fbpx

Ditjen Dikti Ristek Siap Luncurkan Program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) Tahun 2022

Program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA)

Ditjen Dikti Ristek siap luncurkan program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) Tahun 2022. Kesiapan ini disampaikan oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam di Jakarta pada Jumat (18/3). 

IISMA tahun 2022 sendiri akan segera diluncurkan setelah DItjen Dikti Ristek sukses menggelar program yang sama di tahun sebelumnya, yakni di tahun 2021. Program IISMA sendiri merupakan bagian dari rangkaian program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

IISMA merupakan program pendanaan atau beasiswa yang memfasilitasi mahasiswa Kampus Merdeka di Indonesia untuk menjalani perkuliahan di luar negeri. Yakni ke berbagai universitas di berbagai negara yang sudah bekerjasama dengan pemerintah Indonesia. 

Soft Launching IISMA Tahun 2022 

IISMA atau Indonesia International Student Mobility Award merupakan program pemerintah bersama program MBKM yang berbentuk pendanaan atau beasiswa untuk membantu mahasiswa Kampus Merdeka belajar di luar kampus, yakni di kampus lain di luar negeri. 

Program IISMA sendiri dibuka untuk seluruh mahasiswa di perguruan tinggi tanah air, baik di PTS maupun PTN. Yakni kepada mahasiswa yang memang ingin merasakan pengalaman akademik di luar negeri dalam kurun waktu satu semester. 

Sehingga selama 6 bulan penuh peserta IISMA bisa kuliah atau  belajar di kampus luar negeri, tepatnya di universitas mitra luar negeri. Mahasiswa dalam kesempatan ini tidak hanya bisa memiliki pengalaman belajar di negara tersebut. 

Melainkan juga bisa merasakan budaya di negara yang menjadi tuan rumah sekaligus bisa melakukan tugas praktikum yang efektif meningkatkan keterampilan mahasiswa. Selama mengikuti program, mahasiswa akan menerima sejumlah fasilitas. 

Mulai dari biaya untuk transportasi, biaya kuliah, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, dan juga tunjangan visa. Banyak sekali manfaat bisa diambil mahasiswa yang ikut dalam program IISMA ini. 

Setelah tahun 2021 IISMA sukses besar dan mampu mengantarkan banyak mahasiswa untuk belajar ke berbagai negara selama satu semester. Maka oleh Ditjen Dikti Ristek di tahun 2022 akan digelar program serupa. 

Memasuki bulan Maret, kabarnya pendaftaran untuk IISMA tahun 2022 akan dibuka. Maka pada 18 Maret 2022 dilakukan soft opening terhadap rencana tersebut, dan dilakukan di Jakarta. 

Dalam acara soft opening ini, pihak DItjen Dikti Ristek mengundang berbagai pihak untuk hadir. Yakni mulai dari seluruh pimpinan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), pimpinan Perguruan Tinggi di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, pimpinan Kantor Urusan Internasional, dan seluruh pihak terkait dalam program IISMA tersebut. 

Diketahui juga dalam acara ini dihadiri sejumlah sosok penting di dunia pendidikan tinggi. Yakni: 

  • Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. (plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi)
  • Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc. (plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan), 
  • Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng. (Rektor UGM), 
  • Erwin Tobing, S.T., M.B.A. (Ketua Project Management Office Program Kampus Merdeka), 
  • Dr. Rachmat Sriwijaya (Ketua Program IISMA), dan 
  • Dr. Andi Rahadiyan Wijaya (Wakil Ketua Program IISMA) sebagai pemberi sambutan dan narasumber. 

Baca Juga:

Program Pendanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Program Retooling Kompetensi Vokasi Dosen

Program Bilateral Exchange Program DGHE-KSPS Joint Research Projects for Fiscal Year 2022

Tujuan Acara Soft Opening IISMA Tahun 2022 

Acara soft opening yang digelar di Jakarta ini disampaikan memiliki sejumlah tujuan. Tujuan yang pertama tentu saja untuk menginformasikan atau mensosialisasikan tentang diluncurkannya program IISMA di tahun 2022. 

Dijelaskan pula bahwa program IISMA Tahun 2022 proses pendaftarannya sudah resmi dibuka. Hal ini juga yang sudah diprediksi sejumlah pihak saat IISMA Tahun 2021 sudah berjalan. Yakni pendaftaran dimulai di bulan Maret 2022 untuk IISMA Tahun 2022. 

Tujuan kedua dari digelarnya acara ini adalah untuk memberikan pengarahan mengenai tata cara pendaftaran. Sebab seperti di tahun sebelumnya, pendaftaran program IISMA dilakukan secara daring. 

Selain itu terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang mendaftar sebagai peserta. Semua ini tentu saja perlu disampaikan oleh DItjen Dikti Ristek untuk menyambut antusiasme mahasiswa Kampus Merdeka bisa ikut ke program IISMA. 

Mengembangkan Potensi dan Kemampuan Mahasiswa 

Oleh Nizam juga disampaikan sejumlah harapan mengenai dijalankannya program IISMA Tahun 2022. 

“Kami berharap melalui salah satu program unggulan MBKM yaitu IISMA ini adik-adik mahasiswa memiliki kesempatan yang lebih baik setelah melihat dunia lebih luas dan melakukan mobilitas internasional”, ujar Nizam.

Jadi, pada dasarnya digelarnya program IISMA memiliki sejumlah tujuan yang fokus utamanya adalah mengembangkan potensi dan kemampuan mahasiswa di tanah air. Oleh Nizam disampaikan IISMA berharap bisa menjadi media bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dan pengetahuan. 

Tak hanya itu saja, IISMA Tahun 2022 juga diharapkan mampu memberikan pengalaman menempuh studi di perguruan tinggi luar negeri. Hal ini menjadi bagian dari pelaksanaan dari MBKM. 

Dimana mahasiswa Kampus Merdeka bebas untuk menempuh pendidikan dan pembelajaran di luar kampus. Bahkan untuk mengambil mata kuliah yang berbeda dengan mata kuliah pokok di jurusannya. 

Pada IISMA Tahun 2022, mahasiswa yang mendaftar dan lolos nantinya akan mendapatkan semua kesempatan emas tersebut. Yakni bisa merasakan suasana belajar di tempat berbeda dan mengambil mata kuliah yang berbeda sesuai minat masing-masing. 

Tentunya mata kuliah yang diambil mahasiswa selama program IISMA harus menyesuaikan dengan kebijakan kampus tujuan. Sehingga mahasiswa perlu konsultasi untuk mengetahui mata kuliah mana saja yang bisa diambil selama satu semester penuh di negara tersebut. 

Baca Juga:

Program Beasiswa Dosen S3 yang Bisa Diikuti

Program Stipendum Hungaricum Scholarshop 2022/2023

Program Terobosan Kemendikbud Ristek Tahun 2022

Membantu Peserta IISMA Mengikuti Prosedur 

Lewat acara soft opening yang berisi sosialisasi mengenai program IISMA Tahun 2022, disampaikan juga adanya harapan seluruh mahasiswa bisa mengikuti pendaftaran. Sekaligus mengikuti seleksi sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. 

Setiap mahasiswa yang berminat untuk mengikuti program kemudian bisa mengetahui dokumen apa saja yang perlu disiapkan. Supaya bisa memenuhi persyaratan administrasi untuk menjadi peserta IISMA Tahun 2022. 

Sekaligus bisa mengetahui kapan pendaftaran bisa dilakukan dan bagaimana tata caranya. Sebab sesuai penjelasan sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara daring dan memiliki prosedur yang sudah ditata dalam sistem. 

Bagi peserta yang sudah mendaftar dan kemudian dinyatakan lolos tahap seleksi administrasi. Maka bisa menuju ke tahap seleksi selanjutnya, yakni tahap wawancara. Sosialisasi yang dilakukan tentunya memberi waktu bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri. 

Dalam acara tersebut juga disampaikan jadwal pendaftaran program IISMA Tahun 2022. Yakni dibuka dari 12 Maret – 12 April 2022. Sampai pertengahan bulan April 2022, mahasiswa masih memiliki kesempatan untuk mendaftar. 

Namun, sebelum melakukan pendaftaran pastikan mencari tahu dulu apa itu IISMA, apa persyaratannya, daftar perguruan tinggi luar negeri yang bisa dipilih mana saja, dan lain sebagainya. 

Semua informasi mengenai IISMA Tahun 2022 sendiri bisa diakses secara daring melalui website https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ dan juga di https://iisma.id/

Tidak ada salahnya bagi mahasiswa yang berminat untuk mencari referensi dari peserta IISMA di tahun sebelumnya. Sehingga memiliki gambaran akan seperti apa IISMA di tahun ini dan seberapa cocok dengan kebutuhan. 

Artikel Terkait:

Mengenal Semua Seluk-Beluk Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia 

Inilah 10 Beasiswa Selain LPDP Untuk Bisa Kuliah Keluar Negeri Gratis 

Yuk Ikuti Progam Beasiswa Kuliah S1 Sampai S3 di Jepang Dari Rotary Yoneyema

Ingin Lolos Beasiswa S3 Luar Negeri? Simak Ini

10 Tips Menulis Motivation Letter untuk Beasiswa Keluar Negeri

Contoh Esai Beasiswa Lengkap yang Bisa Dijadikan Acuan

Kiat Sukses Menembus Beasiswa Luar Negeri 

14+ Rekomendasi Progam Beasiswa Dosen S3 yang Bisa Diikuti 

Kemenristekdikti Siapkan 1000 Beasiswa Untuk Dosen 

Sasaran Beasiswa Pendidikan Pasca Sarjana Dalam Negeri

Syarat Pengajuan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia 

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mendaftar Beasiswa Dikti!

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja