fbpx

Format Surat Pernyataan Diri 10 Poin Seleksi PPPK 2022

Format Surat Pernyataan Diri 10 Poin Seleksi PPPK 2022

Mencari tahu format surat pernyataan diri 10 poin seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022 tentu penting. Khususnya bagi siapa saja yang tahun ini akan mengikuti seleksi PPPK tersebut. 

Kabarnya seleksi PPPK akan segera dibuka pendaftarannya oleh BKN, tak keliru rasanya jika mempersiapkan segala hal dengan baik. Salah satunya mempersiapkan berkas lamaran atau syarat administrasi yang mencakup juga surat pernyataan diri. 

Sekilas Tentang Surat Pernyataan 

Istilah surat pernyataan di dalam format surat pernyataan diri 10 poin seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022 tentu tidak asing di telinga. Selain digunakan sebagai berkas administrasi saat melamar PPPK maupun CPNS. 

Surat pernyataan juga umum digunakan di berbagai bidang, baik saat melamar pekerjaan maupun pada saat membuka rekening di bank dan membuat NPWP. Selain dari itu masih banyak lagi kegiatan yang mewajibkan seseorang membuat surat pernyataan. 

Namun, sudahkah mengetahui apa itu surat pernyataan? Secara umum, surat pernyataan adalah penjelasan tertulis tentang kondisi atau situasi yang berkaitan dengan kesanggupan atau ketidaksanggupan seseorang dalam menyelesaikan suatu tugas.

Ketika disusun dalam rangka melamar pekerjaan atau mendaftar proses rekrutmen pegawai di pemerintahan maupun perusahaan swasta. Maka surat pernyataan yang disusun bertujuan untuk menunjukan kesanggupan mengikuti aturan seleksi perusahaan tersebut. 

Sekaligus aturan internal dari perusahaan maupun lembaga di bawah naungan pemerintah. Sebagai contoh, perusahaan A meminta karyawan di 1 tahun pertama untuk tidak menikah dulu. Maka salah satu isi surat pernyataan adalah bersedia mematuhinya. 

Dalam seleksi PPPK, salah satu berkas administrasi yang harus disusun adalah surat pernyataan tersebut. Termasuk di Kemdikbud Ristek, dimana sudah ditentukan format surat pernyataan diri 10 poin seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022. 

Baca Juga :

Catat Syarat Tambahan PPPK Dosen yang Harus Diketahui!

Apa itu PPPK? Ini Perbedaannya dengan Tahun Sebelumnya

Ada 556 Formasi yang Dibutuhkan PPPK Dosen 2022, Apa Saja?

Syarat Administrasi dalam Seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 

Dalam seleksi PPPK, pemerintah menetapkan sejumlah aturan dan begitu juga dengan instansi yang membuka formasi. Kemdikbud Ristek adalah salah satu kementerian yang dinantikan masyarakat luas membuka formasi PPPK. 

Merujuk pada hasil rapat koordinasi pelaksanaan teknis seleksi PPPK, diketahui akan membuka formasi untuk tenaga pendidik dan tenaga non kependidikan. Mencakup guru, dosen, tenaga kependidikan, dan lain sebagainya. 

Promo HUT 13 Deepublish

Bagi siapa saja yang hendak mendaftar dalam seleksi PPPK tersebut, maka wajib memenuhi syarat. Sekaligus melengkapi berkas pendaftaran sesuai dengan ketentuan. Mengenai berkas administrasi maka ada beberapa dokumen berikut ini: 

1. Foto Diri 

Dokumen pertama dalam berkas administrasi pendaftaran seleksi PPPK adalah foto diri. Yakni foto resmi dengan background antara biru atau merah, dan ukurannya disesuaikan ukuran umum yakni 4×6. 

2. Scan Kartu Identitas 

Berkas administrasi yang kedua adalah kartu keluarga yang kemudian di scan agar bisa dilampirkan saat melakukan pendaftaran. Pasalnya pendaftaran seleksi PPPK baik tahun lalu maupun tahun ini akan dilakukan secara online. 

Scan pada KK lebih dianjurkan dibanding di foto biasa memakai kamera smartphone. Sebab hasilnya lebih jelas dan ukuran file juga tidak begitu besar. Hal ini mencegah ukuran file melebihi batas maksimal yang ditetapkan Kemdikbud Ristek. 

3. Scan Ijazah dan Transkrip Nilai 

Selanjutnya adalah ijazah dan transkrip nilai, yang juga wajib di scan. Sehingga bisa dilampirkan sesuai dengan ketentuan saat melakukan pendaftaran. Pastikan hasil scan jelas dan bisa terbaca agar lolos seleksi administrasi. 

4. Scan Surat Lamaran 

Berikutnya adalah surat lamaran, kebanyakan kementerian yang membuka formasi akan meminta ditulis tangan. Jadi, pelamar cukup menulis surat lamaran sesuai format yang ditentukan secara manual. 

Baru kemudian surat lamaran tersebut di scan dan dilampirkan saat melakukan pendaftaran seleksi PPPK. Pastikan sudah terunggah sempurna dan tidak terpotong sekaligus terbaca dengan jelas. 

5. Scan Surat Pernyataan 

Terakhir adalah scan surat pernyataan, dimana mengikuti format surat pernyataan diri 10 poin seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022. Biasanya akan diminta untuk mengunduh template surat pernyataan. 

Beberapa bagian diisi manual seperti data diri dan tanda tangan, baru kemudian di scan dan dilampirkan saat melakukan pendaftaran. Pastikan membaca detail instruksi dengan teliti untuk memastikan tidak ada kesalahan dan dijamin sesuai ketentuan atau prosedur. 

Format Surat Pernyataan Diri Seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022 

Membahas mengenai berkas lamaran dalam seleksi PPPK, maka akan membahas mengenai surat pernyataan diri. Sebab umumnya jenis dokumen atau berkas ini masuk daftar berkas administrasi pendaftaran. 

Seringnya, pihak kementerian sudah menetapkan format dokumen tersebut. Lalu, seperti apa format surat pernyataan diri 10 poin seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022? Berikut adalah format yang umum digunakan di lingkungan kementerian:

Format Surat Pernyataan Diri 10 Poin Seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022

Adapun mengenai contoh format surat pernyataan diri 10 poin seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022 di atas bisa dijadikan panduan. Selain itu, pihak Kemdikbud juga belum mengumumkan kapan pendaftaran dibuka. Sehingga format pastinya juga belum dirilis, meskipun begitu bisa disusun dulu sebagai persiapan administrasi.

Artikel Terkait :

Mengenal Apa Itu Jabatan Fungsional Dosen yang Menjadi Syarat Tambahan PPPK Dosen 2022

8 Hal yang Menjadi Persiapan PPPK Dosen, Wajib Dilakukan Jauh-Jauh Hari

7 Tips Lolos PPPK Dosen yang Wajib Diketahui

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja