fbpx

Berkenalan dengan Kelengkapan Fitur pada Laman PAK yang Memudahkan Dosen

Kelengkapan Fitur pada Laman PAK

Dosen kini bisa menelusuri progres pengajuan usulan kenaikan jabatan akademik, karena kelengkapan fitur pada laman PAK sudah sangat lengkap. Laman PAK menjadi salah satu bentuk peningkatan layanan bagi para dosen di perguruan tinggi tanah air. 

Laman PAK membantu para dosen untuk membantu mengajukan usulan penilaian angka kredit dosen dan menelusuri progres usulan kenaikan jabatan akademik. Hal ini akan mempercepat proses pengusulan kenaikan jabatan sekaligus membuatnya lebih transparan. 

Kabar terbaru menyebutkan, bahwa Laman PAK oleh Ditjen Dikti Ristek kembali diperbaharui. Yakni dengan melengkapi sejumlah fitur di dalamnya yang membantu para dosen mengakses lebih banyak layanan secara daring. Lalu, apa saja kelengkapan fitur pada Laman PAK? 

Tentang Laman PAK 

Laman PAK pertama kali dirilis pada Maret 2021 yang berisi informasi terkini mengenai standar penilaian angka kredit dosen secara online. Sesuai dengan namanya, Laman PAK berbentuk website yang bisa diakses di sejumlah perangkat elektronik. Baik komputer maupun gadget seperti smartphone. 

Bersamaan dengan peluncuran Laman PAK tersebut, DItjen Dikti Ristek juga meluncurkan Selancar PAK. Jika Laman PAK lebih fokus pada hal-hal yang mengarah ke angka kredit dosen dan informasi terkini di dunia pendidikan tinggi. 

Maka pada Selancar PAK lebih fokus pada proses menelusuri atau mengetahui progres (perkembangan) usulan kenaikan jabatan dosen sudah sampai mana. Bentuk Selancar PAK sendiri adalah aplikasi yang bisa diinstal melalui Play Store (Android) maupun App Store (iOS). 

Inovasi dalam menyediakan layanan berbasis online baik dalam bentuk laman resmi dan aplikasi mobile, menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan layanan. Yakni layanan dari pemerintah melalui Ditjen Dikti Ristek kepada para dosen. 

Peningkatan layanan dari offline atau manual menuju ke sistem online yang lebih efektif dan efisien. Bertujuan untuk memberikan pelayanan yang akuntabilitas kepada para dosen, sekaligus dijamin transparan. 

Dikatakan demikian karena sebelumnya, dosen yang mengusulkan kenaikan jabatan akademik tidak tahu menahu mengenai mengenai progresnya seperti apa. Dosen hanya bisa menunggu kabar baik atau justru kabar buruk dari pihak kampus. 

Namun dengan dibuatnya sistem yang berbasis online dan bisa diakses secara mandiri oleh para dosen. Maka sifatnya menjadi transparan, dosen bisa mengetahui usulannya sudah sampai mana sekaligus bisa mengakses segala informasi untuk mengusulkan kenaikan jabatan. 

Harapannya dengan kelengkapan fitur pada Laman PAK yang semakin beragam bisa membantu dosen melengkapi syarat-syarat pengajuan kenaikan jabatan. Sehingga jumlah dosen yang memangku jabatan akademik tinggi bisa terus bertambah dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. 

Baca Juga: 

Kelengkapan Fitur pada Laman PAK 

Dilansir dari akun resmi Ditjen Dikti Ristek di Instagram, dijelaskan sejumlah fitur menarik di Laman PAK. Berikut adalah detail kelengkapan fitur pada Laman PAK yang dimaksudkan: 

1. Info Terkini 

Fitur pertama dari Laman PAK adalah menyajikan info-info terkini yang bermanfaat bagi dosen, khususnya dalam pengembangan karirnya. Melalui halaman utama Laman PAK dijumpai banyak submenu yang bisa terhubung ke sejumlah informasi terkini. 

Pada menu Info Terkini, dosen yang berkunjung ke Laman PAK bisa mengakses tiga pilihan menu. Dimulai dari Panduan PAK, sehingga dosen mendapat panduan yang valid dalam mengumpulkan angka kredit. Sebab disini ada beberapa dokumen mengenai panduan penilaian angka kredit bisa diunduh dan dipahami. 

Selain itu juga tersedia submenu Surat Edaran, semua surat edaran yang berhubungan dengan dosen dan lingkungan pendidikan tinggi bisa diakses disini. Sehingga tidak perlu berselancar ke laman manapun, cukup ke Laman PAK. 

Terakhir, ada submenu Informasi yang isinya menampilkan artikel-artikel berita terkini. Misalnya ada update informasi mengenai daftar jurnal yang dihapus di database DOAJ. Sehingga dosen bisa mengecek mengenai dunia jurnal disini. 

2. Selancar PAK 

Menu selanjutnya atau kelengkapan fitur pada Laman PAK selanjutnya adalah Selancar PAK. Berisi tiga submenu juga yang menjelaskan mengenai tutorial penggunaan Selancar PAK. 

Sedangkan di submenu Mobile berisi link menuju ke Play Store dan App Store yang memudahkan para dosen untuk menginstal Selancar PAK ke smartphone yang digunakan. 

Terakhir, di sub menu Website dosen bisa mengakses layanan permintaan akses membuat atau memiliki akun di Selancar PAK. Jika diklik maka akan menampilkan halaman berikut.

3. Karya Ilmiah 

Selanjutnya ada fitur atau menu Karya Ilmiah yang berisi 6 sub menu sesuai yang tertera pada gambar di atas. Sehingga lewat fitur ini para dosen bisa mengakses informasi mengenai jurnal dan kiat publikasi jurnal. 

Melalui fitur ini, para dosen yang hendak melakukan publikasi artikel ke jurnal ilmiah nasional dan internasional bisa mendapatkan panduan lengkap. Misalnya dari submenu Jurnal Predator, disini dosen bisa mendapat daftar jurnal-jurnal predator yang perlu dihindari. 

4. Pelajaran Terpetik 

Kelengkapan fitur pada Laman PAK selanjutnya adalah fitur Pelajaran Terpetik yang isinya ada 4 sub menu lagi. Melalui fitur ini para dosen bisa mempelajari dan mendapatkan informasi tentang proses PAK, Praktik Baik, Praktik Buruk, Peer Review, dan lain sebagainya yang semuanya berhubungan dengan usulan PAK dosen. 

5. SSD dan Kontak Kami 

Fitur selanjutnya yang pada Laman PAK terletak di sebelah kanan fitur Pelajaran Terpetik ada fitur SSD. SSD kepanjangan dari Soal Sering Ditanyakan atau yang lebih populer disebut FAQ (Frequently Asked Question). 

Yakni berisi daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh dosen mengenai Laman PAK, fitur-fitur di dalamnya, mengenai Selancar PAK, pertanyaan terkait jurnal nasional dan internasional, dan lain sebagainya. 

Para dosen yang memiliki pertanyaan baik satu pertanyaan maupun ada daftar panjang pertanyaan, bisa mengakses fitur ini terlebih dahulu. Bisa jadi pertanyaan yang dimiliki sudah disediakan jawabannya disini. 

Daftar pertanyaan ini penting untuk dibaca dan dipahami agar bisa menambah wawasan dalam memanfaatkan segala layanan dari Ditjen Dikti Ristek. Dosen pun bisa dimudahkan untuk memahami semua layanan yang disediakan dan mengaksesnya dengan nyaman. 

6. Unduh Dokumen 

Fitur terakhir di dalam Laman PAK adalah Unduh Dokumen, sesuai dengan namanya di fitur ini para dosen bisa mengunduh sejumlah dokumen penting. Misalnya pada kategori General maka bisa mengunduh dokumen seperti Validasi Karya Ilmiah. 

Para dosen yang membutuhkan dokumen tertentu untuk dipelajari, khususnya yang berhubungan dengan publikasi jurnal maupun panduan PAK. Maka bisa menggunakan fitur satu ini untuk mendapatkan dokumen dengan mudah dan bisa diunduh secara gratis. 

Baca Juga:

Cara Akses Pelacakan Status di Laman PAK 

Supaya bisa mengakses kelengkapan fitur pada Laman PAK yang dijelaskan di atas, maka para dosen perlu mendapatkan akun dulu. Caranya adalah: 

  1. Pengusul akan meminta akses menggunakan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN)/Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK) pada laman https://pak.kemdikbud.go.id/pakdosen/index.php/web/request_access
  2. Username dan password akan dikirimkan ke email pengusul yang sudah terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).
  3. Setelah mendapatkan akses, pengusul dapat mengunjungi laman https://pak.kemdikbud.go.id/pakdosen/ 
  4. Lalu masuk menggunakan username dan password yang sudah diberikan.

Keberadaan Laman PAK dan berbagai media lain yang diluncurkan Ditjen Dikti Ristek tentu perlu dimanfaatkan dengan maksimal. Sehingga membantu dosen memenuhi angka kredit dalam jumlah tertentu dan bisa mengajukan kenaikan jabatan dengan efektif dan efisien.

Artikel Terkait:

Aplikasi Selancar PAK untuk Solusi Tracking Kenaikan Pangkat dan Jabatan Akademik Dosen

Mengenal Lebih Dalam Unsur-Unsur Penilaian Angka Kredit Dosen

Mengenal Sistem Penilaian Angka Kredit Dosen

Mari Mengenal 5 Prinsip Penilaian Angka Kredit Dosen Berikut Ini

Cara Membuat Akun dan Mengecek Status PAK

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja