fbpx

Dosen STIE Perdagangan Padang Lakukan PKM Pembelajaran Daring untuk Guru SD

PKM Pembelajaran Daring

Bagi sebagian guru di daerah dalam menerapkan pembelajaran daring masih terkendala, baik sinyal, penggunaan alat, maupun cara penggunaan aplikasinya. Melihat hal itu, maka dosen STIE Perdagangan Padang lakukan PKM pembelajaran daring untuk guru SDN 17 Mata Air, Padang Selatan. Agar pembelajaran daring bisa segera dilakukan. Mengingat pandemi ini belum diketahui kapan berakhirnya.

Masih Minim Penguasaan Teknologi Informasi

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang mengakui masih terkendalanya tenaga pendidik di SDN 17 Mata Air dalam penguasaan teknologi informasi. Baik itu menggunakan aplikasi Zoom Meeting maupun Google Classroom. Menanggapi hal tersebut, Dosen STIE Perdagangan Padang yang tergabung dalam tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tergerak untuk melakukan sosialisasi, membantu dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang aplikasi yang digunakan pembelajaran daring.

Agus Nurofik, S.Kom., M.M., dosen IT di STIE Perdagangan Padang yang juga sebagai salah satu narasumber pada kegiatan PKM Pembelajaran daring mengatakan penggunaan aplikasi zoom meeting dan google classroom dapat digunakan di smartphone. Hanya  saja, saat diaplikasikan pada sesuatu yang baru dan bersifat pengajaran serta pembelajaran, tentu belum  semua  dapat menggunakannya dengan maksimal.

PKM STIE Perdagangan Lakukan PKM Pembelajaran Daring

“Tantangan alih sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi daring inilah yang membuat tim PKM STIE Perdagangan ingin mengangkat tema ini. Mengingat, selama ini pembelajaran di SD, memang hanya dilakukan secara offline atau tatap muka. Tim PKM STIE Perdagangan mengadakan pelatihan mengajar melalui Zoom Meeting dan Google Classroom terhadap tenaga pendidik di SDN 17 Mata Air Padang Selatan,” katanya.

Kegiatan PKM Belajar daring yang dilaksanakan pada Jumat (17/07/2020) itu mengusung tema sosialisai penggunaan aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom untuk guru SDN 17 Mata Air. Diharapkan pihak PKM STIE Perdagangan guru SDN 17 Mata Air Padang Selatan bisa melakukan pembelajaran daring dari rumah dengan lancar.

PKM Pembelajaran Daring

Agus Nurofik, S.Kom., M.M., dosen IT di STIE Perdagangan Padang (paling kiri), wakil ketua STIE perdagangan Sutiyem, SE.,M.M., (paling kanan) saat pertemuan dengan Guru SDN 17 Mata Air Padang Selatan. (Sumber: dok. Agus Nurofik)

Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Masa pandemi seperti ini, tidak menyurutkan niat baik para dosen untuk melakukan PKM, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dalam proses pelaksanaan pelatihan para guru dengan teratur mengikuti protokol kesehatan yang sudah dibuat oleh panitia pelaksana.

Dari mulai pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak, memakai masker selama pelaksanaan pelatihan dan tidak berkumpul di satu tempat sebelum, ketika, dan sesudah pelatihan.

Materi yang Diberikan saat PKM

Kepada 10 orang guru yang hadir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Agus memandu kegiatan yang dimulai dari melakukan konfirmasi terkait dengan media yang dimiliki. Media diperlukan dalam proses pembelajaran daring, bisa berupa Smartphone atau Laptop. Berhubung banyak guru yang menggunakan smartphone ketimbang laptop, Agus pun menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi di smartphone.

Guru diminta untuk mendownload aplikasi pembelajaran zoom meeting dan google classroom melalui play store. Setelah semua selesai menginstall aplikasi zoom meeting dan google classroom, selanjutnya dijelaskan Langkah-langkah penggunaan zoom meeting dan google classroom.

Memperkenalkan Pembelajaran Daring

Pada bagian ini pemateri menyampaikan tentang berbagai media yang dipergunakan dalam pembelajaran daring termasuk zoom meeting dan google classroom. Dari penjelasan yang disampaikan para peserta telah memahami kekurangan dan kelebihan dari masing-masing aplikasi pembelajaran yang dijelaskan.

Kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan tentang zoom meeting dan google classroom beserta cara penggunaannya.

  1. Membuka aplikasi zoom meeting dan google classroom
  2. Membuat kelas
  3. Mengcopy kode kelas

Selanjutnya, setiap guru wajib praktik pengunaan zoom meeting dan google classroom dengan didampingi tim PKM STIE Perdagangan.

PKM Pembelajaran Daring

Agus Nurofik, S.Kom., M.M., dosen IT di STIE Perdagangan Padang yang juga sebagai salah satu narasumber pada kegiatan PKM Pembelajaran daring. (Sumber: dok. Agus Nurofik)

Hasil Pengabdian Masyarakat

Hasil dari kegiatan PKM STIE Perdagangan ini adalah bisa membekali tenaga pendidik SDN 17 Mata Air Padang Selatan agar memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang Zoom Meeting dan Google Classroom.

Selain itu membantu  memberikan  pengetahuan  dan  pemahaman  tentang pemakaian  Zoom Meeting dan Google Classroom, serta memberikan contoh cara pemakaian Zoom Meeting dan Google Classroom.

Agus, dosen IT yang juga pengelola usaha bidang IT Service & Project ini mengungkapkan, hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini nantinya berupa buku panduan praktis dan sederhana menggunakan Zoom Meeting dan Google Classroom untuk pembelajaran daring. Buku tersebut memudahkan para guru dalam menggunakan aplikasi.

“Dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa peserta sangat berminat dengan pelatihan ini. Penambahan pengetahuan bagi peserta tentang penggunaan aplikasi zoom meeting dan google classroom yang baik dan benar, serta secara cepat dengan menerapkan secara langsung,” pungkasnya. (duniadosen.com/titisayuw)

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

  • Daftar Kontributor
  • S&K Kontributor
  • Menerbitkan Buku

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…