fbpx

Dosen, Yuk Belajar Desain Grafis Mudah dengan 5 Tips Ini!

belajar desain grafis
Ilustrasi seseorang sedang menggambar. (Sumber Foto: www.canva.com)

Kebutuhan desain grafis sebagai media belajar menuntut para tenaga pengajar, khususnya dosen untuk menghasilkan media belajar yang menarik. Kini tak perlu repot lagi, karena ada satu aplikasi yang membuat Anda belajar desain grafis dengan mudah.

Memahami desain grafis bagi tenaga pengajar dari berbagai kalangan, kini tak sesulit yang dibayangkan. Ada banyak cara untuk mempraktikkan hal tersebut, salah satunya dengan mengakses laman Canva Pro secara gratis sebagai media pembelajaran. Mudah dan praktis!

Terdapat banyak poin untuk dipahami saat belajar desain grafis. Beberapa platform digital seperti Canva misalnya, menyediakan berbagai macam stok foto, vector, serta ilustrasi.

Ya, Anda para dosen juga dapat mengeksplorasi template, logo, font hingga warna yang cocok sesuai dengan kebutuhan. Belajar desain grafis yang baik juga harus paham dengan cara memilih ikon, bentuk, hingga elemen lainnya.

Pastikan alat desain mudah digunakan dari segi drag-and-drop, memiliki banyak pustaka gambar, dan fleksibel digunakan baik untuk edit foto sampai membuat logo.

Meski bukan berasal dari jurusan seni, kebutuhan belajar desain grafis sangat diperlukan untuk dosen atau guru dengan latar belakang pendidikan apapun.

Sekarang, Anda bisa menerapkan cara yang baik lewat Canva sebagai media pembelajaran untuk murid atau anak didik. Simak caranya di bawah ini:

5 Tips Belajar Desain Grafis dengan Canva

  1. Daftar di Laman Canva untuk Pendidikan

Tips pertama dalam menggunakan Canva sebagai media pembelajaran bagi kalangan tenaga pengajar seperti guru dan dosen adalah mendaftar terlebih dahulu. Ikuti langkah berikut:

– Isi formulir dengan informasi mengajar Anda

– Tim kami akan memverifikasi aplikasi Anda

– Anda akan menerima email konfirmasi

– Libatkan seluruh kelas

Cara di atas mudah dan tidak perlu repot. Siapkan segala data yang diperlukan agar Anda hanya tinggal memasukkan. Setelah terdaftar, kenali seluruh elemen dan ikuti petunjuk terkait.

  1. Fokus Memahami Fitur Terlebih Dahulu

Sebelum mengajarkan pada anak didik, ada baiknya Anda mempelajari setiap aspek dalam laman Canva. Hindari terjebak dalam elemen desain, konsentrasi diri harus selalu pada tujuan utama.

Kendati demikian, berdasarkan segala hal yang dipahami lewat media pembelajaran di atas, ada baiknya memahami konsep dasar terlebih dahulu agar tidak salah kaprah.

Konsep-konsep dasar ini meliputi prinsip pemilihan warna, tata letak dan sebagainya. Sempatkan untuk mempelajari desain saat ada waktu luang.

Tak masalah pula jika Anda mengeksplorasinya di setiap tugas. Semakin lama belajar, maka Anda akan semakin terbiasa dengan tugas desain.

belajar desain grafis
Aplikasi Canva yang bisa diakses pada gadget. (Sumber Foto: Youtube)
  1. Pilihlah Warna Secara Bijak

Warna adalah elemen terpenting dari desain visual karena memiliki kemampuan untuk membangkitkan reaksi yang sesuai dari target audiens.

Sebagai saran, gunakan latar belakang lembut dan tenang. Sementara untuk teks, pakai warna-warna gelap seperti hitam.

Tidak bijaksana bagi Anda untuk menggunakan banyak warna yang berbeda. Tiga warna sudah lebih dari cukup untuk mempertahankan kesederhanaan namun tetap elegan ketika digunakan. Jika terlalu banyak, karya desain dapat terlihat mencolok dan tak sedap dipandang mata.

  1. Gunakan Gambar yang Bermakna

Seberapa besar pengalaman desain Anda? Teks berfungsi sebagai data utama, sementara gambar mampu menciptakan dampak emosional pada desain.

Anda tidak perlu menjadi perancang hebat, pastikan untuk menggunakan gambar yang tepat guna mendukung konten tersebut.

Menurut penelitian, gambar yang tepat dapat membantu menyimpan informasi enam kali lebih banyak dari biasanya. Foto dapat memberikan tampilan dan nuansa yang lebih profesional. Gambar yang kuat dapat membangkitkan emosi, terutama jika mampu mendukung tugas.

  1. Memahami Aturan Penggunaan Canva

Tips terakhir dalam menggunakan Canva untuk media pembelajaran adalah memahami segala aturan dan syarat yang berlaku.

Perlu ditekankan bahwa pertama, Canva dapat digunakan oleh anak segala usia. Anak-anak di bawah usia 13 tahun harus diawasi langsung oleh orang tua, wali, atau orang dewasa lainnya yang bertanggung jawab.

Tak perlu khawatir, Canva aman dipakai berdasarkan COPPA dan FERPA. Itu artinya, para pelajar dapat mendesain dengan mudah, sehingga Anda dapat leluasa dalam mengarahkan.

Lantas, berapa biayanya? Gratis! Canva untuk Pendidikan tidak mematok biaya khusus, sehingga memudahkan akses pembelajaran.

Itu tadi lima tips belajar desain grafis untuk kalangan tenaga pengajar. Teruslah mempraktikkan dan eksplorasi guna mencapai titik yang Anda ingin capai.

Share ke sosial media

RELATED POST

3 tanggapan untuk “Dosen, Yuk Belajar Desain Grafis Mudah dengan 5 Tips Ini!”

terima kasih telah mengunjungi website duniadosen.com

untuk membuat desain yang indah dan unik,
silahkan bapak mendownload aplikasi canva terlebih dahulu.
kemudian mulai mengikuti langkah sesuai artikel di atas.

untuk mengeksplore kemampuan praktik mendesain grafis selanjutnya,
bapak bisa mencari tutorialnya di youtube sebagai referensi.

semoga jawaban ini membantu ya pak.

Jika bapak seorang dosen dan ingin mengirimkan opini atau informasi lain.
silahkan mengirimkannya pada email kami : [email protected].

kami tunggu pasrtisipasinya.

Salam,
tim duniadosen.com

Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322