fbpx

Ingin Jadi Dosen, Kuasai Dulu Teknik Microteaching Berikut!

kuasai teknik microteaching

Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk berprofesi menjadi dosen. Yaitu kemampuan keterampilan mengajar atau menyampaikan materi. Sebelum resmi menjadi dosen, calon dosen akan terlebih mengikuti ujian microteaching. Nah, teknik microteaching apa saja yang harus dipersiapkan oleh calon dosen atau dosen baru? Berikut tipsnya.

Calon dosen tentu harus melewati seleksi microteaching dari Perguruan Tinggi yang dituju. Pihak perguruan tinggi tentu akan menilai dari awal bagaimana kualitas Anda sebagai calon dosen apakah sudah siap atau belum atau layak atau tidak mengajar di perguruan tinggi tersebut. Jadi, siapkanlah microteaching Anda dengan sebaik-baiknya.

Pengertian

Sebelum menguraikan teknik microteaching, sebaiknya pahami dulu pengertiannya. Microteaching adalah sebuah model untuk pelatihan pengajaran. Pada saat microteaching, perguruan tinggi tidak akan langsung dihadapkan oleh mahasiswa. Melainkan dihadapkan dengan tim penilai yang mereka juga berperan sebagai mahasiswa.

Nah apa saja sih teknik yang harus disiapkan ketika akan ujian microteaching bagi calon dosen atau dosen muda? Berikut tipsnya.

Siapkan Materi

Persiapkan materi yang akan Anda ajarkan, pastikan Anda menguasainya. Biasanya waktu yang diberikan telah ditentukan dan biasanya hanya singkat. Sehingga Anda harus bisa memilah bagian mana saja yang perlu dan cukup untuk disampaikan dengan waktu yang disediakan.

Rencana Bahan Ajar

Siapkan rencana bahan ajar yang akan Anda sampaikan saat microteaching. Rencana bahan ajar tersebut dapat juga Anda berikan copy-annya ke tim penilai, agar tim penilai pun melihat seberapa serius Anda mengajar.

Komunikasi Dua Arah

Pastikan Anda bisa berkomunikasi dua arah dengan audiens saat memulai microteaching. Bayangkan ketika Anda memulainya, orang-orang yang di depan Anda adalah mahasiswa Anda bukan tim penilai. Jadi, jalinlah atau pancing interaksi dengan mahasiswa.

Maksimalkan Slide Presentasi

Buatlan slide presentasi Anda sekreatif mungkin dengan tampilan menarik dan maksimal. Karena itu merupakan salah satu penilaian.

Ilustrasi dosen mengajar. (Sumber Foto: umm.ac.id)

Kuasai Ruang dan Audiens

Sebaiknya Anda tidak terpaku di depan laptop, Anda dapat berjalan kecil dan menguasai kelas saat menjelaskan materi. Pastikan suara Anda pun jelas didengar audiens. Tidak perlu terburu-buru dalam menyampaikan materi, dan sisipkan sedikit humor dalam kelas.

Alat Tambahan untuk Mengajar

Saat Anda tengah menjelaskan, memungkinkan Anda untuk menggunakan alat tambahan. Misalnya, pointer, speaker atau alangkah lebih baiknya menggunakan sarana multimedia yang dapat menambah menarik metode pengajaran Anda.

Ingat Teknik Dasar Mengajar

Jangan lupa Anda tetap mengacu pada teknis dasar mengajar, yang terdiri dari Pembukaan, Penjelasan Materi yang ingin disampaikan, Pertanyaan, Diskusi dan Penutup.

Demikian teknik microteaching yang harus Anda kuasai sebagai calon dosen atau dosen muda, semoga bermanfaat. Jika ada tambahan atau bahkan ingin sharing? Silahkan menghubungi langsung tim duniadosen.com melalui email atau whatsapp kami.

Diolah dari berbagai sumber.

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : du[email protected]

Telpon : 081228474322