Ini 7 Hal yang Harus Kamu Siapkan Kalau Mau Jadi Dosen

jadi dosen

Kamu berminat jadi dosen?

Kamu sudah sarjana tapi masih bingung melanjutkan karier? Mengapa tidak memilih jadi dosen? Penghasilannya lumayan lho.

Kalau tertarik menjadi dosen, ini adalah 7 hal yang harus kamu persiapkan kalau ingin menjadi dosen.

 

1. Raih pendidikan S2

Jika kamu ingin menjadi dosen, hal paling pertama yang harus kamu persiapkan adalah gelar pendidikan kamu. Untuk menjadi dosen, kamu harus menyelesaikan jenjang pendidikan S2 dan memiliki gelar Master. Ini adalah syarat yang wajib dan mutlak!

Kamu jangan langsung menyerah dan berputus asa ketika mendengar syarat ini. Jika kamu kesulitan dana untuk biaya kuliah, kamu dapat mencoba mendaftar beasiswa yang ada banyak jumlahnya.

Ketika kamu melanjutkan jenjang pendidikan S2, ada baiknya kamu mengambil jurusan atau bidang yang masih ada sangkut pautnya dengan jurusanmu ketika S1. Ini tentu akan memudahkan kamu saat belajar dan kamu akan semakin memahami dan mendalami ilmu yang dipelajari.

 

2. Tanamkan motivasi dalam dirimu untuk melanjutkan kuliah

Menjadi dosen artinya kamu tidak akan pernah berhenti belajar dan menuntut ilmu. Oleh karena itu, kamu harus menanamkan motivasi yang kuat di dalam dirimu untuk terus melanjutkan kuliah hingga ke jenjang yang tinggi.

Ketika menjadi dosen kamu mempunyai tuntutan untuk melanjutkan pendidikan S3 dan Postdoctoral. Hal ini dapat terjadi saat kamu akan menjalani kenaikan jabatan. Untuk pendidikan S3 dan meraih gelar Doktor, kamu dapat memilih untuk sekolah di universitas dalam negeri ataupun luar negeri.

Sedangkan untuk Postdoctoral dan meraih gelar Ph.D, kamu hanya dapat melanjutkannya di universitas luar negeri karena tidak ada universitas di Indonesia yang memiliki program lanjutan ini.

Sebenarnya dunia pendidikan di Indonesia tidak mengakui gelar Ph.D ini. Indonesia hanya mengakui gelar Doktor yang dianggap setara dengan Ph.D.

 

3. Persiapkan kemampuan public speaking kamu

Public speaking  atau bicara di depan umum merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang dosen. Jika seorang dosen memiliki kemampuan public speaking yang baik dan bagus tentunya cara mengajarnya akan jadi menarik dan mahasiswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan.

Kamu dapat mempersiapkan kemampuan public speaking ini dengan mengikuti kelas yang mengajarkan bagaimana cara berbicara di depan umum yang baik, membaca buku yang membahas soal public speaking seperti tips dan trik, atau menonton video orang yang sedang berbicara di depan umum.

Kamu juga dapat menjadikan ajang presentasi di dalam kelas selama kuliah menjadi salah satu cara untuk melatih kemampuan public speaking.

4. Tambah wawasan dan ilmu pengetahuan kamu

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, wawasan dan pengetahuan kamu dijamin akan semakin bertambah dan luas. Namun seiring perkembangan zaman, kamu tidak hanya akan mendapatkan informasi dan pengetahuan melalui buku. Kamu dapat mencarinya melalui internet dengan membaca berbagai macam situs mulai dari berita hingga entertainment.

Untuk jadi dosen yang mumpuni kamu harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas sehingga mahasiswa akan merasa segan dan tidak akan menganggap remeh dirimu. Selain itu, kamu juga harus siap menjawab segala macam pertanyaan yang diajukan mahasiswa.

Kamu juga harus dapat memberikan saran yang tepat ketika mahasiswa menanyakan pendapatmu mengenai suatu hal. Oleh karena itu, bekali dirimu dengan pengetahuan dan wawasan yang luas.

