fbpx

Memahami Pentingnya Mempublikasikan Hasil Penelitian Dosen

Pengelola Perguruan Tinggi (PT) tentu memiliki kewajiban untuk mendorong peningkatan hasil penelitian dosen. Tentunya dengan menyediakan fasilitas yang memadai agar kegiatan penelitian di lingkungan kampus dapat berjalan. 

Penelitian di lingkungan kampus pada dasarnya tidak hanya sebatas tugas seorang dosen, yakni dalam menerapkan isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Namun mahasiswa di kampus manapun juga memiliki kewajiban serupa, sebab hasil penelitian merupakan pengembangan ilmu pengetahuan sekaligus solusi dari suatu permasalahan. 

Baca juga : Menilik Arti Penting Penelitian Dosen Yang Ternyata Sangat Luas

Publikasi Hasil Penelitian Dosen Masih Minim 

Memahami pentingnya penelitian dan publikasi hasil penelitian dosen maka sudah banyak kampus mendukung kegiatan tersebut. Salah satunya adalah mengupayakan penyediaan dana penelitian yang memang alokasinya masih minim. 

Namun, dengan kondisi alokasi yang masih kurang tersebut tentunya menuntut dosen dan mahasiswa untuk lebih kreatif. Yakni dengan mendayagunakan semua fasilitas dan kemampuan yang ada untuk melakukan penelitian. 

Tidak lupa pula bahwa untuk penelitian dosen sangat penting untuk dipublikasikan. Sejak tahun 2017 diketahui hasil riset atau penelitian di lingkungan kampus sangat berlimpah. Hanya saja belum banyak yang dipublikasikan ke masyarakat luas.

Kebanyakan penelitian dosen berakhir sebagai pengisi arsip di perpustakaan kampus. Padahal hasil penelitian ini bisa jadi memberikan solusi atas berbagai masalah yang dihadapi masyarakat. Oleh sebab itu dihimbau agar para dosen berpikir keras untuk mempublikasikannya kepada masyarakat. 

Selain kesadaran pribadi dari dosen yang bersangkutan, dukungan dari kampus untuk mendorong dosen di dalamnya melakukan publikasi penelitian dosen juga perlu dilakukan. Diharapkan pula pihak kampus bisa menyediakan fasilitas agar proses publikasi ini bisa dilakukan secara internasional. 

Bagaimana caranya? Cara yang bisa ditempuh bisa dengan menjalin kerjasama dengan jaringan internasional. Sehingga bisa menyediakan fasilitas lebih bagi dosen maupun mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya. 

Misalnya saja adalah menjalin kerjasama dengan GI (Global Illuminators) yang merupakan jaringan internasional untuk memfasilitasi pengembangan penelitian dan juga inovasi. GI ini akan membantu memfasilitasi para dosen dalam mempublikasikan hasil penelitiannya agar terindeks di Scopus, sehingga penelitian dosen ini bisa dibaca oleh masyarakat internasional. 

Dukungan Penuh dari Kemenristekdikti 

Selain mendapatkan dukungan dari pengelola perguruan tinggi, proses penelitian sampai publikasinya secara internasional. Juga didukung oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). 

Salah satunya dengan menerapkan peraturan untuk memberi dukungan terhadap segala kegiatan penelitian di Indonesia. Ada banyak program disediakan oleh Kemenristekdikti, salah satunya melalui program pendanaan. 

Meskipun program pendanaan riset atau penelitian ini tidak setiap bulan ada, namun bisa diakses setiap dosen untuk melancarkan kegiatan penelitian yang dibutuhkan. Setiap tahunnya bantuan dana ini akan disediakan, dan diharapkan bisa merangsang peningkatan hasil penelitian dosen di Indonesia. 

Manfaat Besar Mempublikasikan Hasil Penelitian Dosen 

Melakukan publikasi terhadap hasil penelitian dosen adalah suatu hal penting untuk dilakukan. Bisa dikatakan sebagai tindakan final untuk menyempurnakan kegiatan penelitian yang selama ini dijalankan. 

Manfaat pertama dari publikasi ini tentu saja menjadikan hasil penelitian bisa dibaca lebih banyak orang yang membutuhkan. Bisa digunakan para dosen sebagai sumber pengajaran, dimanfaatkan mahasiswa sebagai sumber mengerjakan tugas kuliah maupun yang lainnya, dan menjadi solusi atas masalah yang dihadapi semua kalangan. 

Selain itu, dengan melakukan publikasi penelitian dosen maka akan memberi label kualitas. Baik terhadap hasil penelitian tersebut maupun kepada dosen yang menjadi pelaku penelitian. 

Penerbitan atau publikasi karya ilmiah yang berisi hasil penelitian nantinya juga berhubungan erat dengan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Sehingga hasil penelitian maupun dosen yang menjalankan penelitian akan mendapat pengakuan dari seluruh dunia. 

Ditambah lagi dengan melakukan publikasi, maka semua yang membaca karya ilmiah tersebut bisa mengetahui asal penulis dan peneliti. Misalnya dari kampus mana dan dari negara mana. Hal ini akan berdampak baik bagi reputasi kampus yang bersangkutan, agar lebih dikenal dunia. 

Semakin menarik dan semakin bermanfaat sebuah hasil penelitian dosen maka akan membuatnya semakin populer. Tentunya akan berdampak positif pula bagi dunia pendidikan di perguruan tinggi di Indonesia maupun di dunia. Oleh sebab itu jangan ragu untuk melakukan publikasi ini. 

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322