fbpx

Ini Program Studi Satu-Satunya yang ada di Indonesia, Cek Yuk!

Indonesia memiliki ribuan institusi pendidikan tinggi yang tersebar dari kawasan barat hingga kawasan timur lengkap dengan variasi program studi yang ditawarkannya baik untuk jenjang diploma hingga pascasarjana. Nah, ternyata terdapat beberapa program studi yang diketahui hanya ada satu diantara ribuan institusi pendidikan tinggi itu.

Program studi tersebut pun terbilang unik sebab menyediakan pendalaman bidang keilmuan yang tidak melulu terkait keilmuan modern melainkan melestarikan kekayaan budaya bangsa. Bahkan ada program studi yang hanya ada satu di dunia, lho! Yuk, simak beberapa program studi yang cuma satu-satunya di Indonesia terkhusus di institusi pendidikan tinggi berikut.

  1. Teknik Ekonomi Konstruksi di Universitas Bung Hatta, Sumatera Barat

ipk.sinarharapan.co

Universitas Bungga Hatta yang bernaung di bawah Kopertis X ini mengantongi akreditasi B untuk program studi Teknik Ekonomi Konstruksi dengan nomor SK adalah 116/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/III/2015 dan berlaku mulai tahun 2015 hingga 28 maret 2020. Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang D-III.

Teknik Ekonomi Konstruksi atau juga dikenal sebagai Quantity Surveying (QS) bernaung di bawah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Program studi ini mengkaji seputar kuantitas atau volume suatu bangunan serta total anggaran untuk biaya konstruksi dari perhitungan kebutuhan material yang sudah dilakukan.

Lulusan dari program studi ini dibekali kompetensi khusus dalam Construction Measurement (pengukuran kuantitas/volume pekerjaan kontruksi), Construction Building Economic (menganalisa aspek ekonomis Proyek konstruksi), Construction Project Estimating (memperkirakan biaya proyek konstruksi), Construction Procurement & Contract Administration (penyediaan dan administrasi kontrak konstruksi), dan Project Cost Management (pengelolaan biaya proyek).

  1. Teknik Nuklir di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

kampusaja.com

Universitas Gadjah Mada yang bernaung di bawah Kopertis V ini mengantongi akreditasi A untuk program studi Teknik Nuklir dengan nomor SK adalah 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 dan berlaku mulai tahun 2013 hingga 19 November 2018. Program studi ini tersedia untuk jenjang sarjana.

Teknik Nuklir yang bernaung di bawah Fakultas Teknik ini menawarkan dua peminatan yaitu Teknik Energi Nuklir (berfokus pada industri) dan Fisika Medik (berfokus pada pemanfaatan nuklir di bidang medis).

Program studi tersebut memiliki misi untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan sarjana Teknik Nuklir yang mampu bersaing di dunia kerja nasional dan internasional, menyelenggarakan penelitian dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang teknologi nuklir, dan menjalin kerjasama yang erat dengan pemangku kepentingan (stakeholder) di bidang pendidikan, penelitian dan pemanfaatan teknologi.

  1. Astronomi di Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat

itb.ac.id

Institut Teknologi Bandung yang bernaung di bawah Kopertis IV ini mengantongi akreditasi A untuk program studi Astronomi (jenjang sarjana) dengan nomor SK adalah 5127/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 dan berlaku mulai tahun 2017 hingga 27 Desember 2022. Serta juga disediakan jenjang magister dan doktoral yang masih saja satu-satunya di Indonesia.

Program studi ini bernaung di bawah Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam. Lulusan dari progam studi ini diharapkan mampu menerapkan metode ilmiah didirikan menggunakan fisika maju, matematika, dan perhitungan dalam memecahkan masalah astronomi dan astrofisika, menjelajahi subyek interdisipliner dan teknologi di bidang yang berhubungan dengan astronomi, dan Mengenali masa lalu / sekarang / misi masa depan ilmiah dan eksplorasi, ketersediaan data ilmiah, dan komunitas yang relevan.

  1. Manajemen Properti dan Penilaian di Universitas Sumatera Utara, Medan

universitaspendidikan.com

Universitas Sumatera Utara yang bernaung di bawah Kopertis I ini mengantongi akreditasi B untuk program studi Manajemen Properti Dan Penilaian dengan nomor SK adalah 146/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014 dan berlaku mulai tahun 2017 hingga 22 Mei 2019. Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang magister.

Program studi ini bertujuan untuk mengelola properti sebagai investasi dan bisnis serta mengelola aspek fisik lingkungan properti yang bertujuan untuk menciptakan sistem organisasi yang efektif, meningkatkan pendapatan dari properti tersebut, dan menjamin serta melindungi properti dan peralatannya dari kerusakan.

Selain itu, mahasiswa yang telah menyelesaikan 3 Semester mendapatkan Sertifikat Penilaian Tingkat Dasar untuk Penilai Properti dan Penilaian Bisnis dari MAPPI dan bagi yang ingin mendapatkan sertifikat tingkat lanjutan dapat mengikutinya pada semester 4 atau setelah selesai studi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  1. Demografi dan Pencatatan Sipil di Universitas Sebelas Maret, Jawa Tengah

nasional.sindonews.com

Program studi jenjang D-IV yang bernaung di bawah Fakultas Hukum ini baru berjalan sejak tahun ajaran 2017/2018. Demografi dan Pencatatan Sipil tersebut memiliki visi sebagai penyelenggara pendidikan terapan di bidang pencatatan sipil guna memenuhi kebutuhan aparatur yang professional dan mampu bersaing di tingkat internasional. Nah, penerimaan mahasiwa barunya dibagi atas program regular dan program beasiswa.

(Sumber : uns.ac.id)

Program regular dapat diikuti oleh lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat dengan usia maksimal 25 tahun. Sedangkan program beasiswa dibuka untuk PNS/CPNS di lingkungan Kantor/Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri yang berijazah SLTA/sederajat dan mendapatkan rekomendasi dari pimpinan instansi tempat bekerja.

  1. Teknik Perpipaan di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Jawa Timur

masukuniversitas.com

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang bernaung di bawah Kopertis VII ini mengantongi akreditasi A untuk program studi Teknik Perpipaan dengan nomor SK adalah 87/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/I/2018 dan berlaku mulai tahun 2018 hingga 3 Januari 2023. Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang D-IV.

Visi dari program studi ini adalah menjadi institusi pendidikan profesional bidang rekayasa perpipaan serta aplikasinya dibidang maritim dan industri, berdaya saing tinggi yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi perpipaan, maritim dan industri secara global.

Sedangkan beberapa misinya yaitu melaksanakan program pendidikan vokasi dan penelitian terapan di bidang teknologi perpipaan, maritim dan industri, serta teknologi penunjangnya, mengembangkan networking dengan stake holder, baik di tingkat lokal maupun tingkat internasional, dan melakukan pengembangan jiwa kewirausahaan serta kemampuan soft skill.

  1. Keris dan Senjata Tradisional di Institut Seni Indonesia Surakarta, Jawa Tengah

news.okezone.com

Institut Seni Indonesia Surakarta yang bernaung di bawah Kopertis VI ini mengantongi akreditasi C untuk program studi Keris Dan Senjata Tradisional dengan nomor SK adalah 146/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014 dan berlaku mulai tahun 2014 hingga 18 Juni 2019. Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang D-IV.

Program studi tersebut merupakan satu-satunya di dunia, lho. Keris Dan Senjata Tradisional ini bertujuan untuk melestarikan kekayaan tradisi dengan melaksanakan pendidikan, penelitian dan kekaryaan seni, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang keris dan senjata tradisional, serta mendinamisasi kehidupan seni-budaya nusantara khususnya senjata tradisional di masyarakat.

  1. Tarjamah di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten

lpminstitut.com

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang bernaung di bawah Kopertis III ini mengantongi akreditasi A untuk program studi Tarjamah dengan nomor SK adalah 2710/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016 dan berlaku mulai tahun 2016 hingga 24 November 2021. Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang S1.

Program Studi yang berada di bawah naungan Fakultas Adab dan Humaniora ini memiliki visi untuk menjadi program studi terkemuka dan unggul di Asia Tenggara pada tahun 2020 dalam bidang penerjemahan, yang berbasis riset, integrasi, dan kontekstualisasi ilmu.

Sedangkan tujuan didirikannya adalah menghasilkan sarjana yang memiliki keterampilan profesional di bidang penerjemahan yang dijiwai oleh ajaran-ajaran dan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan.

Dan tentu saja prospek kerja lulusan program-program studi tersebut akan sangat menjanjikan di masa depan. Adakah yang jadi minatmu?

 

Sumber : Idntimes.com

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

  • Daftar Kontributor
  • S&K Kontributor
  • Menerbitkan Buku

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…