Seorang dosen haruslah selalu selangkah atau kalau perlu dua langkah lebih maju dari mahasiswanya. Dosen juga sebaiknya lebih pintar dan mengetahui hal-hal lebih dulu dibandingkan mahasiswanya.

 

5. Kembangkan daya kreativitas dan inovasi kamu

Kenapa seorang dosen perlu mengembangkan daya kreatitivas dan inovasi? Bukankah tugas seorang dosen hanyalah mengajar para mahasiswa di kelas? Jika kamu memiliki pemikiran ini, maka hilangkanlah segera.

Salah satu hal yang perlu kamu persiapkan jika ingin menjadi dosen adalah coba kembangkan daya kreativitas dan inovasi kamu karena hal ini akan sangat berguna ketika kamu membuat dan menentukkan metode dan model pembelajaran yang pas untuk mahasiswa.

Cukup sulit untuk menemukan cara agar mahasiswa tidak merasa jenuh di kelas dan memahami materi perkuliahan yang disampaikan. Karena itulah kamu perlu mengembangkan daya kreativitas dan inovasi agar tak membosankan.

Tugas seorang dosen adalah memudahkan atau menyederhanakan materi dengan bahasa yang mudah dimengerti mahasiswa sebagai bagian dari menyalurkan ilmu pengetahuan.

6. Miliki keinginan untuk menulis dan meneliti

Jadi dosen bukan hanya soal mengajar, membaca, dan melanjutkan kuliah, akan tetapi ada hal lainnya yang juga tak kalah penting yaitu menulis dan meneliti. Untuk menjadi seorang dosen kamu harus memiliki keinginan untuk menulis dan meneliti yang besar.

Hal ini dikarenakan kamu memiliki kewajiban untuk menulis di jurnal yang berkaitan dengan bidang yang kamu ajar, meneliti berbagai macam hal yang menyangkut dengan yang kamu ajar, dan menulis bahan-bahan untuk diajarkan kepada para mahasiswa.

Untuk dapat melakukan semua itu dengan baik, kamu memerlukan keinginan menulis dan meneliti yang besar. Dorong dirimu sendiri untuk mulai menulis di media seperti blog sebagai sarana latihan. Selain itu, kamu tentu sudah mengetahui bagaimana cara dan dasar dalam melakukan penelitian ketika masih menjadi mahasiswa.

 

7. Latihan membuat bahan ajar dan mengajar

Hal penting lainnya yang perlu kamu siapkan untuk menjadi dosen adalah bagaimana cara membuat bahan ajar dan cara mengajar yang baik. Kamu dapat menanyakan hal ini pada teman, kerabat, atau kenalanmu yang berprofesi sebagai dosen.

Selain itu, kamu juga dapat menggali informasi dengan membaca buku, menonton video mengenai cara mengajar, atau browsing  mengenai membuat bahan ajar dan mengajar.

Baca juga Ternyata Inilah Penilaian Mahasiswa Terhadap Sosok Dosen di dalam Kampus

Akan tetapi, kamu tak perlu merasa terlalu khawatir karena ketika kamu sudah diterima menjadi dosen di sebuah universitas biasanya mereka akan memberikan pelatihan untuk memberitahu cara membuat bahan ajar dan cara mengajar yang baik.

Apakah kamu merasa berat dengan 7 persiapan yang harus dilakukan untuk jadi dosen ini? Memang tidak ada jalan mudah untuk meraih kesuksesan, semua harus melewati fase sulit terlebih dahulu sebelum menikmati kesuksesan.

Jadi, janganlah kamu menyerah untuk meraih impian dan kesuksesannya. Semangatlah dan terus berjuang ya untuk jadi dosen yang oke.

Leave your vote

11 points
Upvote Downvote

Total votes: 21

Upvotes: 16

Upvotes percentage: 76.190476%

Downvotes: 5

Downvotes percentage: 23.809524%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *