fbpx

Ini Kriteria dan Ragam Buku yang Peroleh Nilai KUM, Dosen Harus Tahu !

Buku yang peroleh Nilai KUM

Perlu diketahui kriteria buku yang memuat hasil penelitian atau hasil pemikiran memiliki nilai Kumulatif atau nilai KUM yang tinggi. Yaitu dalam mengembangkan Bahan Pengajaran/Kuliah, yang diantaranya adalah: buku ajar atau buku teks 1 buku/ tahun, dan diktat atau modul 1 diktat/ semester. Lantas apa saja kriteria dan ragam buku yang peroleh nilai KUM? Berikut uraiannya.

Berbedaan Ragam Buku yang Peroleh Nilai KUM

Buku Ajar

Buku Ajar, ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi syarat atau kaidah buku teks dan diterbitka secara resmi dan disebarluaskan.

Diktat

Diktat, ditulis oleh pengajar mata kuliah bersangkutan, mengikuti kaidah tulisan ilmiah dan disebarluaskan kepada peserta kuliah.

Petunjuk Praktikum

Petunjuk paktikum, ditulis dan disusun oleh kelompok dosen yang menangani praktikum bersangkutan dan mengikuti kaidah tulisan ilmiah.

Buku Referensi

Buku Referensi, suatu tulisan dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya pada satu bidang ilmu. isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat suatu karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan, metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka. Nilainya 40 ak.

Buku Monograf

Buku Monograf, suatu tulisan dalam bentuk buku yang subtansi pembahasannya hanya pada satu hal saja dalam bidang ilmu.

Isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat suatu karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan, metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka.

Monograf atau buku referensi yang diambil dari disertasi atau tesis tidak dapat dinilai untuk usul kenaikan jabatan/pangkat.

Buku Chapter

Buku Chapter, hasil penelitian atau hasil pemikiran dalam buku yang dipublikasikan dan berisi berbagai tulisan dari berbagai penulis. Internasional 15 ak. Nasional 10 ak.

Berikut Kriteria Buku yang Memuat Hasil Penelitian atau Hasil Pemikiran:

Isi buku sesuai dengan bidang keilmuan penulis dan merupakan hasil penelitian atau pemikiran yang original. Kriteria ini membedakan antara buku referensi/ monograf dengan buku ajar. Memiliki ISBN, tebal paling sedikit 40 halaman cetak (menurut format UNESCO). Ukuran: minimal 15,5 cm x 23 cm. Diterbitkan oleh Badan Ilmiah/Organisasi/Perguruan Tinggi. Isi tidak menyimpang dari falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Buku yang peroleh Nilai KUM
Ilustrasi, Kriteria buku yang memuat hasil penelitian atau hasil pemikiran isinya sesuai dengan bidang keilmuan penulis dan merupakan hasil penelitian atau pemikiran yang original. (Sumber: uscbookstore.com)

Ragam Buku yang Peroleh Nilai KUM:

  1. Monograf

Substansi: satu hal dalam satu bidang ilmu, memenuhi kaidah penulisan ilmiah yang utuh (rumusan masalah, pemecahan masalah, dukungan teori mutakhir, kesimpulan dan daftar pustaka). Dalam bentuk buku (referensi). Disebarluaskan, tebal paling sedikit 40 halaman (15.5 cm x 23 cm). Diterbitkan oleh Badan Ilmiah/organisasi/PT, ISBN, dan diedarkan. Tidak menyimpang dari Pancasila dan UUD 1945. Batas Kepatutan : 1 buku/tahun. Angka Kredit Maksimal : 20.

  1. Buku Referensi

Substansi satu bidang ilmu. Memenuhi kaidah penulisan ilmiah yang utuh. Tebal paling sedikit 40 halaman (15.5 cm x 23 cm). Diterbitkan oleh Badan Ilmiah/organisasi/PT, ISBN, dan diedarkan. Tidak menyimpang dari Pancasila dan UUD 1945. Batas Kepatutan : 1 buku/tahun. Angka Kredit Maksimal : 40.

  1. Buku Teks/Buku Ajar

Buku ajar adalah buku pegangan untuk suatu matakuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebar luaskan. Diketik dengan komputer huruf Times New Roman (font 12) pada kertas ukuran A4 dengan jarak 1,5 spasi, beserta softcopy dalam CD. Jumlah halaman buku tidak kurang dari 200 halaman, tidak termasuk Prakata, Daftar Isi, dan Lampiran.

Unsur buku yang harus ada

(a) Prakata, (b) Daftar Isi, (c) Batang tubuh yang terbagi dalam bab atau bagian, (d) Daftar Pustaka, (e) Glosarium, (f) Indeks (sebaiknya). Penulisan Buku Ajar termasuk dalam kegiatan melaksanakan pengajaran, yaitu mengembangkan bahan pengajarantahun (tabel 1 item no. 11). Angka kredit 20 per buku. Batas Kepatutan Buku Ajar/Buku Teks : 1 Buku/Tahun.

  1. Diktat

Bahan ajar untuk suatu mata kuliah, ditulis oleh pengajar mata kuliah tersebut, mengikuti kaidah penulisan ilmia, disebarluaskan kepada peserta kuliah. Angka Kredit Maksimal : 5.

  1. Modul

Bagian dari Bahan Ajar, ditulis oleh pengajar mata kuliah tersebut, mengikuti kaidah penulisan ilmiah.

Disebarluaskan kepada peserta kuliah. Angka Kredit Maksimal : 5.

  1. Penuntun Praktikum

Pedoman Pelaksanaan Praktikum, disusun oleh kelompok dosen. Mengikuti kaidah penulisan ilmiah. Angka Kredit Maksimal : 5.

  1. Model

Alat Peraga, Menjelaskan Fenomena Dalam Kuliah, Meningkatkan Pemahaman Peserta Kuliah. Angka Kredit Maksimal : 5.

 

Batas Kepatutan untuk No.4-7 : 1 Diktat/Semester.

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322