fbpx

Perubahan Jadwal Serdos Gelombang 3 2021

Perubahan Jadwal Serdos Gelombang 3 2021

Tahun ini memiliki rencana untuk ikut sertifikasi dosen (serdos)? Maka sudah harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Apalagi serdos di tahun 2021 sudah menggunakan sistem yang baru. Yakni sistem online dan sudah terintegrasi dengan sistem lain untuk menunjang karir dosen. 

Serdos Smart 2021 menjadi momentum penting bagi dosen untuk bisa mendapatkan sertifikasi dan dikenal publik sebagai dosen profesional. Memasuki bulan November 2021, pelaksanaan Serdos Smart 2021 sudah memasuki gelombang ketiga. Apakah semua hal sudah dipersiapkan dengan baik? 

Jadwal Serdos Gelombang 3 2021 

Sertifikasi dosen atau serdos sudah dilaksanakan secara berkala sejak lama dan masih sampai sekarang. Setiap tahunnya serdos digelar, dan di tahun 2021 in tercatat ada tiga gelombang. Bagi dosen yang sudah merencanakan ikut serdos di tahun 2021 perlu segera update data diri di PDDikti dan aplikasi terkait serdos. 

Sebab bisa jadi mengikuti serdos sejak gelombang pertama, bisa juga di gelombang kedua, dan terakhir di gelombang ketiga. Gelombang ketiga ini dijadwalkan mulai dilakukan pada 8 November 2021 dimana dilakukan tahap Penarikan Data Eligible. 

Melalui surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan nomor 4223/E4/KK/2021 tertanggal 3 November 2021. Dijelaskan bahwa ada penetapan jadwal terbaru untuk Serdos Smart 2021 gelombang ketiga. Berikut detail jadwal terbaru tersebut: 

Kegiatan Tanggal 

Tahap I 
Penarikan data eligible 8 November 2021 

Tahap II 
Penyusunan PDD-UKTPT dan Penilaian Persepsional 9-15 November 2021 
Perhitungan Penilaian Persepsional oleh PSD-PTU 16-17 November 2021 
Pengajuan DYS dan Sinkronisasi SISTER PT oleh PSD-PTU 17-19 November 2021 
Tahap III 
Penilaian Portofolio DYS oleh Asesor PTPS  22 November – 3 Desember 2021 
Yudisium Internal PTPS 4-6 Desember 2021 
Yudisium Nasional 9 Desember 2021 

Melalui pemberitahuan perubahan jadwal ini bisa diketahui jadwal mundur dari yang ditentukan sebelumnya. Pada jadwal sebelumnya, Yudisium Nasional dilakukan pada 29 November 2021. Kemudian jadwal diubah menjadi 9 Desember 2021. Hal ini tentu bisa karena banyak faktor. 

Namun, bagi dosen ada kemunduran jadwal bisa menjadi angin segar. Khususnya bagi dosen yang baru bisa memperbaharui data menjelang pertengahan tahun 2021 atau lebih. Sehingga bisa tetap aman sampai awal November 2021. Namun, pastikan sudah mengecek kondisi data di SISTER maupun di aplikasi karir dosen lainnya. 

Sebab kesesuaian data ini penting mengingat Serdos Smart 2021 sudah terintegrasi antara beberapa sistem yang mengatur karir dosen. Jadi, silahkan memperbaharui data yang perlu diperbaharui. Sebab prosesnya memakan waktu karena harus mendapat persetujuan dari sejumlah pihak. 

Baca Juga:

Serdos 2021 Dilaksanakan, Simak Tahapannya!

Panduan Serdos untuk Dosen DIKTIS

Jadwal Serdos 2021 Sudah Rilis, Catat Tanggal Pentingya!

Daftar Kampus Penyelenggara Resmi TKDA TKBI Serdos 2021

Syarat Ikut Serdos Smart 2021 

Setelah mengetahui jadwal terbaru pelaksanaan gelombang 3 untuk Serdos Smart 2021. Maka bisa mengetahui juga apa saja syarat yang harus dipenuhi, setidaknya jika tidak bisa ikut serdos tahun ini bisa mencoba di tahun depan. Sebagai persiapan, berikut syarat-syarat untuk bisa ikut serdos: 

  1. Memenuhi kualifikasi akademik minimal lulus S2 atau yang setara dengan S2 sekaligus sudah terakreditasi. 
  2. Berstatus sebagai dosen tetap di perguruan tinggi negeri dan dosen DPK di perguruan tinggi swasta, dan juga dosen tetap di yayasan yang sudah mendapatkan Sk Inpassing dari pejabat yang berwenang. 
  3. Memiliki masa kerja minimal 2 tahun sebagai dosen dan aktif melaksanakan Tri Dharma. 
  4. Memiliki jabatan akademik minimal Asisten Ahli dan menjabat selama minimal 2 tahun. 
  5. Sudah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan memenuhi beban kerja sampai 12 SKS per semester di perguruan tinggi tempatnya bertugas. 
  6. Memiliki sertifikat pelatihan PEKERTI dan AA. 

Ada setidaknya 5 syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti sertifikasi dosen. Jadi, pastikan sudah memenuhi syarat tersebut. Jika belum maka fokus untuk memenuhi syarat sesuai ketentuan. Sebab dibutuhkan masa kerja sebagai dosen dan menjabat Asisten Ahli minimal 2 tahun baru bisa mendaftar serdos. 

Jadi, jika tahun ini belum ada kesempatan karena terganjal syarat yang belum sepenuhnya terpenuhi. Bisa menunggu serdos tahun depan, dan sekaligus bisa belajar lebih serius. Sebab serdos sendiri terdiri dari beberapa jenis tes, pada tahap awal dosen harus lolos passing grade untuk tes kemampuan bahasa atau TKBI dan tes kemampuan akademik atau TKDA. 

Selain itu, dosen juga perlu mengikuti dua jenis pelatihan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Yakni Pelatihan AA dan PEKERTI, dimana pelaksanaannya melalui sejumlah perguruan tinggi dan organisasi profesi tertentu yang memenuhi syarat. Jadi, mumpung masih punya waktu silahkan mencoba memenuhi semua syarat yang dijelaskan tersebut. 

Baca Juga:

Apa Saja Portofolio untuk Ajukan Serdos? Dosen Harus Tahu!

Ini Perbedaan Serdos NIDN dan NIDK 

Dosen Muda, Yuk Kenali Kendala Serdos Sejak Dini

Ketua Panitia Serdos di Politala Berikan Tips Agar Lulus Serdos  

Tips Sukses Ikut Serdos 2021 

Jika tahun berhasil memenuhi syarat yang sudah dijelaskan diatas, maka bisa fokus mempersiapkan diri menghadapi serdos. Simak beberapa tips berikut agar bisa lolos dan sukses mendapatkan sertifikasi: 

  • Ikut tes TKBI dan TKDA lebih awal, masa berlaku hasil tes mayoritas adalah 2 tahun dan untuk bisa mendaftar serdos wajib memenuhi passing grade. Tidak tertutup kemungkinan perlu menjalani tes lebih dari sekali baru bisa lolos PG. Maka lakukan tes ini jauh-jauh hari, setidaknya setelah beberapa bulan menjabat sebagai Asisten Ahli. 
  • Ketahui semua syarat mengikuti serdos, sehingga punya waktu setidaknya 2 tahun untuk memenuhi syarat tersebut. Mulai dari syarat kualifikasi akademik yang minimal lulusan S2, memangku jabatan Asisten Ahli minimal selama 2 tahun, dan sebagainya. Semakin tahu apa saja syaratnya semakin dini bisa mempersiapkan diri. 
  • Persiapkan juga beberapa dokumen tambahan yang akan diperlukan untuk bisa lolos serdos. Misalnya sertifikat kepesertaan telah mengikuti suatu seminar ilmiah, dokumen pdf makalah yang sudah berhasil dipublikasikan, dan juga menyiapkan pas foto berwarna ukuran 4×6.
  • Cermati dan ketahui jadwal pelaksanaan serdos dan pastikan sudah mengecek semua hal untuk memastikan bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Misalnya mengecek data di aplikasi SISTER maupun aplikasi lain, sebab sudah terintegrasi. Jika ada ketidakcocokan segera lakukan update data. 
  • Perbanyak latihan dan membaca maupun melakukan kegiatan pengembangan diri. Sebab serdos sendiri adalah program pemberian sertifikasi profesi, sehingga untuk dosen akan dicek kemampuannya sebagai dosen sudah mumpuni atau belum. 

Salah satu kunci sukses untuk bisa lolos serdos dan mendapatkan sertifikasi atasu profesi dosen yang ditekuni adalah ketelitian administrasi. Artinya, dosen perlu punya ketelitian tinggi pada saat menyiapkan semua persyaratan administrasi. Jangan sampai ada yang terlewat, karena satu dokumen saja tidak ada maka dipastikan gagal ikut serdos. 

Ketelitian tinggi diperlukan karena memang dokumen persyaratan serdos biasanya dimiliki dosen bertahap dan dalam jarak yang panjang. Misalnya SK pengangkatan sebagai dosen tetap, kemudian SK yang menjelaskan dosen tersebut memangku jabatan Asisten Ahli, dan sebagainya. 

Maka dosen harus rapi dalam menyimpan semua dokumen penting berkaitan dengan profesi dosen. Supaya bisa memenuhi syarat serdos dengan baik dan lengkap, sekaligus tanpa resiko ada yang terlewat atau keliru. 

Artikel Terkait:

Tips Lolos Serdos Menggunakan SISTER Ala Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti

Pengalaman Dosen Mengikuti Serdos Berkali-kali Akhirnya Lulus Juga

Yuk, Simak Cerita Dosen yang Lolos Serdos Berikut 

Apa Saja Syarat Wajib Serdos?

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja