fbpx

Dr. Sehat: Aktif Berbuat Baik Selama Hidup dengan Mengajar dan Menulis

Dr. Sehat: Aktif Berbuat Baik Selama Hidup dengan Mengajar dan Menulis
Foto : Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, M.A.

Menambah ilmu dan pengalaman saat menekuni profesi dosen juga bisa dilakukan dengan mengenal lebih banyak sosok dosen inspiratif. Semua dosen di Indonesia dijamin memiliki prestasi yang beragam, dan bisa menjadi sumber inspirasi untuk sukses di profesi mulia ini. Salah satu sosok dosen inspiratif yang berhasil diwawancarai oleh tim deepublish adalah Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, M.A. Dr. Sehat sendiri tercatat sebagai salah satu dosen di STAIN Malikussaleh Lhokseumawe sejak tahun 2005 sampai sekarang. Berikut profil lengkapnya. 

Baca juga : Tips Mengajar Daring Dari Dosen Teknik Elektro Undana Kupang

Berkenalan dengan Sosok Dr. Sehat Sultoni 

Dr. Sehat Sultoni sudah aktif mengajar sejak dirinya masih kuliah di jenjang S1 tepatnya sejak semester 3. Lahir dari seorang ayah yang berprofesi sebagai guru di pesantren mengantarkan beliau untuk menjadi anak pondok. 

Jauh sebelum masuk ke kampus, dirinya belajar di Pondok Modern Gontor di tahun 1988 dan sejak masuk pesantren inilah dirinya mulai membudayakan kebiasaan membaca. Kecintaannya pada kegiatan membaca membangun impian menjadi penulis. 

Selama mondok di Gontor, dirinya selain aktif di organisasi Tapak Suci Persida juga aktif mengunjungi perpustakaan. Dirinya juga mengaku mengidolakan guru di pesantren yang aktif dalam tulis menulis. 

Selama itu pula dirinya tidak fokus mempersiapkan diri menjadi dosen melainkan menjadi seorang penulis. Namun ketika aktif mengajar selama menjadi mahasiswa, setelah lulus S1 di IAIN Gunung Djati Bandung untuk jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam) dirinya mulai tertarik menjadi dosen. 

Pengalaman Menjadi Dosen 

Sejak lulus S1 PAI dirinya kemudian tertarik untuk menjadi dosen dan memutuskan melanjutkan S2 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selama kuliah S2 pun dirinya sudah aktif mengajar sebagai dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Laa Roiba Bogor. 

Selain aktif menjadi dosen, dirinya sejak lama juga aktif di sejumlah kegiatan. Mulai dari menjadi trainer tenaga kesehatan yang akan bekerja di Kuwait yakni di General English di AKPER Binawan Kalibata Jakarta. 

Selain itu dirinya juga menjadi guru penerjemah al-Qur’an yang dikelola oleh Masjid Istiqlal untuk wilayah Jabodetabek. Memasuki tahun 2003 menjadi Wakil Direktur Pesantren Pondok Modern Misbahul Ulum Paloh Lhokseumawe Aceh. 

Tahun 2003-2004 sempat menjadi dosen honor di STAIN Malikussaleh dan Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Sedangkan di tahun 2005 menjadi Dosen PNS di STAIN Malikussaleh Lhokseumawe.

Saat menjadi dosen honor dirinya melamar sebagaimana pelamar untuk posisi dosen. Memasuki tahun 2004 dirinya mencoba mengikuti mengikuti tes resmi untuk menjadi Dosen PNS, dan akhirnya lolos. Aktif menjadi dosen PNS dari tahun 2005 sampai sekarang. 

Dr. Sehat mengaku selama menjadi dosen menikmati pengalaman yang menyenangkan. Meskipun dihadapkan pada tantangan terkait tuntutan administratif yang cukup banyak. Dirinya juga mengaku selama ini kurang care untuk mengejar pangkat akademik, namun untuk saat ini dirinya mulai mempersiapkan diri untuk bisa naik jabatan. 

Aktif dalam Menulis Buku 

Selain aktif mengajar Dr. Sehat sendiri juga terbilang aktif dalam menulis buku, apalagi saat ini sudah ada 22 judul buku yang berhasil terbit. Agar produktif menulis dirinya mengaku berusaha disiplin menulis meskipun hanya sedikit setiap harinya. 

Dirinya juga mengaku aktif membaca untuk menumbuhkan kecintaan menulis, dan selalu membangun mental penulis yakni mental untuk siap dikritik. Tujuan Dr. Sehat aktif menulis untuk keperluan akademik dan juga mengamalkan ilmu yang dimiliki agar lebih bermanfaat. 

Di era digitalisasi seperti sekarang dirinya merasa terbantu dengan penerbit deepublish yang membantu menerbitkan hasil tulisannya dalam bentuk digital. Sehingga memungkinkan lebih banyak orang untuk membaca tulisannya secara online. 

Menerbitkan buku di deepublish diakuinya memberi banyak keuntungan, selain materi juga terbantu untuk menyusun buku dengan baik lewat jasa editornya yang profesional. Harapan Dr. Sehat untuk deepublish adalah kedepannya mengedit kesalahan tulisan dan redaksi. 

Sedangkan untuk substansi bisa diserahkan kepada penulis, dan untuk layout buku diharapkan bisa dibuat lebih menarik lagi. Adapun buku-buku yang sudah ditulis dan diterbitkan Dr. Sehat lewat deepublish bisa dicek disini https://penerbitbukudeepublish.com/penulis/sehat-sultoni/ 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Narasumber : Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, M.A
Editor : Wahyudha Wibisono

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja