fbpx

Inilah 13 Hal yang Menandakan Anda Cocok Menjadi Seorang Dosen

Hal Yang Menandakan Anda Cocok Menjadi Seorang Dosen

Ada banyak hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen, jika memiliki beberapa diantaranya. Maka tidak perlu ragu untuk menekuni profesi tersebut. Sebab menjadi dosen memberi profesi yang memberi pahala di akhirat. 

Selain itu, dosen di masa sekarang juga bisa dikatakan lebih sejahtera dibandingkan dengan beberapa dekade yang lalu. Tidak heran jika profesi dosen ini mulai diminati banyak kalangan milenial. 

Namun, jangan asal ikut-ikutan pastikan diri sendiri memang cocok menekuninya. Apa saja tandanya? Berikut informasinya. 

Tanda Anda Cocok Menjadi Seorang Dosen 

Dosen merupakan tenaga pendidik di perguruan tinggi yang bertanggung jawab untuk melaksanakan Tri Dharma. Isinya adalah tugas untuk melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

Dosen kemudian berhadapan dengan banyak tugas yang menuntut komitmen tinggi untuk bisa dilaksanakan satu per satu dengan sebaik mungkin. Jika tertarik menekuni profesi ini cari tahu dulu apakah diri sendiri cocok menekuninya atau tidak. 

Bagaimana caranya? Caranya bisa dimulai dengan mencari tahu apakah diri sendiri memiliki hal yang menunjukan kecocokan dengan profesi tersebut. Berikut beberapa hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen: 

1. Menyukai Kegiatan Belajar 

Suka kegiatan belajar? Atau mungkin selalu tertarik untuk mengetahui hal baru, mengembangkan keterampilan, ingin menguasai suatu keterampilan, dan sejenisnya. 

Hal ini menjadi salah satu tanda jika Anda cocok menekuni profesi dosen. Sebab seorang dosen sejatinya akan belajar sepanjang masa pengabdiannya. Mengingat ilmu pengetahuan akan terus berkembang, begitu juga dengan teknologi. 

Maka dosen harus selalu belajar untuk mengikuti perkembangan tersebut, tujuannya agar ilmu yang disampaikan ke mahasiswa selalu relevan. Selain itu, dosen juga harus melek teknologi agar tidak gaptek dan bisa memasukkannya ke perkuliahan. 

Jadi, dosen tidak cukup hanya mengandalkan memorinya terkait materi perkuliahan di jenjang S1 maupun S2 dan S3 saja. Melainkan harus mau terus belajar dengan memanfaatkan berbagai media, agar bisa menjadi dosen yang mumpuni. 

Baca Juga:

Cara Mengetahui NIDN Dosen 

Tips Sertifikasi Dosen 

Cara Menghitung Beban Kerja Dosen 

Dosen Pengampu dan Kategori Dosen Lainnya

2. Menyukai dan Bisa Mengajar 

Hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen berikutnya adalah menyukai dan memang bisa mengajar. Jadi, seperti yang diketahui bersama dosen akan rutin mengajar mahasiswa. 

Dalam hal mengajar, tujuannya adalah melakukan transfer ilmu dari dosen kepada mahasiswa. Dimana mahasiswa diharapkan bisa lebih berkembang ilmu pengetahuan, keterampilan, dan wawasannya. 

Proses mengajar ternyata tidak hanya menjelaskan isi buku kepada mahasiswa, ada teknik dan bisa dikatakan ada seni di dalamnya. Dosen harus menguasai teknik menyampaikan materi agar terdengar menarik dan mudah dipahami. 

Maka mereka yang sejatinya tidak memiliki karakter yang cocok di profesi dosen lalu memaksakan diri masuk ke profesi ini. Biasanya akan berhadapan dengan kesulitan dalam mengajar. Namun, jika Anda bisa mengajar dan menyukainya maka ini sudah menunjukan kalau profesi dosen cocok ditekuni. 

3. Punya Ketelitian yang Tinggi 

Anda termasuk pribadi yang sangat teliti sehingga tidak ada satu detail pun dari suatu hal yang terlewatkan? Jika iya, maka ini masuk ke dalam daftar hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen. 

Sebab dosen memang profesi yang membutuhkan ketelitian tinggi. Misalnya dalam menyusun materi yang akan dipresentasikan ke mahasiswa. Maka materi ini harus valid sumbernya dan dijelaskan secara sistematis. 

Maka dibutuhkan ketelitian dalam mencari referensi. Contoh lainnya, adalah kebutuhan dosen untuk teliti saat mengoreksi lembar jawaban ujian mahasiswa. Jika tidak teliti maka nilai mahasiswa bisa tidak sesuai dan memunculkan masalah. 

4. Menyukai dan Mampu Berdiskusi 

Tanda berikutnya adalah Anda cenderung menyukai dan mampu melakukan kegiatan diskusi. Diskusi ini adalah proses dimana Anda bisa menerima dan mendengarkan pandangan yang berbeda dengan yang dimiliki. 

Sehingga terjadi pertukaran informasi, pertukaran ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Tidak semua orang bisa berdiskusi karena cenderung antipati terhadap pandangan atau pendapat orang lain. Orang dengan karakter ini tidak cocok menjadi dosen. 

Pasalnya, saat menekuni profesi dosen maka akan terjadi proses belajar mengajar dengan siapa saja. Termasuk dengan mahasiswa. Saat mengajar ada kalanya dosen harus mendengarkan pendapat mahasiswa yang bisa jadi memang lebih benar. 

Maka sudah menjadi pemandangan umum dimana dosen tidak hanya mengajarkan ilmu dan keterampilan kepada mahasiswa. Namun, dosen juga akan belajar ilmu dan keterampilan baru kepada mahasiswa. 

5. Punya Kemampuan Komunikasi yang Baik 

Daftar hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen berikutnya adalah memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Artinya, jika Anda mampu menjelaskan suatu hal atau suatu informasi dengan baik. 

Sehingga lawan bicara bisa memahami apa yang disampaikan. Maka hal ini sudah menunjukan kalau Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Dosen membutuhkan kemampuan ini sepanjang karir akademiknya. 

Sebab dosen akan rutin berkomunikasi dengan banyak orang, baik dalam hal mengajar maupun menjadi pembicara. Bahkan dalam keseharian pun dosen juga perlu belajar komunikatif dengan siapa saja. Sehingga bisa menjelaskan sesuatu dengan sangat baik. 

6. Menguasai Public Speaking 

Jika memiliki kemampuan public speaking atau berbicara di hadapan banyak orang. Maka hal ini juga sudah menjadi tanda Anda cocok menjadi dosen. Pasalnya dosen memang dituntut untuk bisa berbicara di hadapan publik. 

Sehingga hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen adalah menguasai keterampilan tersebut. Pertama, karena dosen harus mengajar banyak mahasiswa secara tatap muka maupun online. 

Kedua, dosen bisa jadi akan sering diundang ke berbagai acara untuk memberikan sambutan maupun menjadi narasumber. Sehingga perlu memaparkan materi maupun sambutan di hadapan banyak orang. 

Tidak semua orang memiliki kemampuan public speaking, bisa terlihat dari kesulitan yang dihadapi saat melakukan presentasi. Jika terlalu banyak diam dan terlihat gugup maka kemampuan public speaking belum dikuasai dengan baik. 

7. Menyukai Aktivitas Menulis 

Dalam Tri Dharma, dosen diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan penelitian yang diikuti publikasi hasil penelitian tersebut, Publikasi hasil penelitian adalah dalam bentuk karya tulis ilmiah. 

Maka salah satu hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen adalah menyukai aktivitas menulis. Sebab sepanjang karir akademik, seorang dosen dituntut untuk produktif menulis dan melakukan publikasi ilmiah. 

Oleh sebab itu, jika selama ini menyukai aktivitas menulis dan kemudian hasil tulisan juga lumayan bagus. Maka hal ini sudah menunjukan kalau profesi dosen sangat tepat untuk ditekuni. 

8. Pribadi yang Rajin 

Tanda berikutnya adalah memiliki kepribadian yang terbilang rajin atau disiplin. Kenapa? Sebab dosen sendiri memang sepanjang karirnya akan dituntut untuk selalu rajin dan disiplin. 

Sebab dosen memiliki banyak sekali tugas dan semuanya wajib dikerjakan atau dilaksanakan. Jika tidak rajin maka dijamin semua tugas terbengkalai dan kemudian karir akademik tidak dapat berkembang. 

Contohnya adalah dosen harus rajin menyusun RPS, kemudian menyiapkan slide presentasi, mempelajari isi slide presentasi, menyusun soal ujian, mengoreksi, dan seterusnya. Sehingga seluruh tugas dosen bisa diselesaikan dengan baik meskipun banyak. 

9. Pribadi yang Patuh pada Aturan 

Berikutnya dalam hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen adalah memiliki pribadi yang taat atau patuh pada aturan. Hal ini menunjukan jika kepribadian Anda sangat sesuai dengan profesi dosen. 

Sebab dalam dunia akademik, setiap dosen akan berhadapan dengan sejumlah aturan. Baik yang dibuat institusi tempatnya mengabdi maupun oleh pemerintah. Aturan ini wajib dipatuhi sehingga dosen tidak dianggap menyalahi aturan. 

Oleh sebab itu, jika selama ini terbiasa melalaikan aturan dan menganggap aturan ada adalah untuk dilanggar. Maka profesi dosen kurang cocok untuk ditekuni. Jika sebaliknya, maka bisa mempersiapkan diri menjadi dosen. 

10. Selalu Up To Date 

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, profesi dosen memiliki kebutuhan dan kewajiban untuk selalu belajar dan mengembangkan diri. Maka salah satu tanda Anda bisa menjadi dosen adalah selalu up to date

Khususnya terhadap semua isu terbaru dan informasi terkini yang ada di berbagai bidang. Sebab kemampuan yang baik dalam mengikuti perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi adalah kemampuan yang wajib dimiliki calon dosen. 

Lewat kemampuan ini, maka calon dosen tersebut bisa menjadi dosen yang baik. Yakni dosen yang selalu semangat belajar, punya rasa ingin tahu tinggi, sehingga dirinya bisa terus berkembang dan kemudian menyajikan ilmu pengetahuan yang relevan. 

11. Bisa Menerima Kritik 

Seseorang yang anti kritik menunjukan dirinya kurang cocok menjadi seorang dosen. Jika sebaliknya, maka hal ini termasuk daftar hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen. 

Pasalnya, dalam profesi dosen ada kalanya apa yang disampaikan dan apa yang dikerjakan akan dikritik oleh orang lain. Kritikan ini sebaiknya tidak dianggap sebagai sebuah hal yang tidak pantas. 

Melainkan perlu diterima dan disikapi dengan bijak karena lewat kritikan dosen bisa belajar hal baru yang bermanfaat untuk hidup dan profesi atau karir akademiknya. Jadi, jika selama ini Anda terbuka dengan kritikan maka di masa mendatang bisa menjadi dosen yang sukses. 

12. Mudah Beradaptasi 

Jika Anda selama ini terbilang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan hal-hal baru lainnya. Maka sudah menunjukan jika memiliki hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen. 

Sebab dosen memang membutuhkan kemampuan adaptasi yang baik. Seperti setiap tahun yang bertemu dengan mahasiswa baru dengan karakter baru. Setiap beberapa tahun sekali berhadapan dengan sistem baru dari Kemendikbud Ristek. 

Juga karena harus beradaptasi dengan kampus dan tempat tinggal baru saat studi lanjut. Masih banyak alasan lain yang membuat dosen wajib memiliki kemampuan beradaptasi yang mudah. Jika memilikinya, maka bisa menekuni profesi dosen. 

13. Pribadi yang Kritis 

Tanda terakhir yang masuk ke dalam daftar hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen adalah menjadi pribadi yang kritis. Jadi, setiap kali berhadapan dengan suatu isu atau masalah. 

Maka calon dosen akan memandang masalah tersebut dari berbagai sisi yang berbeda. Sehingga tidak mudah menilai negatif pada suatu kejadian yang memang terlihat negatif. 

Hal ini penting untuk dimiliki oleh seorang dosen agar lebih bijak dalam beropini. Sekaligus bisa lebih mudah menilai karakter mahasiswa, sehingga bisa dengan mudah menemukan bibit potensial. 

Jika berbagai hal yang menandakan Anda cocok menjadi seorang dosen tersebut dimiliki, maka perlu mencoba mempertimbangkan profesi dosen. Sebab dengan memiliki tanda-tanda tersebut Anda dijamin bisa melaksanakan tugas-tugas dosen dengan baik.

Artikel Terkait:

Tunjangan PNS di Luar Gaji Pokok, Ini Besarannya

Berapa Gaji dan Tunjangan Profesor? Berikut Detailnya

Mau Tau Gaji Dosen PNS? Simak ini

Dosen Luar Biasa

Dosen Kontrak

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja