fbpx

Inilah Contoh Karya Ilmiah yang Sederhana Namun Benar

Inilah Contoh Karya Ilmiah yang Sederhana Namun Benar

Penulisan karya tulis ilmiah memang perlu menyesuaikan dengan aturan yang berlaku, sehingga memperhatikan contoh karya ilmiah sangat penting. Sehingga bisa dijadikan referensi untuk mendapat gambaran mengenai tata cara penyusunannya seperti apa. 

Baca juga : Manfaat Besar Ikut Terlibat Pengabdian Masyarakat Dosen

Tips Memilih Contoh Karya Ilmiah 

Berkembangnya internet dalam dunia komunikasi memberi kemudahan ekstra bagi kamu untuk mencari referensi karya ilmiah. Termasuk contoh dari karya ilmiah tersebut, dijamin bertebaran di banyak situs. 

Namun dari sekian contoh karya ilmiah, kamu wajib memilih contoh yang memang benar agar hasil tulisan kamu juga ikut benar. Berikut tips untuk memilihnya: 

  • Memilih referensi atau contoh penulisan karya ilmiah dari situs yang terpercaya, misalnya dari situs besar dan terkemuka atau bisa juga dari situs yang dikelola profesional bukan gratisan. 
  • Membandingkan beberapa situs sekaligus, sehingga bisa mengetahui mana susunan yang paling tepat karena dipakai di lebih banyak situs. 
  • Meminta referensi dari ahlinya, misal dari guru atau dosen untuk mendapatkan URL dari karya ilmiah di situs yang sudah dijamin kredibel. 
  • Mengutamakan karya ilmiah dari situs publikasi jurnal ilmiah, karena dijamin kredibel. 

Mencari contoh penulisan karya ilmiah memang penting untuk membantu menyusunnya dengan sistematika yang benar dan sesuai aturan. Namun asal mencari contoh kemudian menconteknya tentu kurang tepat. 

Sebab tetap ada kemungkinan kalau karya ilmiah tersebut keliru. Bisa juga memakai kaidah penyusunan lama yang sudah di upgrade, sehingga isinya sudah tidak sesuai zaman atau sudah tidak berlaku lagi. 

Contoh Karya Ilmiah yang Singkat Namun Benar 

Jenis karya ilmiah sangat banyak dan saat mencari contoh maka perlu disesuaikan dengan jenis yang dicari dan dibutuhkan, agar dijamin tepat. Namun untuk mempermudah kamu juga bisa mencari contoh yang sederhana agar bisa paham dulu dasar poin penyusunannya apa saja. 

Berikut merupakan contoh karya ilmiah yang sederhana namun penyusunannya sudah sesuai dengan aturan. Temanya sendiri adalah “dampak internet bagi anak-anak”

Judul: Dampak Negatif Penggunaan Internet di Kalangan Anak-Anak 

Bab I Pendahuluan 

1. Latar Belakang Masalah

Internet saat ini menjadi teman dekat bagi siapa saja di berbagai kalangan, sebab memberi banyak manfaat. Bisa digunakan untuk mengakses informasi apapun, mendapatkan teman, dan juga untuk mencari uang baik dengan bekerja secara online maupun menekuni bisnis online. 

Kecanggihan internet terus berkembang dan membuatnya semakin kaya kegunaan. Siapa saja juga bisa mengaksesnya, dan hal ini memicu berbagai dampak. Termasuk dampak negatif ketika diakses anak-anak untuk konten-konten yang kurang mendidik. 

2. Rumusan Masalah 

Bagaimana dampak negatif dari penggunaan internet di kalangan anak-anak? 

3. Tujuan Penelitian 

Mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan internet pada anak-anak. 

Bab II Pembahasan 

Berbagai Dampak Negatif Internet bagi Anak-Anak 

Internet dewasa ini sudah menjadi kebutuhan bagi semua kalangan, tidak terkecuali untuk anak-anak. Anak-anak memiliki kemungkinan besar mengalami dampak negatif dari penggunaannya karena belum bisa memakai secara bijak. Dampak negatif tersebut antara lain: 

  • Memunculkan keinginan berbuat kekerasan. 
  • Menimbulkan kasus bullying. 
  • Menyebabkan kecanduan internet. 
  • Menyebabkan anak lupa waktu sehingga lupa untuk belajar, makan, dan istirahat. 

Bab III Penutup 

Kesimpulan 

Internet ketika digunakan dengan bijak memang memberi manfaat yang sangat besar dalam keseharian. Keberadaannya juga membantu anak-anak untuk mengikuti kelas online dan mencari materi tambahan dalam belajar. 

Hanya saja, tanpa pengawasan dari orangtua penyalahgunaan internet pada anak-anak cukup tinggi. Sebab mereka bisa mengakses situs yang kurang bermanfaat seperti situs game online, judi online, dan sebagainya. 

Sehingga untuk meminimalkan dampak negatif tersebut peran orang tua dalam melakukan pengawasan sangat penting. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322