fbpx

Update Jurnal Indonesia Terindeks Scopus 2022

Daftar Jurnal Indonesia Terindeks Scopus Terbaru 2022

Update daftar jurnal Indonesia terindeks Scopus terbaru 2022 tentu menjadi hal penting, khususnya bagi dosen yang sudah melakukan publikasi jurnal. Setiap dosen di Indonesia tentu berusaha untuk jurnalnya bisa masuk ke Scopus. 

Sebab menjadi salah satu standar yang perlu dipenuhi untuk menunaikan tugas publikasi artikel ilmiah ke jurnal ilmiah. Scopus yang menjadi database jurnal ilmiah terbesar menjadi standar untuk menentukan kualitas publikasi jurnal yang dilakukan dosen. 

Sebagai database terbesar dan dikenal hanya mencantumkan jurnal ilmiah berkualitas. Maka untuk menembus Scopus bukan persoalan mudah dan kadang membutuhkan waktu lama. Jadi, perlu rutin mengecek jurnal terbaru yang masuk ke dalamnya. Bagaimana caranya? 

Mengenal Scopus dan Manfaatnya 

Scopus diketahui sebagai sebuah database atau pusat data yang memuat daftar jurnal internasional berkualitas. Di dalamnya dicantumkan detail tingkat kualitas jurnal dengan istilah quartil, semakin kecil angka di belakang huruf Q maka semakin bagus kualitasnya. Begitu juga sebaliknya. 

Scopus yang dikenal sebagai database yang hanya memuat jurnal-jurnal internasional berkualitas kemudian menjadi tujuan mendapatkan referensi jurnal. Pendidikan di Indonesia bahkan menjadikan Scopus sebagai acuan untuk menentukan kualitas publikasi jurnal. 

Sehingga diharapkan setiap dosen yang sudah mempublikasikan jurnal internasional bisa terindeks di Scopus tersebut. Semakin banyak jurnal dari Indonesia yang masuk ke Scopus maka akan semakin meningkatkan angka publikasi jurnal ilmiah. Sehingga ikut berdampak positif bagi perkembangan kualitas pendidikan di tanah air. 

Mengecek daftar jurnal Indonesia terindeks Scopus terbaru 2022 kemudian menjadi rutinitas. Sehingga bisa diketahui jurnal mana saja yang bisa dituju untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang disusun. Bisa juga untuk tujuan yang lainnya. 

Baca Juga:

7 Situs Jurnal Internasional 

Cara Mengetahui Jurnal Predator

Metode Artikel Jurnal Imrad – Non Imrad

Cara Menerbitkan Jurnal Sinta

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus 

Supaya bisa mengetahui update daftar jurnal Indonesia terindeks Scopus terbaru 2022 maka perlu tahu juga bagaimana cara mengeceknya. Saat ini, pengecekan untuk jurnal yang terindeks ke Scopus bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu: 

1. Mengecek Lewat Scimago Jr 

Cara pertama untuk bisa mengecek jurnal yang terindeks ke Scopus adalah mengecek lewat Scimago Jr. Scimago Jr diketahui merupakan situs yang memuat perangkingan jurnal internasional dan sumbernya dari Scopus. 

Jadi, jurnal-jurnal yang ditemukan di Scimago Jr bisa dipastikan sebagian besar berasal dari Scopus tadi. Adapun cara atau langkah-langkah pengecekannya adalah: 

  • Buka laman Scimago Jr di https://www.scimagojr.com/ 
  • Masukan judul jurnal internasional yang dimaksud, kemudian klik tombol Enter. 
  • Tunggu sampai sistem selesai melakukan pencarian dari database yang dimiliki. Jika jurnal terlihat dan lengkap dengan informasi lainnya, maka jurnal yang dicari masuk ke Scimago Jr dan Scopus. 

Khusus untuk siapa saja yang tidak memiliki judul jurnal internasional, maka bisa memanfaatkan fitur all subject area” atau “all subject categories”. Lewat fitur ini pengunjung situs bisa melakukan pencarian secara umum. 

Sehingga bisa menemukan daftar judul jurnal yang sesuai dengan pencarian dan tentunya sudah terindeks di Scopus. Jurna;-jurnal ini bisa dijadikan pilihan untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang sudah disusun. 

2. Mengecek Lewat Scopus 

Cara kedua untuk mengecek daftar jurnal Indonesia terindeks Scopus terbaru 2022 adalah tentu saja lewat situs Scopus itu sendiri. Siapa saja bisa melakukan pencarian secara gratis. 

Sedangkan untuk akses membaca sampai mengunduh jurnal tertentu, jika bukan open acces maka harus berlangganan dulu. Berikut langkah-langkah pengecekannya: 

  • Buka situs Scopus melalui https://www.scopus.com/home.uri 
  • Cari fitur pencarian dengan kata Source yang terletak di bagian kanan atas. 
  • Ketik judul jurnal atau ketik negara asal jurnal tersebut, atau negara asal dari penerbit jurnal. Kemudian klik tombol Find Source
  • Tunggu sampai sistem menunjukan hasil pencarian, jika judul dan jurnal yang dimaksud muncul maka artinya sudah terindeks di Scopus.
  • Jika tidak muncul, pertimbangkan untuk mengecek tahun coverage dari jurnal tersebut. Caranya cek jurnal lewat fitur Scopus Content Coverage yang terletak di bagian bawah situs. 

Daftar Jurnal Indonesia Terindeks Scopus Terbaru 2022 

Setelah tahu cara mengecek daftar jurnal Indonesia terindeks Scopus terbaru 2022 sesuai penjelasan di atas. Tentu ingin tahu juga jurnal mana saja yang sudah terindeks di database terkemuka tersebut. 

Sifat publikasi jurnal adalah kontinyu, artinya setiap tahun di masing-masing jurnal akan mengupdate tambahan artikel di dalamnya. Ada yang update per empat bulan sekali, sehingga dalam setahun update 3 kali. Ada juga yang update hanya setahun sekali. 

Bagi dosen yang ingin mempublikasikan artikel ilmiahnya ke jurnal internasional, maka perlu jeli memilih jurnal. Selain harus sesuai dengan bidang keilmuan, juga harus punya reputasi yang baik. Salah satunya sudah terindeks di Scopus yang dibahas sejak awal. 

Dilansir dari berbagai sumber, update daftar jurnal Indonesia terindeks Scopus terbaru 2022 masih menjelang akhir tahun 2021. Daftar jurnal tersebut antara lain: 

Title Quartile H-Index Publisher 
Forest and SocietyQ18Universitas Hasanuddin
Indonesian Journal of Science and TechnologyQ111Universitas Pendidikan Indonesia
Journal on Mathematics EducationQ218Sriwijaya University
Buletin Ekonomi Moneter dan PerbankanQ24Bank Indonesia Institute
Jurnal Pendidikan IPA IndonesiaQ216Universitas Negeri Semarang (UNNES)
Electronic Journal of Graph Theory and ApplicationsQ35Indonesian Combinatorics Society
International Journal of TechnologyQ215Faculty of Engineering Universitas Indonesia
IAES International Journal of Artificial IntelligenceQ27Institute of Advanced Engineering and Science (IAES)
International Journal of Renewable Energy DevelopmentQ312Diponegoro university Indonesia – Center of Biomass and Renewable Energy (CBIORE)
International Journal of Power Electronics and Drive SystemsQ221Institute of Advanced Engineering and Science (IAES)
Acta medica IndonesianaQ324Indonesian Society of Internal Medicine
Bulletin of Chemical Reaction Engineering and CatalysisQ316Diponegoro University
Tropical Animal Science JournalQ213Bogor Agricultural University
HAYATI Journal of BiosciencesQ217Institut Pertanian Bogor
Cakrawala PendidikanQ35Universitas Negeri Yogyakarta (Yogyakarta State University)
Indonesian Journal of Applied LinguisticsQ29Indonesia University of Education
KukilaQ310WCS – Indonesia

Selain yang disebutkan di atas masih ada puluhan daftar jurnal Indonesia terindeks Scopus terbaru 2022. Sebab data terakhir yang dihimpun di September 2021 menjelaskan ada 63 jurnal dari Indonesia yang terindeks ke database terkemuka ini. 

Kedepannya tentu saja ada harapan untuk lebih banyak lagi jurnal asal tanah air yang bisa masuk ke dalam database Scopus. Sehingga jurnal-jurnal ini bisa diakses oleh masyarakat luas dari seluruh dunia. Sekaligus mendongkrak kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah Indonesia. 

Supaya bisa terus menambah daftar jurnal Indonesia terindeks Scopus terbaru 2022  di atas. Maka para dosen bisa fokus untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh Scopus. Sehingga bisa ikut terlibat dalam meningkatkan jumlah publikasi di tanah air. 

Artikel Terkait:

Cara Mencari Jurnal ISSN 

Situs Pilihan untuk Download Jurnal Gratis

Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di Sinta

Cara Melihat Nama Jurnal 

8 Perbedaan Jurnal Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 

Cara Submit Jurnal Ilmiah 

Mengenal Hijacked Journal, Ciri-Ciri, dan Bedanya dengan Jurnal Predator

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja