fbpx

Hibah Inovasi Kreatif Tendik, Cara UGM Tingkatkan Pelayanan Universitas

Hibah Inovasi Kreatif Tendik, Cara UGM Tingkatkan Pelayanan Universitas
(Sumber: www.ugm.ac.id)

Yogyakarta – Untuk meningkatkan proses layanan administrasi dalam bidang akademik, keuangan dan kepegawaian serta sistem informasi, SDM UGM menyelenggarakan kompetisi hibah inovasi kreatif di kalangan tenaga kependidikan. Dari banyak proposal yang mendaftar, akhirnya terpilih sebanyak 15 judul proposal mendapat pendanaan bahkan beberapa karya inovasi tersebut rencananya akan diimplementasikan dalam mendukung kegiatan tri darma perguruan tinggi.

Dikutip www.ugm.ac.id, Sekretaris Direktorat SDM UGM, Dra. Emmy Indjatmiati, M.Si., mengatakan hibah inovasi ini rutin diselenggarakan setiap dua tahun sekali dalam rangka mendukung peningkatan kinerja di kalangan tenaga kependidikan. ”Diharapkan dari kompetisi ini ada peningkatan layanan kinerja melalui inovasi sistem informasi dan layanan,” kata Emmy ditemui di sela kegiatan  Innovation Day, Presentasi Hibah Inovasi Kreatif Tenaga Kependidikan di ruang multimedia, Gedung Pusat UGM, Rabu (14/11).

Ia menambahkan program kompetisi bagi Tenaga Kependidikan untuk dapat meraih hibah diajukan perseorangan maupun berkelompok. Sementara para penerima hibah tersebut, selanjutnya melaksanakan diseminasi melalui presentasi melalui diskusi interaktif. Ia pun mengharapkan melalui hibah kompetisi tersebut nantinya mendorong  banyak hasil inovasi lainnya yang dihasilkan para tenaga kependidikan di lingkungan UGM.

“Kita ingin mengali potensi tendik melalui karya inovasinya. Sehingga memberikan kontribusi bagi peningkatan layanan universitas,” katanya.

Seperti diketahui, pelaksanaan Innovation Day dilaksanakan selama tiga hari. Yakni 14,19,21 November dimana setiap harinya memprensentasikan 5 hasil publikasi dari lima peserta penerima hibah.

Rya Mardikawati, SE., M.Acc, penerima hibah inovasi dari Direktorat Kemitraan Alumni dan Urusan Internasional mempresentasikan hasil inovasi mereka berupa Inovasi Sistem Informasi Pemanfaatan Aset Terintegrasi.

Menurutnya peminjaman aset sebelumnya memerlukan butuh waktu yang lama karena urusan surat menyurat dan menunggu disposisi dari pimpinan. Melalui inovasi sistem informasi ini maka layanan peminjaman aset dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih cepat. Bahkan bisa diketahui jumlah dana sewa aset yang dikelola sistem tersebut  terintegasi dengan sistem informasi keuangan.

”Sekarang tidak harus menunggu diaposisi yang memakan waktu lama atau surat menyurat,” katanya.

Selain inovasi dalam pengelolaan aset juga beberapa hasil karya inovasi lainnya. Diantaranya Efisiensi Daya Listrik dengan Smart Classroom,  e-Collection Application Programming Interface Management, dan inovasi Integrasi Prisma dengan Scopus dan Google Scholar.

Redaksi

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja