fbpx

15 Rekomendasi Jurusan Dosen yang Bisa Dipertimbangkan

jurusan dosen

Ingin menjadi dosen yang sukses dan mumpuni? Maka wajib hukumnya untuk memilih jurusan dosen yang tepat. Ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan ketika ingin kuliah dan kemudian bercita-cita menjadi dosen. 

Pemilihan jurusan pun harusnya tepat, sebab nantinya akan didalami tidak hanya sampai lulus S1 namun sampai S3. Mengingat rata-rata dosen di Indonesia dan juga di dunia adalah lulusan doktor atau S3 tadi. 

Kamu pun akan berkutat dengan bidang keilmuan tersebut sepanjang karir menjadi dosen. Pasalnya dijamin akan memiliki homebase di fakultas yang sama dengan bidang keilmuan yang diambil. 

Memahami bahwa jurusan dosen yang diambil akan ditekuni nyaris seumur hidup. Maka tidak berlebihan rasanya jika calon dosen ini perlu memilih jurusan dengan ekstra teliti dan hati-hati. 

Pentingnya Memilih Jurusan yang Sesuai untuk Calon Dosen 

Sebagai calon dosen kamu wajib memahami arti penting pemilihan jurusan dosen yang benar-benar tepat. Alasannya adalah: 

  • Seperti penjelasan di atas, kamu akan berkutat dengan bidang ilmu yang diambil sejak kuliah S1 sampai akhir hayat. Jadi jangan sampai salah memilih jurusan.  
  • Bidang ilmu yang dipelajari dan dikuasai dosen akan disampaikan kembali kepada mahasiswa, sehingga harus paham luar dan dalam. Oleh sebab itu wajib menyukai bidang keilmuan yang diambil agar tidak kesulitan untuk memahami dan menampilkannya kembali. 
  • Memilih bidang keilmuan yang tepat membantu dosen untuk menikmati perjalanan karirnya yang memang banyak tugas dan tanggung jawab. Jika sudah menikmati maka kesempatan sukses menjadi dosen pun terbuka lebar. 

Baca Juga: Dr. Ira Maisarah: Dosen di Era Milenial Harus Optimalkan Kegiatan Menulis

Jurusan Dosen yang Banyak Dibutuhkan 

Pemilihan jurusan dosen nantinya juga akan memiliki korelasi dengan peluang diterima menjadi dosen. Tentunya jurusan yang dipilih perlu dipastikan akan banyak dibutuhkan oleh semua atau sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia. 

Sehingga ketika lulus kuliah bisa mendapatkan lowongan pekerjaan dosen yang sesuai dengan bidang keilmuan yang diambil. Pertanyaannya, jurusan apa saja yang di masa mendatang memberi peluang karir yang luas kepada calon dosen? Berikut beberapa referensinya: 

1. Pendidikan Dokter 

Kebutuhan tenaga kesehatan seperti dokter dan lain-lain sangat tinggi. Setelah kamu lulus dari kelas ini maka dijamin sangat mudah menjadi dosen sekaligus menekuni profesi tenaga kesehatan. Jadi, jangan ragu memilih jurusan ini. 

2. Ilmu Ekonomi 

Perencanaan keuangan bisa terwujud dengan baik jika lulus dari ilmu ekonomi. Jurusan ini selalu tinggi peminat, dan banyak kampus membutuhkan pengajar ilmu ekonomi yang mumpuni. Kamu pun berpeluang tinggi menjadi pengajar sukses jika mengambil jurusan dosen satu ini. 

3. Bisnis Digital 

Bisnis digital memiliki rumpun ilmu terapan dan dipastikan diminati masyarakat di masa sekarang. Mengambil kelas ini berpeluang besar mengantarkan kamu diterima sebagai pengajar di berbagai kampus. Sebab dijamin banyak kampus membuka jurusan dan mata kuliah satu ini. 

4. Ilmu Komunikasi 

Puncak pertumbuhan startup dan juga industri kreatif sedang berjalan, jurusan ilmu komunikasi pun banjir peminat. Kampus pun membuka peluang bagi para lulusan jurusan dosen satu ini untuk mengajar. Kamu punya kesempatan emas untuk bisa segera menjadi dosen setelah lulus kuliah. 

Baca Juga: Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen Melalui SISTER 2021

5. Teknik Mesin 

Teknik mesin adalah jurusan yang tinggi peminat sejak dulu sampai sekarang, dan diprediksi akan tetap demikian di masa mendatang. Calon dosen di jurusan ini pun dibutuhkan dalam jumlah lumayan. Kalau kamu melamar usai lulus dari teknik mesin maka kesempatan menjadi dosen terbuka sangat lebar. 

6. Artificial Intelligence 

Artificial Intelligence juga termasuk disiplin ilmu komputer yang kini banyak diminati. Banyak kampus kemudian membuka jurusan atau memberi mata kuliah ini. Sehingga kebutuhan dosen disini pun tinggi, di masa mendatang kamu bisa menjadi dosen Artificial Intelligence yang sukses. 

7. Cyber Security

Cyber Security merupakan salah satu cabang ilmu komputer yang banyak dibuka di kampus-kampus di Indonesia. Kebutuhan pengajar dari jurusan ini pun meningkat, dan kamu berpotensi menjadi salah satu yang memenuhi kualifikasi sebagai dosen Cyber Security tersebut. 

8. Teknik Informatika 

Teknik informatika termasuk ke dalam ilmu komputer dan teknologi, yang selalu menjadi primadona di kampus-kampus. Kebutuhan dosen dari jurusan dosen satu ini cukup tinggi. Sehingga lulus dari sini kamu berpeluang besar diterima dosen di PTN maupun PTS. 

9. Psikologi  

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan menciptakan tekanan tersendiri, dan untuk menghadapinya mereka membutuhkan psikologi. Jurusan ini pun laris manis karena prospek kerjanya cerah. 

Kemudian banyak kampus yang mencari dosen lulusan psikologi. Jadi, kalau kamu ingin menjadi pengajar ada baiknya masuk ke jurusan ini. Supaya bisa menjadi dosen psikologi sekaligus bisa menjadi psikolog. 

10. Sastra Inggris

Siapa yang tidak butuh kemampuan bahasa Inggris yang baik? Inilah alasan nyaris semua jurusan di kampus memiliki mata kuliah bahasa Inggris. Kalau kamu memilih jurusan ini, maka kesempatan diterima menjadi dosen di berbagai kampus terbuka lebar. Tidak salah rasanya jika Sastra Inggris menjadi jurusan dosen potensial dan banyak direkomendasikan. 

Baca Juga: 6 Alasan Dosen Mengajar Dua Kampus di Tengah Kesibukan

11. Teknik Perminyakan 

Teknik perminyakan merupakan jurusan yang banyak diminati di fakultas teknik. Banyak kampus kemudian membuka kelas ini dan membuka lowongan dosen teknik perminyakan yang cukup banyak. Peluang kamu menjadi dosen pun terbuka lebih lebar ketika lulus dari teknik perminyakan. 

12. Desain Komunikasi Visual

Berkomunikasi dengan desain adalah ilmu yang naik daun dan berkembang beriringan dengan teknologi. Kampus pun akan membuka jurusan ini dan menerima pengajar yang lulus dari jurusan ini. Jadi, kalau kamu ingin menjadi pengajar bisa memilih masuk ke jurusan DKV. 

13. Arsitektur 

Banyak orang tertarik untuk menjadi arsitek, sebab bisa ikut terlibat dalam memperbaiki arsitektur di dunia dan menerima penghasilan tinggi. Jurusan ini laris manis dan dibuka oleh nyaris semua kampus di Indonesia. 

Supaya kelas ini bisa dibuka, kampus pun akan membutuhkan pengajar yang lulus dari arsitektur. Oleh sebab itu arsitektur masuk ke dalam daftar jurusan dosen potensial di masa sekarang maupun masa mendatang. 

14. Akuntansi

Profesi konsultan keuangan, audit, akuntan, dan manajer keuangan akan dibutuhkan sepanjang masa. Semakin banyak kampus membuka jurusan akuntansi dan tentunya membutuhkan dosen yang paham ilmu akuntansi. 

Sehingga jurusan ini sangat direkomendasikan untuk siapa saja yang bermimpi menjadi dosen. Sebab peluang diterima menjadi dosen sangat tinggi, karena kampus selalu membuka jurusan akuntansi. 

Baca Juga: 12 Rekomendasi Kerja Sampingan Dosen yang Patut Dipertimbangkan

15. Teknik Biomedik 

Teknik biomedik akan mempelajari dan mendalami ilmu tentang komputer dan teknik di bidang komputer. Memahami bahwa era digital akan terus berkembang, calon dosen yang lulus dari jurusan ini dijamin dibutuhkan oleh banyak kampus. 

Tujuannya tentu saja untuk mencegah alumni yang paham dunia perkomputeran dan punya masa depan gemilang di era digital. 

Beberapa rekomendasi jurusan dosen di atas diprediksi akan memiliki kesempatan emas menjadi dosen. Sebab lulusannya akan dicari oleh banyak kampus yang mencoba bersaing mencetak lulusan yang melek terhadap teknologi dan kebutuhan pasar di era digital. 

Jurusan-jurusan tersebut tentu bisa mengantarkan kamu untuk menjadi dosen yang diterima di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Silahkan memilih jurusan dosen potensial di atas dengan bijak.

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132