kegiatan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2022. 

Sehingga bisa ikut berkontribusi dalam menunjang kelancaran acara. Jika ada perubahan aturan maka akan diinformasikan oleh pihak penyelenggara. Apabila sampai hari H tidak ada informasi tambahan, maka tetap mengikuti ketentuan di atas. 

Manfaat Mengikuti Kegiatan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi 

Kegiatan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2022 tentu bukan tanpa manfaat. 

Lewat kegiatan tersebut, LLDIKTI WIlayah VI berusaha membantu para dosen untuk menyelenggarakan program kewirausahaan dengan baik. Sebab program ini sendiri masuk ke dalam kebijakan Kampus Merdeka, yang tentu sifatnya wajib. 

Secara umum, mengikuti kegiatan satu ini memberi beragam manfaat sebagai berikut: 

1. Memberi Dampingan dengan Baik 

Sesuai dengan tajuk kegiatannya, kegiatan Kemendikbud Ristek ini memberikan dampingan kepada dosen pendamping kewirausahaan di PTS LLDIKTI Wilayah VI. Sehingga bisa menyelenggarakan mata kuliah kewirausahaan dengan baik, sehingga mahasiswa mendapatkan ilmu dan keterampilan yang mumpuni. 

2. Sukses Menyelenggarakan Program Kewirausahaan 

Manfaat kedua mengikuti kegiatan tersebut adalah bisa terbantu untuk menyukseskan penyelenggaraan program kewirausahaan. Sehingga program atau mata kuliah di lingkungan perguruan tinggi berjalan lancar dan mencapai tujuan. 

Tujuannya antara lain menanamkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa. Sehingga menumbuhkan keinginan mereka untuk merintis usaha setelah lulus kuliah. Sekaligus membekali ilmu dan keterampilan untuk menjadi wirausaha. 

3. Mendorong Lulusan Berwirausaha 

Manfaat ketiga dari keikutsertaan dalam kegiatan pendampingan ini adalah bisa terus mendorong lulusan untuk berwirausaha. Jumlah wirausaha harus diakui sangat mempengaruhi kondisi perekonomian suatu negara. 

Semakin banyak wirausaha bermunculan di berbagai bidang, semakin luas lapangan pekerjaan terbentuk di tengah masyarakat. Sehingga mengentaskan pengangguran dan meningkatkan perekonomian sekaligus daya beli masyarakat. Perekonomian nasional bisa terus membaik. 

Kegiatan Pendampingan Pengelolaan Wirausaha di Perguruan Tinggi bagi Dosen Pendamping Kewirausahaan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2022 dengan segala manfaatnya tentu perlu dimanfaatkan. 

Yakni dengan mengikutinya, sebab program kewirausahaan ini sangat penting dan juga bisa terbilang baru bagi sejumlah PTS. Sebab bisa jadi di tahun-tahun sebelumnya belum pernah menyelenggarakan mata kuliah kewirausahaan. Jadi, silahkan registrasi sekarang sebelum ditutup. 

Artikel Terkait:

Program Pengembangan Produk Unggulan Desa

Program Kemitraan Wilayah: Tujuan, Luaran, Kriteria, dan Syarat Pengusulan

Program Kemitraan Masyarakat Stimulus: Tujuan, Luaran, Kriteria, dan Syarat Pengusulan

Program Kemitraan Masyarakat: Tujuan, Luaran, Kriteria dan Syarat Pengusulan

Program Pengembangan Desa Mitra: Tujuan, Luaran, Kriteria, dan Syarat Pengusulan

Program Pendanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Program Retooling Kompetensi Vokasi Dosen

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja