fbpx

7 Daftar Kampus Swasta Terbaik di Indonesia 2022 Versi Webometrics

kampus swasta terbaik

Indonesia memiliki banyak pilihan kampus,dan jika lebih suka kuliah di kampus swasta pertimbangkan masuk ke salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia 2022. Memasuki pertengahan tahun, berbagai lembaga perangkingan kampus dunia merilis hasil terbaru. 

Salah satu lembaga perangkingan atau pemeringkatan perguruan tinggi tingkat dunia adalah Webometrics. Webometrics adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut.

Webometrics diketahui aktif merilis hasil perangkingannya dua kali dalam setahun, yakni di bulan Januari dan Juli. Memasuki bulan Juli, hasil pemeringkatan terbaru sudah dirilis di website resminya. 

Menariknya, ada belasan kampus swasta di Indonesia masuk ke daftar tersebut. Kampus mana saja? Berikut informasinya. 

Daftar Kampus Swasta Terbaik di Indonesia 2022 

Webometrics merupakan salah satu lembaga perangkingan kampus di seluruh dunia. Tahun ini tercatat ada sekitar 22 ribu lebih kampus dari seluruh dunia dinilai oleh sistem di Webometrics tersebut. 

Memasuki Juli 2022, Webometrics sudah mengumumkan daftar kampus terbaik dan ada 2.585 kampus di daftar tersebut berasal dari Indonesia. Jika ditelusuri lagi maka ditemukan ada belasan kampus swasta terbaik di Indonesia 2022 berhasil masuk ke daftar tersebut. 

Lalu, kampus swasta mana saja yang berhasil menembus penilaian dari sistem Webometrics dan kemudian menjadi kampus terbaik di Indonesia tahun ini? Berikut beberapa daftarnya: 

1. Universitas Bina Nusantara 

Pengisi daftar pertama dari hasil pemeringkatan kampus swasta terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics adalah Universitas Bina Nusantara. Kampus swasta ini dikenal juga dengan sebutan Binus University. 

Selain versi Webometrics, Binus juga berhasil menembus pemeringkatan internasional lainnya seperti QS WUR 2022. Bahkan bisa bersanding dengan PTN terbaik di Indonesia seperti UGM, Unpad, dan lain-lain. 

Meskipun dikenal mahal, namun Binus University memang dikenal menyediakan layanan pendidikan tinggi yang mumpuni. Tidak heran peminatnya banyak dengan inovasi yang terus berkembang dan menjadi leader kampus swasta terbaik di tanah air. 

2. Universitas Mercu Buana 

Kampus swasta terbaik kedua menurut versi Webometrics adalah Universitas Mercu Buana yang berada di Jakarta Barat. Universitas Mercu Buana sudah memiliki beberapa cabang di kota-kota besar Indonesia, salah satunya di D.I Yogyakarta. 

Kampus swasta ini juga mengikuti jejak Binus University yang masuk ke pemeringkatan berbagai lembaga internasional. Hal ini sekaligus membuktikan kualitasnya bisa disandingkan dengan PTN-PTN terkemuka di tanah air. 

3. Universitas Gunadarma 

Universitas Gunadarma juga masuk ke dalam daftar kampus swasta terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics. Kampus swasta yang ada di Depok dan Bekasi ini berhasil masuk ke peringkat nomor 27 dari deretan kampus terkemuka di dunia. 

Posisi tersebut bahkan membuat Universitas Gunadarma sukses mengalahkan sejumlah PTN terkemuka di Indonesia. Misalnya Unnes atau Universitas Negeri Semarang dan Universitas Jember. 

Baca Juga:

Mengenal Apa Itu SAPTO dan Alur Akreditasi Online Didalamnya

Begini Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di SINTA 

Begini Cara Mengecek Akreditasi Perguruan Tinggi agar Tidak Salah Pilih 

Apa Saja Pengaruh Akreditasi Jurusan Terhadap Dunia Kerja? 

4. Universitas Trisakti 

Selanjutnya ada Universitas Trisakti atau USakti yang selama ini memang dikenal sebagai salah satu kampus swasta terbesar di Indonesia. Kampusnya sendiri berada di Jakarta Barat dan memiliki total 9 fakultas. 

Praktis, USakti memiliki belasan sampai puluhan program studi yang setiap tahunnya diisi oleh mahasiswa dari Jakarta maupun dari daerah dan wilayah lain di Indonesia. Sesuai pemeringkatan Webometrics. USakti masuk ke peringkat nomor 59 secara nasional. 

5. Universitas Katolik Atma Jaya 

Daftar kampus swasta terbaik di Indonesia 2022 menurut Webometrics berikutnya adalah Universitas Katolik Atmajaya yang akrab disebut Unika Atma Jaya. Unika Atma Jaya sudah berdiri sejak tahun 1960 dan berbasis di DKI Jakarta. 

Kampusnya memiliki tiga lokasi berbeda di seputaran DKI Jakarta mulai dari Kampus 1 di Semanggi, Kampus 2 di Pluit, dan Kampus 3 di BSD. Unika Atma Jaya memang dikenal berkualitas apalagi setelah sukses menggandeng 100 perguruan tinggi dari luar negeri sebagai mitranya. 

Tidak heran jika Unika Atma Jaya berhasil menembus pemeringkatan Webometrics karena memang konsisten meningkatkan kualitas layanan pendidikannya. Ditambah dengan pilihan program studi yang beragam, sudah tentu peminatnya semakin banyak. 

6. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka 

Selanjutnya adalah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka yang juga dikenal dengan sebutan UHamka. UHamka merupakan salah satu kampus jaringan Muhammadiyah di Indonesia dan beralamat di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

UHamka diketahui rutin masuk daftar kampus terbaik secara nasional maupun internasional. Pemeringkatan nasional memposisikannya di rangking 67 untuk kategori kampus swasta terbaik. Bahkan UHamka berhasil masuk daftar pemeringkatan dari Webometrics tahun 2022. 

7. Universitas Terbuka 

Kampus swasta terbaik di Indonesia 2022 menurut Webometrics yang ketujuh adalah Universitas Terbuka atau UT. UT merupakan salah satu kampus swasta yang terkenal di Jabodetabek dan memiliki mahasiswa nyaris di seluruh wilayah Indonesia. 

UT memang selalu hadir dengan inovasi dan kreativitas, bahkan menjadi pelopor dari pelaksanaan perkuliahan online jauh sebelum pandemi ada di dunia. Tidak heran jika UT berhasil masuk ke daftar kampus swasta terbaik di tanah air. 

Keuntungan Kuliah di Kampus Terbaik 

Dari seluruh daftar kampus swasta terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics tersebut, kampus mana yang menarik minat kamu? Tidak ada salahnya masuk menjadi mahasiswa di dalamnya karena memang ada banyak keuntungan bisa kuliah di kampus terbaik. 

Tidak harus kampus negeri atau PTN, karena aktualnya Indonesia juga memiliki daftar panjang kampus swasta (PTS) yang mumpuni. Bahkan dari hasil pemeringkatan nasional dan internasional, beberapa kampus swasta bisa menyalip kampus negeri. 

Jika masih bisa memilih utamakan kuliah di kampus swasta terbaik, karena bisa mendapatkan keuntungan berikut ini: 

  • Kualitas pendidikan mulai dari pengajar, ruang kelas, dan fasilitas lainnya sudah terjamin. Selain lengkap juga dipastikan modern, karena kampus swasta memanfaatkan dana pendidikan dari mahasiswa untuk menyediakan fasilitas mumpuni. 
  • Kampus swasta memiliki jaringan lebih luas, salah satunya dengan berbagai perusahaan besar di tanah air baik perusahaan nasional maupun multinasional. Efek positifnya ada banyak program magang dengan kesempatan pesertanya direkrut langsung sebagai karyawan. 
  • Kampus swasta terbaik biasanya juga bermitra dengan kampus luar negeri, khususnya kampus ternama. Alumninya kemudian punya kesempatan lanjut studi ke kampus luar negeri mitra. Baik dengan biaya sendiri maupun dengan beasiswa. 
  • Kampus swasta terbaik sudah dikenal luas dan diketahui kampus yang kredibel, menjadi alumninya dijamin tidak akan kesulitan mendapatkan pekerjaan dan bahkan bisa masuk ke perusahaan besar dengan gaji yang memberi kenyamanan finansial. 
  • Lebih prestisius, sebab kampus swasta terbaik dijamin dikenal banyak orang dan kamu akan merasa bangga sudah berhasil menjadi alumninya. 

Masuk ke kampus swasta terbaik di Indonesia 2022 tentunya memberi banyak sekali keuntungan di masa mendatang sesuai penjelasan tersebut. Indonesia sendiri bahkan memiliki banyak kampus swasta mumpuni. Meski dikenal mahal namun kualitas layanan pendidikannya tidak sembarangan, sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan. 

Artikel Terkait:

Artikel Terkait:

5 Cara untuk Meningkatkan Penilaian Akreditasi Kampus

Seberapa Penting Peran Dosen dalam Akreditasi Kampus?

Jabatan Akademik Dosen Berpengaruh Pada Nilai Akreditasi 

Instrumen Akreditasi Progam Studi , Apa Saja Elemennya?

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja